in

Pakai Pin ATM Gunakan Tanggal Lahir, Tinggalkan atau Terkena Akibatnya

Dalam membuat pin ATM, kita tentunya menggunakan angka-angka yang berhubungan dengan diri sendiri. Biasanya yang paling umum adalah tanggal lahir, angka kesayangan, nomor telepon pribadi dan lain sebagainya. Ini dilakukan tak lain dan bukan supaya lebih mudah untuk diingat.

Sahabat Boombastis kemungkinan besar melakukan hal yang sama kan? Dengan kombinasi angka-angka itu, kita bisa mengakses ATM tanpa perlu mencatatnya terlebih dulu. Tapi di balik mudahnya mengingat angka-angka tersebut, semakin gampang juga untuk orang lain membobol tabungan kita lho. Enggak percaya? Nih contoh kasusnya.

Bobol ATM gunakan tanggal lahir [Sumber Gambar]
Satria Batra Adu Guna dan Agus Pamungkas merupakan pelaku pembobolan ATM. Kedua warga Semarang ini menjambret tas dari pengendara perempuan untuk mendapatkan sejumlah uang. Apesnya, mereka hanya menemukan dompet yang berisikan KTP dan juga kartu ATM. Tapi keduanya tak kehabisan akal, mereka mencoba mengakses kartu ATM dengan berbekal identitas tanggal lahir yang ada di KTP. Percobaannya pun berhasil dan akhirnya mereka menggasak uang sejumlah Rp1 juta dari ATM si korban.

Itu adalah salah satu contoh kasus dari kejahatan membobol ATM menggunakan tanggal lahir. Dari sini kita bisa tahu kalau ternyata pembuatan pin ATM tidak bisa sembarangan. Ya meskipun selama ini yang tahu hanya diri sendiri, tapi kita tidak tahu ke depannya seperti apa. Bisa saja tas kalian dijambret (amit-amit), atau dompet Sahabat Boombastis tak sengaja terjatuh dan ditemukan oleh orang tidak jujur.

Jangan gunakan tanggal lahir untuk PIN ATM [Sumber Gambar]

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan lho. Pertama, adalah menghindari menggunakan angka yang berurutan. Contohnya seperti 1234 atau 0000, karena cara ini memudahkan para pencuri atau bahkan hacker untuk membobol kartu ATM kalian semua.

Kedua, hindari juga menggunakan angka kombinasi yang berhubungan dengan kehidupan pribadi. Ya misalnya tanggal lahir, nomor telepon atau angka lain yang ada di kartu identitas diri kalian. Terakhir yaitu dilarang keras menyimpan info pin ATM di dalam tas ataupun ponsel. Sebab, para pencuri dan kawan-kawannya sudah tahu tentang trik dari korban-korbannya. Intinya sih simpan saja di memori otak.

Manfaatkan huruf yang ada pada tombol ATM sebagai pin [Sumber Gambar]
Cara-cara di atas adalah hal yang perlu dihindari. Nah sekarang kita bahas trik bagaimana cara membuat pin yang cukup sulit ditebak oleh orang lain. Cara pertama yaitu dengan menggabungkan bagian-bagian tahun kelahiran dari keluarga. Misalnya tahun kelahiran keluarga kalian adalah 1994, 1985 dan 1955. Jadi kalian bisa menggabungkan dua digit tahun yang paling terakhir. Hasilnya seperti ini 94-85-55. Cukup sulit untuk ditebak kan?

Metode kedua adalah dengan mengganti huruf menjadi deretan angka. Maksudnya, mengganti setiap abjad yang ada di tombol mesin ATM jadi sebuah nomor. Contohnya saja namanya FIRDHA. Cocokkan saja di tombol ATM, terletak di angka mana huruf yang kalian mau. Kalau pakai nama tadi berarti angkanya adalah 347342. Supaya lebih mengerti, lihat saja tombol di ponsel tapi yang berbentuk ABC, bukan qwerty.

BACA JUGA : Jangan Abaikan Peringatan ATM Error, Bisa Jadi Itu Modus Kejahatan

Membuat pin ATM menggunakan tanggal lahir memang baik. Namun ada banyak bahaya yang menunggu. Maka dari itu, cobalah mengganti pin ATM dengan angka yang susah untuk ditebak. Atau bisa juga mempraktekkan dua cara di atas. Tapi yang perlu diingat adalah tetap rutin mengganti pin ATM setiap sebulan sekali ya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Nostalgia Perbandingan Debat Capres Pertama Tahun 2014 vs 2019, Lebih Panas yang Mana?

Keluarga Cemara Tembus 1 Juta Penonton, Cantiknya Adhisty Zara Pemeran Euis Diakui Netter Bikin Gagal Fokus