in

7 Polisi Rahasia Paling Mengerikan ini Pernah Membuat Dunia Jadi Mencekam

polisi rahasia

Di masa lalu, banyak sekali organisasi polisi rahasia yang dibentuk oleh suatu negara atau kelompok besar untuk melakukan misi kejam. Mereka bertugas melakukan pembantaian, penculikan, hingga sabotase kepada negara secara sembunyi-sembunyi. Kengerian yang mereka lakukan sempat membuat banyak wilayah di dunia jadi gempar dan penduduk ketakutan setengah mati.

Tujuh polisi rahasia paling mengerikan ini bisa jadi sekarang masih ada. Hanya saja mereka saat ini lebih banyak dianggap penjahat, bahkan akan dikejar dan diberi hukuman. Langsung saja, inilah tujuh polisi rahasia paling mengerikan di dunia!

1. Kempeitai – Jepang

Polisi rahasia milik Jepang ini memang sudah tidak diragukan lagi kengeriannya. Di tangan mereka, banyak sekali nyawa-nyawa tak berdosa dikorbankan. Bahkan saat perang, polisi rahasia Jepang ini kerap menculik orang dan langsung dieksekusi begitu saja tanpa adanya belas kasihan.

Kempeitai – Jepang [image source]
Kempeitai – Jepang [image source]
Kempeitai dibentuk pada tahun 1881 dan dibubarkan pada tahun 1945. Selama kurang lebih 60 tahun, Kempeitai telah banyak sekali melakukan pelanggaran hak asasi manusia. Bahkan dianggap sebagai polisi rahasia paling buruk sepanjang peradaban manusia modern.

2. Gestapo – Jerman

Selain Nazi, Jerman juga memiliki sebuah organisasi militer bernama Gestapo. Organisasi ini dibuat untuk membantu Hitler menangani para pembangkang. Gestapo biasanya akan melakukan penangkapan kepada siapa saja yang dicurigai tidak setia pada Hitler. Orang-orang ini nantinya akan segera dieksekusi tanpa melalui pengadilan terlebih dahulu.

Gestapo – Jerman [image source]
Gestapo – Jerman [image source]
Gestapo juga melakukan sweeping secara diam-diam kepada orang-orang yang dicurigai sebagai seorang Yahudi. Mereka ditangkap dan dikumpulkan pada kamp konsentrasi, sebelum akhirnya harus menemui ajal dengan dibunuh menggunakan gas beracun. Jika Gestapo tidak ada, mungkin jutaan orang Yahudi akan selamat selama perang dunia ke-2.

3. Tonton Macoutes – Haiti

Tonton Macoutes adalah kelompok polisi rahasia yang dibentuk oleh Jean Claude Duvalier di Haiti. Sejak dibentuk, polisi ini telah membuat ketakutan di seluruh wilayah hingga warga jadi takut untuk sekadar keluar rumah. Para polisi ini sangat suka menculik anak-anak yang ia temui di jalan dan langsung memasukkannya ke dalam kantong untuk dibunuh.

Tonton Macoutes – Haiti [image source]
Tonton Macoutes – Haiti [image source]
Selama beberapa tahun terbentuk, Tonton Macoutes telah banyak sekali menculik anak dan membunuh orang yang dianggap berkhianat pada organisasi. Mayat-mayat dari orang yang mereka bunuh, akhirnya dijual ke Amerika dengan harga yang cukup signifikan. Akhirnya organisasi mengerikan ini dihentikan dan membuat kasus penculikan dan pembunuhan berhenti dan berganti dengan kedamaian.

4. National Security Service (NSS) – Amerika

NSS adalah salah satu polisi rahasia milik Amerika yang dikenal sangat kejam. Mereka bekerja tersebar hingga ke seluruh penjuru dunia. NSS banyak sekali menangkap orang-orang yang dicurigai mampu membahayakan Amerika. Mereka akan dimasukkan ke dalam sel tahanan dan segera mendapatkan hukuman yang mengerikan. Biasanya disiksa perlahan-lahan agar mau mengaku dan mengatakan banyak hal.

National Security Service [image source]
National Security Service [image source]
NSS banyak sekali diprotes karena banyak sekali melakukan tindakan yang tidak manusiawi. Mereka dianggap sering sekali melanggar HAM hingga perlu dibubarkan. Saat ini NSS telah dijadikan satu dengan CIA. Namun apa yang mereka lakukan sepertinya masih berlanjut hingga sekarang.

5. Santebal – Kamboja

Santebal adalah polisi rahasia yang berasal dari Kamboja. Di masa lalu mereka banyak sekali menangkap orang yang dianggap bersalah, lalu memasukkannya ke dalam kamp konsentrasi. Di tempat ini mereka akan dipaksa bekerja dan juga disiksa hingga mati. Santebal tidak memiliki rasa kemanusiaan hingga membunuh bisa ia lakukan dengan tanpa merasa bersalah.

Santebal – Kamboja [image source]
Santebal – Kamboja [image source]
Setidaknya ada puluhan ribu orang yang dieksekusi oleh Santebal di Kamboja. Kamp yang biasanya digunakan untuk tempat eksekusi sering disebut dengan S-21. Santenbal menjadi salah satu bencana terbesar yang pernah membuat Kamboja menjadi negeri penuh kengerian. Bahkan hidup di kala itu seperti memiliki nyawa seharga satu butir peluru saja.

 6. Greek Military Police (ESA) – Yunani

ESA awalnya bukan merupakan organisasi yang mengerikan. Namun setelah militer mengambil alih negara di tahun 1967, ESA menjadi organisasi mengerikan. Mereka suka sekali menyiksa para tahanan yang dirasa tidak berguna. Mereka juga memaksa tahanan yang kuat untuk melakukan banyak hal, termasuk membunuh sesama tahanan agar bisa masuk ke dalam satuan polisi rahasia ini.

Greek Military Police (ESA) – Yunani [image source]
Greek Military Police (ESA) – Yunani [image source]
Di masa lalu, ESA telah banyak sekali membuat kekacauan di Yunani. Negeri ini bahkan sempat menjadi wilayah yang sangat mencekam hingga tak ada orang yang berani keluar rumah sembarangan.

7. Central Officer of Banditry Repression (OCRB) – Republik Afrika Tengah

Awalnya organisasi ini hanyalah grup militer yang bertugas melindungi negara. Namun lambat laun mereka bertransformasi menjadi sebuah organisasi yang dilengkapi dengan banyak sekali peralatan canggih. Bahkan, mereka juga memiliki banyak agen rahasia yang bekerja dengan sangat teliti dan susah sekali ditemukan.

Central Officer of Banditry Repression (OCRB) – Republik Afrika Tengah [image source]
Central Officer of Banditry Repression (OCRB) – Republik Afrika Tengah [image source]
OCRB banyak sekali melakukan penangkapan-penangkapan kepada orang yang dianggap penjahat. Mereka akan langsung dibunuh tanpa diadili terlebih dahulu. Parahnya, kekuasaan yang mereka terima justru banyak digunakan untuk melakukan tindakan asusila kepada banyak orang di negeri ini.

Itulah tujuh kelompok polisi rahasia yang dikenal sangat mengerikan. Di tangan mereka banyak sekali nyawa melayang tanpa diadili terlebih dahulu. Bahkan bisa dibilang nyawa seperti mainan. Oh ya, Indonesia punya polisi rahasia enggak ya?

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

5 Foto Mencengangkan Orang-orang yang Berusaha Lari dari Kematian

Duh Miris.. Malah Bule yang Mergokin Beginian di Bawah Laut Raja Ampat!