in

Selain Paytren, Perusahaan-perusahaan Asal Indonesia Ini Juga Sponsori Klub Bola di Eropa

Setelah klub-klub sepak bola Indonesia, Perusahaan financial technology (fintech) Paytren kini juga lebarkan sayapnya ke kompetisi Eropa. Bekerjasama dengan Lechia Gdansk, brand milik Ustad Yusuf Mansur tersebut, bakalan menjadi sponsor resmi kesebelasan asal Liga Polandia itu selama beberapa waktu ke depan.

Jika menarik sejarah ke belakang, Paytren bukanlah brand pertama asal Indonesia yang mewarnai kompetisi Benua Biru. Sebelumnya perusahaan besar logonya juga sempat nempel di jersey kesebelasan di sana. Bahkan ada beberapa yang sukses menjalin kerjasama dengan klub besar Eropa, seperti Liverpool dan Real Madrid. Siapa sajakah mereka? Temukan jawabannya di ulasan berikut ini.

Garuda Indonesia kerjasama dengan Liverpool

Bagi pencinta sepak bola asal Indonesia, melihat logo sebuah perusahaan penerbangan di baju latihan Liverpool di awal musim 2014-2016, tentu bukanlah sesuatu yang asing. Apalagi ketika itu terpampang jelas di sana tulisan Garuda Indonesia. Maskapai yang menurut banyak orang tanah air adalah yang terbaik.

Garuda Indonesia Liverpool [Sumber Gambar]
Meski hanya beberapa tahun saja mensponsori The Reds, namun ternyata kerjasama keduanya membuahkan nominal yang besar. Melansir laman Liputan6, kontrak Garuda dengan Liverpool senilai 9 juta dollar Amerika Serikat per tahun atau Rp 121 miliar. Selain baju latihan logo Garuda Indonesia juga muncul di papan sponsor markas klub yakni di anfield.

Real Madrid sempat kerjasama dengan kacang dua kelinci

Selain tim asal Inggris tersebut, perusahaan Indonesia juga sempat mempunyai riwayat kerjasama dengan klub raksasa Spanyol. Dimulai pada Agustus tahun 2010, secara resmi produsen kacang PT Kacang Dua Kelinci menjadi sponsor Real Madrid. Kabarnya hal itu, menjadi kolaborasi pertama antara Los Blancos dengan sebuah brand asal tanah air.

Melansir laman Bola.net, kerjasama positif tersebut mempunyai kontrak selama dua tahun saja. Meski singkat, tapi beberapa kali produk  Dua Kelanci mentas dengan di bintangan oleh pemain-pemain bintang Real Madrid seperti Mezut Ozil, Cristiano Ronaldo, dan Sergio Ramos.

Perusahaan asuransi Jiwasraya kerjasama dengan Manchester City

Klub lain yang juga mempunyai hubungan sponsor dengan perusahaan asal Indonesia adalah Manchester City. Saat itu di tahun 2014-an, mereka menjalin kerjasama dengan perusahaan asuransi bernama Jiwasraya. Keduanya menjalin partnership selama beberapa tahun dengan nilai kontrak dikabarkan mencapai miliaran.

Jiwasraya Manchester City [Sumber Gambar]

Dilansir laman Republika, Direktur Utama PT Jiwasraya, Hendrisman Rahim, pemilihan klub ini didasari oleh reputasi Manchester City dianggap bagus dan mempunyai banyak fans yang berjumlah lebih dari 50 Juta. Selama jalinan kerjasama tersebut, Manchester Biru sukses merengkuh beberapa gelar domestik.

Produk ban Archiles Corsa kerjasama dengan Manchester United

Setali tiga uang dengan saudaranya tersebut, Manchester United juga mempunyai kisah kerjasama dengan perusahaan tanah air. Bahkan ada dua brand asal tanah air menjalin kemitraan dengan kesebelasan berjuluk setan merah itu. Dua perusahaan tersebut adalah Bank Danamon dan perusahaan ban Archiles Corsa.

Manchester United [Sumber Gambar]
Usut punya usut, Danamon terlebih dahulu menjalin kerjasama dengan The Red Devils yakni pada tahun 2006. Lalu, Archiles Corsa masuk pada tahun 2013 lalu. Selama menjalin partnership, sudah ada 170 nasabah dari Bank Danamon yang sudah diberangkatkan nonton langsung laga Manchester United. Sedangkan, Corsa menjalin hubungan itu di latarbelakangi motif kesamaan karakteristik.

BACA JUGA: 4 Lambang Unik Klub Sepak Bola Dunia yang Siap Membuat Kita Gagal Paham

Begitulah sobat Boombastis kerjasama-kerjasama perusahaan tanah air dengan klub Eropa. Meski logonya bukan nempel terdepan, namun setidaknya menjadi sebuah hal yang bagus dalam masalah kerjasama. Besar harapan kalau ke depan para pemain yang bisa menembus kesebelasan-kesebelasan tadi.

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Ada Orang Selamat dari Sambaran Petir, Ini Efek yang akan Diterima Seumur Hidup

Ikan Mas Jelmaan Sampai Pocong, Inilah Mitos Ranu Kumbolo yang Harus Diketahui Pendaki