in

Inilah Capaian-capaian Bulutangkis yang Bakal Sulit Ditandingi oleh Cabang Sepak Bola

Sudah menjadi rahasia umum bila saat ini dibandingkan sepak bola, atlet-atlet bulutangkis lebih banyak mencatatkan prestasi. Meski bukan mencoba mengadu kedua cabor tersebut, tapi hal ini adalah realita yang harus diterima pecinta olahraga tanah air. Bahkan lewat olahraga tepuk shuttle kok ini nama Indonesia acap kali terukir manis di kompetisi bergengsi olahraga dunia.

Masih terkait kedua cabang olahraga terpopuler di tanah air tersebut, ternyata bila secara head to head banyak capaian bulutangkis yang bakal sulit ditandingi para punggawa Timnas. Ya, meski tidak ada mustahil, namun melihat sepak bola Indonesia hari ini, kemungkinan besar menyamai akan menjadi perkerjaan yang jauh dari kata mudah. Dan berikut beberapa buktinya untuk kalian.

Memperoleh emas di ajang Olimpiade

Berbicara prestasi kedua olahraga tersebut di ajang ini, tentu bulutangkis menjadi yang paling unggul. Hal ini bukanlah tanpa sebab, pasalnya sejak digulirkannya beberapa tahun lalu prestasi terbaik Timnas adalah berpartisipasi, sedangkan bulutangkis sudah beberapa kali atletnya sukses mengondol medali emas di Olimpiade. Seperti saat di Rio De Janeiro beberapa tahun yang lalu

Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir menggigit medali emas [Sumber Gambar]
Bahkan emas pertama yang dirasakan oleh bangsa ini di ajang tersebut diraih oleh Susi Susanti yang notabene pebulutangkis wanita tanah air. Pada umumnya kegagalan sepak bola berprestasi di ajang ini disebabkan ketidakmampuan punggawa Timnas menembus babak kualifikasi atau memutuskan tidak ikut.

Capaian bulutangkis di Asian Games juga susah ditandingi

Selain kejuaraan olahraga tadi, prestasi bagus bulutangkis di Asian Games juga bisa dikatakan sangat sulit disamai oleh Tim Merah Putih. Hal ini bisa dibuktikan dengan lewat ajang tersebut tahun lalu. Dimana ketika itu, disaat Timnas hanya sampai babak 16 besar cabang sepak bola, atlet-atlet badminton sukses merengkuh emas di beberapa kelas.

Bulutangkis emas Asian Game 2018 [Sumber Gambar]

Malahan mereka juga catatan double prestasi manis pada nomor perorangan dan beregu. Capaian terbaik Timnas di ajang tersebut adalah merengkuh medali perunggu tahun 1954 dan beberapa kali catatkan diri lolos ke semifinal. Besar harapan ke depan di ajang yang sama, kedua cabang tersebut bisa sama-sama raih yang terbaik.

Torehan emas SEA Games pebulutangkis Indonesia sulit disamai

Masih terkait capaian bulutangkis yang sulit disamai Timnas, ajang SEA Games juga menggoreskan cerita serupa. Meski dalam perjalanan Garuda sudah meraih emas dan pada tahun 2017 mendapatkan perunggu, tapi pebulutangkis-pebulutangkis Indonesia bisa lebih baik dengan torehan medali emas. Dari penelusuran penulis bila dihitung-hitung jumlah emas bulutangkis lebih baik dari sepak bola.

Jojo SEA Games [Sumber Gambar]
Tercatat sudah ada lebih dari 20 lebih emas yang dikoleksi oleh cabang olahraga identik dengan pukul shuttle kok. Selain itu hampir seluruh kelas di bulutangkis sudah persembahkan emas, mulai tunggal putra/putri, ganda putra/putri, sampai campuran. Bila melihat kenyataan kerap tersandung oleh Malaysia, Vietnam, dan Thailand kejuaraan Asia Tenggara ini agaknya juga jadi sesuatu betul-betul sulit untuk Timnas meraih emas lagi.

BACA JUGA: Sulit Ditandingi, 5 Atlet Badminton Ini Buat Lagu Indonesia Raya Berkumandang di Olimpiade

Meski sebetulnya kedua cabang tersebut tidaklah bisa dibedakan, lantaran mempunyai problem-problem masing-masing. Namun, setidaknya capaian bagus para pebulutangkis bisa menjadi pelecut dan ditiru untuk jadikan sepak bola lebih baik lagi. Dan agap saja fakta-fakta tersebut juga menjadi dorongan untuk Timnas lebih baik lagi dari segi prestasi. Menurutmu kira-kira apa sih penghalang sepak bola tidak sehebat cabor bulutangkis.

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Bikin Geram! Ingin Bersenang-senang, Para Bule Ini Ceburkan Motor ke Kolam Renang

4 Fakta Dinosaurus yang Diklaim Pertama Kali Ditemukan di India