in

5 Phobia ini Bikin Pengidapnya Ketakutan Setengah Mati, Padahal Lucu Luar Biasa

Kalau dilihat dari definisinya, phobia adalah rasa takut berlebihan yang penyebabnya adalah trauma-trauma di masa lalu yang dampaknya biasanya sangat memengaruhi emosional. Phobia sendiri ada banyak bentuknya, yang paling sering adalah ketakutan berlebih terhadap hewan-hewan tertentu, benda, keadaan, sampai waktu-waktu khusus. Ada banyak kok cara mengobati phobia, bisa dengan hipnotis sampai dengan menghadapi ketakutannya secara langsung.

Makin berkembangnya zaman ternyata makin banyak pula jenis-jenis phobia baru bermunculan. Namun, uniknya, phobia yang bertumbuhan ini makin aneh-aneh. Ada yang phobia dengan ibu tiri, phobia dengan warna kuning, sampai phobia dengan pisang yang imut-imut itu. Ketakutan berlebihan kepada sesuatu memang wajar sih, tapi kok aneh betul dengan deretan phobia-phobia tersebut. Kesannya, seperti tak ada hal lain yang lebih pantas untuk ditakuti.

Nah, berikut adalah deretan phobia paling unik dan nyleneh yang bikin seseorang ketakutan setengah mati, tapi justru sangat lucu bagi yang tak mengalaminya.

1. Anatidaephobia

Ada yang takut dengan bebek di sini? Berhati-hatilah mungkin kamu mengidap yang namanya Anatidaephobia. Phobia ini berhubungan dengan bebek, lebih tepatnya perasaan takut berlebihan seperti seolah dilihat oleh seekor bebek, padahal tak ada satu ekor pun. Hmm, phobia yang cukup aneh, ya?

Duh, tatapan matanya memang bikin hati deg-degan [Image Source]
Duh, tatapan matanya memang bikin hati deg-degan [Image Source]
Ketakutan ini biasanya dikarenakan kejadian masa lalu, di mana mungkin seseorang pernah diserang bebek-bebek sampai pingsan atau luka parah. Bagi yang mengalami phobia ini, mereka bakal alergi sekali dengan hal-hal yang berhubungan dengan bebek. Entah suara, lebih-lebih mainan bebek karet kamar mandi itu.

2. Hippopotomonstrosesquipedaliophobia

Kalau dilihat dari nama panjangnya yang bikin emosi ketika baca, phobia satu ini terkesan berhubungan dengan kuda nil dari kata Hippo-nya. Padahal ini sama sekali tak ada hubungannya dengan itu. Hippopotomonstrosesquipedaliophobia sendiri adalah ketakutan berlebihan dengan kata-kata yang paaaaanjaaaang.

Memang sih, kata-katanya bikin mual seketika [Image Source]
Memang sih, kata-katanya bikin mual seketika [Image Source]
Entah bagaimana seseorang bisa phobia dengan kata-kata panjang. Tapi, mungkin saja hal tersebut memang bisa terjadi. Misalnya ketika dihukum menulis di papan “Saya berjanji tidak akan mengintip kamar mandi perempuan lagi” sampai bel pulang sekolah. Soal-soal phobia kata-kata panjang, entah kenapa setelah baca nama Hippopotomonstrosesquipedaliophobia, seolah kita langsung kena phobia yang sama. Iya, kan?

3. Panphobia

Phobia itu umumnya hanya kepada satu atau dua hal. Misalnya mantan dan ibunya mantan. Namun, phobia dua hal sekaligus seperti itu jarang sekali terjadi. Meskipun demikian, memang pada kenyataannya ada phobia yang cangkupan ketakutannya luas. Ya, phobia ini bernama Panphobia.

Terus hidupnya bagaimana kalau takut semua hal [Image Source]
Terus hidupnya bagaimana kalau takut semua hal [Image Source]
Panphobia adalah ketakutan berlebih akan segala hal. Ya, benar, segala hal. Entah itu pakaiannya sendiri, benda-benda remeh di sekitarnya, pokoknya semuanya. Pertanyaannya, siapa yang bisa tahan hidup dengan phobia semacam ini. Jika ada yang pasti si empunya phobia bakal berumur pendek. Lha bagaimana tidak hidup singkat, setiap hal yang ada ditakutinya. Mungkin saja ia bisa jantungan saat memeluk gulingnya sendiri.

4. Arachibutyrophobia

Aduh, baca nama phobianya saja sudah susah apalagi definisinya. Ya, untuk jenis ketakutan satu ini memanglah aneh luar biasa. Pasalnya obyek ketakutannya sendiri sama sekali tidak jelas. Arachibutyrophobia adalah ketakutan berlebih pada kondisi di mana ada selai kacang di atas langit-langit mulut. Nah lho, phobia macam apa ini?

Kalau ganti selai strawberry masih phobia, nggak? [Image Source]
Kalau ganti selai strawberry masih phobia, nggak? [Image Source]
Terdengar lucu dan konyol, namun memang cukup banyak orang-orang yang phobia dengan hal-hal semacam ini. Jadi, bisa dibayangkan si empunya phobia bakal sangat berhati-hati saat makan selai kacang di atas rotinya. Mungkin biar nggak nempel, si pengidapnya bisa memblender roti selai kacangnya dulu kemudian meminumnya. Dengan begitu dijamin langit-langit mulut aman.

5. Pteronophobia

Phobia paling aneh terakhir yang bikin ngakak adalah Pteronophobia. Ada yang bisa menebak phobia macam apa ini? Dari namanya seperti ada kesan burung-burungnya. Ya, Pteronophobia adalah rasa takut akan bulu burung. Lebih spesifiknya, kalau bulu burung tersebut dipakai untuk menggelitiki. Waduh, phobia super absurd apalagi ini?

Apanya sih yang menakutkannya dengan bulu? [Image Source]
Apanya sih yang menakutkannya dengan bulu? [Image Source]
Alih-alih menyeramkan, phobia ini justru lucu luar biasa. Apalagi yang mengidapnya adalah seorang preman yang tubuhnya kekar berotot. Lucu sih ketika membayangkan seorang preman Pteronophobia bakal pingsan ketika seseorang menggelitikinya dengan bulu burung. Lagi pula, apa sih yang menakutkan dari bulu? Justru nikmat, kan? Apalagi kalau memakainya di telinga.

Kita bisa tertawa, minimal senyam-senyum sendiri, melihat deretan phobia ini. Namun yang pasti, orang-orang yang mengidapnya pastilah merasakan rasa takut yang amat sangat. Yang jadi pertanyaan, bagaimana cara para pengidap phobia di atas ini untuk disembuhkan? Khususnya yang phobia segala sesuatu itu. Pasti cukup susah untuk membuatnya bisa menjalani hidup dengan normal.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

5 Alasan ini Kenapa Amerika Tidak Diadili Saat Menggunakan Bom Nuklir di Jepang Pada Perang Dunia 2

Terungkap, 5 Alasan ini Kenapa Kerja di Freeport Ternyata Tak Seenak Dugaanmu