in

Tidak Banyak Diketahui, Kenali Macam-macam Plat ‘Dewa’ yang Kebal Terhadap Tilangan Polisi

Mungkin beberapa di antara kalian pernah melihat ada kendaraan khususnya mobil tidak ditilang oleh pihak kepolisian. Contohnya saja deh, seperti kejadian di ibukota ketika ada mobil melintas di jalur transjakarta tidak dihentikan pihak berwajib sama sekali. Malah, si polisi membiarkan saja dan memberi jalan kepada pemilik mobil tersebut. Kalau kita melihat itu secara langsung, bisa dipastikan langsung naik darah dan entah kapan turunnya.

Pasti kita berpikiran itu tidak adil, ya bagaimana tidak si Dewi Persik yang pernah melewati jalur transjakarta saja dihujat habis-habisan. Lha ini bisa dengan santainya lewat tanpa ada rasa bersalah sedikitpun. Tapi, di balik itu semua ternyata ada penyebabnya Sahabat Boom (Saboom). Itu adalah plat nomor ajaib yang tidak semua orang mengetahuinya. Ajaib karena plat tersebut kebal terhadap tilangan polisi. Contohnya seperti di bawah ini nih.

Plat mobil dua digit dengan awalan huruf B

Jika Saboom melihat ada mobil menggunakan plat berhuruf B dan diikuti satu alphabet di belakangnya, maka itu adalah kendaraan milik pejabat-pejabat tinggi. Biasanya ini dipakai oleh para pejabat eselon II ke atas hingga menteri. Sehingga jangan heran jika mobil tersebut tetap nyelonong padahal kendaraan lainnya berhenti. Plat kendaraan B ada beragam lho, mulai dari BH, BP, BS, BL, BD  sampai BU.

Plat berawal B dengan dua digit [Sumber Gambar]
Semuanya memiliki arti masing-masing dan digunakan oleh jabatan yang berbeda. Jika BH digunakan untuk keperluan departemen hukum. Kalau BP dipakai oleh petugas kepolisian. Nah, jika BS merupakan kendaraan dari para pejabat sipil. Sedangkan untuk BL, BU dan BD digunakan untuk keperluan angkatan laut, udara maupun darat. Hanya tinggal sesuaikan saja huruf-huruf di belakangnya.

Plat kendaraan bertuliskan RF

Kalian mungkin jarang sekali mengetahui plat nomor kendaraan yang berakhiran dengan huruf RF. Ya, itu karena bukan sembarangan orang yang memilikinya. Hanya orang-orang dengan jabatan tertentu saja yang bisa mempunyai plat nomor unik satu ini. Bisa dibilang, ini adalah pengganti dari plat B yang sebelumnya sudah dijelaskan Saboom. Karena, kini plat kendaraan berubah menjadi 3 digit di belakang.

Plat berakhiran RF [Sumber Gambar]

Ada berbagai jenis dari plat nomor ini yaitu RFP (Reformasi Polisi) yang digunakan oleh para kepolisian di Polda. Ada juga RFS (Reformasi Sekretariat Negara), RFD (Reformasi Darat), RFL (Reformasi Laut) dan RFU (Reformasi Udara). Jadi, jangan gundah kalau didahului oleh kendaraan dengan plat tersebut ya.

Nomor kendaraan yang berawalan huruf C

Biasanya untuk kalian yang bertempat tinggal di kota besar, pasti sering melihat plat kendaraan awalan huruf C. Nah, itu merupakan salah satu plat dewa yang kebal akan tilangan polisi. Penyebabnya mobil tersebut adalah milik dari kedutaan besar ataupun organisasi internasional.

Plat kendaraan C [Sumber Gambar]
Maka, enggak heran kalau plat C pasti dikombinasi dengan mobil mengkilap dan body-nya bisa dibuat bercermin. Ada dua jenis plat C nih Saboom yaitu CD dan CC. CD merupakan singkatan dari Corps Diplomatique sedangkan CC adalah kependekan Corps Consulaire. Fungsinya pun juga berbeda, kalau CC untuk para diplomatik sedangkan CD bagi konsulat. Biasanya kedua plat ini juga diikuti oleh dua digit angka yang menunjukkan negaranya. Misalnya seperti di gambar yaitu CD 66, itu berarti menunjukkan bahwa itu adalah kedutaan besar dari Negara Vietnam.

Nah, itulah plat-plat yang bisa membuat polisi luluh sehingga tidak bisa untuk menilangnya. Jadi bisa disimpulkan kalau kendaraan yang punya plat tersebut hanyalah orang-orang terpandang dan punya jabatan tinggi. Tapi plat ini tidak semata-mata dibuat begitu saja, karena itu untuk kepentingan negara. Sehingga kalian jangan sewot dulu kalau ada plat-plat tersebut bisa lewat jalur mana saja tanpa ada halangan sedikitpun.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Pernah Ngehits di Layar Kaca Generasi ’90an, Aktor Ini Baru Saja Hembuskan Nafas Terakhirnya

Ajaib! 5 Masjid Indonesia Ini Kokoh Berdiri Meski Sekitarnya Luluh Lantak Karena Bencana