in

Deretan Kejadian Pesawat Gagal Terbang, Penumpang Trauma Enggak Ya?

Selama ini pesawat terbang dianggap sebagai moda transportasi paling aman di dunia. Namun pernyataan ini seakan terbantahkan lantaran sederet kecelakaan terjadi pada pesawat terbang. Ya contohnya saja seperti tahun 2018 lalu, di mana Lion Air dengan nomor penerbangan JT-610 jatuh ke perairan Tangerang setelah 13 menit lepas landas.

Peristiwa nahas itupun membuat ketakutan beragam pihak. Apalagi ditambah dengan berbagai prediksi dari beberapa orang yang katanya di tahun 2019 ini akan ada lagi musibah pesawat terjatuh. Ini dibuktikan dengan beberapa peristiwa gagal terbang karena ketakutan penumpang akan kerusakan kendaraan yang akan dinaikinya.

Penumpang protes kabin panas, pesawat batal terbang

Kejadian pertama datang dari Pesawat Citilink di Hari Senin (14/01). Tak selancar biasanya, pesawat yang merupakan adik kandung dari Garuda Indonesaa ini memberikan pengalaman pahit kepada penumpangnya. Berupa kabin panas yang membuat penumpang ingin membatalkan perjalanan.

https://www.facebook.com/estersrimeibaho/videos/10210893821381040/?t=2

Dilansir dari akun facebook NaiBaho Srimei Ester, jika sebelum turun, para penumpang mengeluh dengan fasilitas yang diberikan oleh Citilink. Seperti tak sesuai dengan biaya yang dikeluarkan yakni Rp1,8 juta. Tapi pihak dari Citilink pun akhirnya memberikan kompensasi kepada penumpang yaitu voucher sebesar Rp300 ribu dan paket makan siang. Sampai saat ini masih belum diketahui nih apa penyebab dari kabin pesawat yang suhunya sangat panas.

Pesawat gagal terbang karena berhenti mendadak saat akan lepas landas

Di tahun 2013 lalu, penumpang Lion Air Boeing 737-900 mendadak panas dingin karena ulah dari si pesawat. Dilansir dari kompas.com, para penumpang mengaku ketakutan karena pesawat tiba-tiba berhenti ketika akan lepas landas. Sontak, semua penumpang pun memaksa turun dari pesawat meskipun dilarang oleh awak kabin.

Berhenti mendadak karena mesin rusak [Sumber Gambar]
Awak pesawat rute Denpasar-Jakarta itu pun akhirnya menawarkan kepada penumpang jika kapal terbang akan diganti dengan yang lain. Namun hanya beberapa yang setuju karena lainnya ingin ganti maskapai untuk mencari amannya saja. Duh, enggak kebayang deh perasaan penumpang pesawat saat itu.

Tunda lepas landas karena mesin kemasukan serangga

Salah satu maskapai ternama yaitu Garuda Indonesia juga tak luput dari fenomena gagal terbang. Di Bulan Januari 2016 lalu, pesawat dengan rute Medan-Jakarta ini mendadak berhenti dan berbalik arah ke apron. Pada awalnya para penumpang bertanya-tanya mengapa kembali lagi. Lalu awak kabin pun menjelaskan jika pilot memilih gagal terbang karena mesin dimasuki serangga jenis lembing.

Garuda gagal terbang karena ada serangga masuk mesin [Sumber Gambar]

Akhirnya para penumpang pun panik dan ingin segera diturunkan dari pesawat. Namun untungnya awak kabin bisa menjernihkan kondisi sehingga penumpang bisa kembali tenang. Tapi sejak peristiwa ini terjadi, banyak penumpang yang lebih memilih untuk tidak terbang kembali dan mengganti jadwalnya.

BACA JUGA : Miris! Kecelakaan Pesawat Terparah Ini Terjadi Karena Pilot Ingin Bunuh Diri

Ketiga peristiwa di atas cukup berhasil membuat para penumpangnya trauma. Entah tidak ingin terbang lagi atau tak mengulangi menggunakan jasa maskapai yang bermasalah. Akan tetapi, kita sebaiknya tidak perlu khawatir akan hal ini karena tak semua pesawat mengalami peristiwa yang sama. Jangan sampai kejadian-kejadian di atas membuat kalian ketakutan untuk menggunakan pesawat saat bepergian ya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Bedah Piala Indonesia, Kompetisi ‘Dagelan’ PSSI yang Tidak Kunjung Berakhir

F-16 Turunkan Pesawat Ethiopia, Inilah Sangarnya 5 Alutsista TNI AU yang Jaga Langit NKRI