in

Model Plat Nomor Kendaraan Akan Dirombak Habis-habisan, Apa Penyebabnya?

Akhir-akhir ini plat nomor jadi obrolan orang banyak nih Sahabat Boombastis. Disebabkan, ada kabar kalau model plat nomor bakal mengalami pergantian. Namun hal ini masih belum bisa dipastikan oleh Koordinator Lantas Markas Besar Polri. Lalu Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri Brigadir Jenderal Halim Paggara mengatakan jika Polisi masih berdiskusi dengan beberapa ahli.

Kepada nasional.tempo.co, Halim Paggara menyebutkan kalau aturan sudah selesai dibuat, model plat nomor ini akan diterapkan. Akan tetapi masih pada tahun 2019 nanti. Mungkin kita sebagai orang awam bertanya-tanya mengapa benda tersebut harus diganti. Ya karena menurut kita, modelnya sudah cukup bagus dibandingkan dengan yang dulu.

Model plat akan diganti [Sumber Gambar]
Namun ternyata, hal ini ada alasannya Sahabat Boombastis. Tujuan utama dari penggantian model dari plat nomor ini adalah supaya bisa terbaca oleh kamera CCTV. Menurut Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri, kalau warna selain hitam sangat jelas jika direkam oleh kamera. Sedangkan warna hitam kurang bagus jika ditangkap oleh kamera atau lebih tepatnya tidak terlihat. Sehingga kemungkinan besar warna dari plat nomor ini akan diganti dengan warna yang lebih cerah. Namun untuk warna tepatnya, masih belum diputuskan.

Jika plat nomor diganti warna menjadi lebih terang, bisa mempermudah kinerja dari polisi. Hal ini disampaikan oleh Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto kepada sumutpos.com. Jadi ketika ada pelanggaran, nomor tersebut akan langsung terdeteksi. Tak butuh waktu lama untuk melakukan penangkapan, penilangan dan lain sebagainya. Beda dengan plat nomor yang berwarna hitam, petugas kesulitan untuk mendeteksinya. Butuh waktu beberapa lama untuk mengungkap siapa si pelanggar atau pelaku kejahatan.

Supaya terlihat di CCTV [Sumber Gambar]

Nah, sedangkan untuk jenis kendaraannya juga masih belum diketahui. Sebab, warna plat nomor kini dibagi ke tiga jenis transportasi. Hitam untuk kendaraan pribadi, kuning pada angkutan umum, warna merah di mobil atau motor milik pemerintah. Entah ingin disamakan semuanya atau sendiri-sendiri seperti saat ini.

Jadi kabar yang kita dengarkan akhir-akhir ini memang benar adanya Sahabat Boombastis. Namun bukan diterapkan pada tahun ini, tapi di 2019 yang akan datang. Lalu untuk tujuan penggantiannya pun cukup bagus kok karena secara tidak langsung itu bisa memperkecil risiko kejahatan di lalu lintas. Sehingga kita tunggu saja bagaimana model dan warna platnya di tahun depan.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Mengenal Jopok, Gangster Paling Ditakuti di Korea Selatan yang Setara dengan Yakuza

Hal ‘Menakjubkan’ Inilah yang Terjadi Apabila Lionel Messi Jadi Pindah ke Italia