Banyak orang yang jarang berpikir masa lalu dari sebuah perusahaan besar macam Apple, Google hingga Amazon, sehingga mereka bisa sukses dan produknya mendominasi dunia saat ini. Di balik kesuksesan mereka, tak ada yang menyangka jika perusahaan raksasa itu dimulai dari sebuah garasi mobil yang terbilang sangat sederhana.

Dari sanalah, kerja keras dan usaha mereka bermula. Kelak, garasi kecil tersebut membuat nama-nama seperti Steve Jobs, Bill Gates, duo Larry Page-Sergey Brin, dan Jeff Besoz, mencatatkan dirinya sebagai orang-orang kaya di atas muka bumi. Penasaran? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Nama besar Apple yang dimulai dari sebuah garasi sederhana

Steve Jobs di depan garasi mobil tempatnya mendirikan perusahaan Apple [sumber gambar]
Apple saat itu didirikan oleh tiga orang muda, yakni Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne. Sayang, Wayne kemudian keluar sebelum Apple mencapai puncak kesuksesannya. Saat awal-awal beroperasi, Apple menggunakan garasi rumah keluarga Jobs yang sempit. Di sana, mereka berusaha menciptakan komputer yang ramah dan mudah digunakan oleh pengguna. Hingga kini, Apple berhasil menjadi produsen alat komunikasi dan hiburan ternama di dunia

Kesuksesan luar biasa Google yang lahir dari garasi sempit

Garasi sempit dimana Google dimulai pertama kali [sumber gambar]
Sebagai seorang mahasiswa pascasarjana yang memilih untuk dropout (DO), duo pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin sempat meminjam milik Susan Wojcicki yang kini jadi CEO YouTube. Di sana, keduanya bekerja keras menciptakan sebuah mesin pencari yang handal dan harus berkutat dengan kode-kode algoritme yang rumit. Kini, kerja keras mereka terbayar lunas seiring kebesaran Google sebagai perusahaan terkemuka di atas bumi.

Merek Hewlett-Packard juga diciptakan dari garasi sederhana

Siapa sangka jika Hewllet-Packard dimulai dari sebuah garasi [sumber gambar]
Dikenal menghasilkan berbagai peralatan elektronik seperti printer dan laptop, siapa sangka jika merek Hewllet-Packard dimulai dari sebuah garasi mobil sederhana. Beruntung, Walt Disney yang melihat potensi dari perusahaan kecil ini kemudian menyuntikkan dana sebesar US$ 538 (Rp 5.052.454,00). Dilansir dari Finance Detik, nilai perushaan Hewllet-Packard kini bernilai US$ 13 miliar (Rp 183.469 triliun) dan produknya tersebar di seluruh penjuru dunia.

Siapa sangka jika awal mula Harley Davidson berasal dari garasi

Produsen motor sekeren Harley Davidson juga dimulai dari garasi sederhana [sumber gambar]
Sebuah garasi kayu sederhana di wilayah Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat, menjadi saksi sejarah bagi produsen motor legendaris, Harley Davidson. Di sanalah, para inisiatornya seperti Bill Harley dan Arthur Walter Davidson mengembangkan motor pertamanya dengan mesin satu silinder. Tahun 1912 menjadi zaman keemasan bagi Harley Davidson dengan mengusung mesin V-Twin 45 derajat yang digemari banyak pemotor saat itu. Hingga kini, Harley Davidson dikelan sebagai motor idaman para pria.

Perusahaan yang sukses mengubah dunia lewat dari garasi mobil

Jeff Bezoz pada tahun 1999 saat menjalankan perusahaannya, Amazon [sumber gambar]
Selain perusahaan di atas, beberapa bisnis seperti Walt Disney, Amazon, Mattel (produsen mainan Hot Wheels dan Barbie), hingga merek sepatu Nike, sempat menciptakan produk pertama mereka di sebuah garasi mobil yang sederhana. Berkat ketekunan dan kerja kerasnya, mereka bisa menapaki sukses menjadi perusahaan yang produknya mendominasi dunia hingga saat ini.

BACA JUGA: 5 Fakta Unik di Balik Kantor Google yang Katanya Bikin Betah Kerja

Bukan dari gedung bertingkat nan mewah, perusahaan di atas memulai usahanya justru dari garasi mobil. Sebuah tempat yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya. Bukan soal garasinya, tapi bagaimana usaha kita memulai sesuatu yang besar dengan usaha keras meski bukan di tempat yang nyaman seperti kantor.