in

7 Peraturan Sekolah Nyeleneh Ini Bakal Bikin Pelajar Indonesia Sujud Syukur, Ada yang Melarang Menguap Lho

Sekolah memang merupakan sebuah institusi pendidikan di mana anak-anak belajar banyak hal. Tidak hanya perihal akademis, tetapi juga segala hal berkaitan dengan tingkah laku seperti sopan santun, disiplin, dan semacamnya. Itulah mengapa semua sekolah menerapkan peraturan-peraturan yang harus ditaati siswa agar mereka bisa menjadi anak sesuai harapan. Beda sekolah maka berbeda pula peraturan yang dibuat karena memang visi misi setiap institusi pendidikan tersebut berbeda satu sama lain.

Nah kalau kita lihat sekolah-sekolah di Indonesia sih sepertinya tidak ada yang membuat aturan nyeleneh untuk siswanya, dan kebanyakan malah serupa. Berbeda halnya dengan beberapa sekolah di negara-negara asing. Siapa sangka bahwa peraturan-peraturan seperti di bawah ini bisa kamu temukan di sekolah? Syukur deh kita sekolah di Indonesia.

Larangan menguap

Seberapa sering kalian menguap saat mengikuti pelajaran di kelas? Pasti jawabannya sering sekali bukan? Apalagi kalau mata pelajaran serta cara mengajar sang guru kurang menarik, pasti rasa kantuk sulit untuk ditangkis ya. Tapi jangan coba lakukan hal tersebut di London. Pasalnya, sebuah sekolah di Banet, London melarang para siswa menguap.

Menguap [image source]
Jika ada yang ketahuan melakukannya sampai tiga kali maka siap-siap saja untuk dihukum keluar dari kelas. Sepele sih aturannya, tapi bayangkan saja kita bisa ketinggalan pelajaran hanya karena sesuatu yang manusiawi seperti menguap lho. Jadi sebelum sekolah pastikan tidur yang cukup ya dari pada dihukum kan malu juga.

Larangan bergandengan tangan

Nah kalau yang satu ini mungkin Indonesia juga memberlakukannya ya, meskipun tidak tertulis. Larangan bergandengan tangan ini bisa ditemukan di sekolah di negara bagian Tennessee, Amerika Serikat. Cukup mengejutkan ya bahwa ada sebuah sekolah di Amerika yang memberlakukan hal demikian.

Gandengan tangan [image source]
Pihak sekolah menerapkan aturan ini karena menurut mereka bergandengan tangan akan mengacu pada aktivitas seksual lain. Ya meskipun terkadang hal ini dilakukan hanya sebagai salah satu ekspresi kasih sayang sih. Meskipun banyak yang menganggap peraturan ini tidak wajar, tapi ada juga yang mengungkapkan bahwa hal ini masuk akal demi menghindarkan siswa dari yang namanya seks bebas.

Larang mengenakan sweater

Hayo, barang siapa yang hobi pakai sweater baik karena kedinginan atau sekedar gaya-gayaan sebaiknya mengurungkan niatnya untuk bersekolah di Jepang. Ternyata kondisi sekolah di Jepang berbeda dengan apa yang ada di filmnya ya. Ada sebuah sekolah di negeri sakura itu yang melarang siswa mengenakan sweater baik ketika berangkat maupun pulang sekolah. Dan kalian tahu apa alasannya?

Mengenakan sweater [image source]
Menurut mereka sweater akan merusak penampilan siswa itu sendiri. Jadi larangan ini seakan hanya terkesan agar siswa-siswinya bisa tampil maksimal. Tapi ada benarnya juga sih, kalau nanti mereka mengenakan sweater, jadi sulit dicek dong kelengkapan seragamnya.

Dilarang bersahabat

Sekolah di Inggris juga menerapkan satu peraturan yang cukup nyeleneh, yaitu larangan memiliki sahabat. Padahal selama ini sekolah adalah tempat di mana anak-anak bisa mendapat teman atau seseorang yang dipercaya agar memiliki tempat bercerita dan berbagi ya. Namun ternyata sekolah di Inggris melarang siswanya memiliki sahabat dengan alasan hal tersebut dapat memicu permusuhan.

Bersahabat [image source]
Menurut mereka, selama ini banyak musuh yang berasal dari teman dekat. Selain itu larangan memiliki sahabat juga diberlakukan karena untuk menjaga perasaan teman-teman yang lainnya agar tidak ada perasaan iri dan cemburu.

Larangan minum susu

Ada lho sekolah yang melarang muridnya mengonsumsi susu. Padahal sedari kecil mereka diajari untuk rajin minum susu demi kesehatan tubuh dan terpenuhinya gizi ya. Dan tidak jarang susu juga menjadi salah satu jenis menu yang disajikan dalam makan siang siswa di sekolah. Namun sekelompok dokter dan vegetarian di Amerika membuat petisi untuk menghapuskan susu dari menu makan siang anak-anak.

Minum susu [image source]
Hal itu dikarenakan menurut mereka susu mengandung kadar gula, lemak, serta protein yang tinggi di mana hal itu malah dirasa tidak baik untuk anak-anak. Bertolak belakang sekali ya hal ini.

Siapa yang mencontek akan masuk penjara

Larangan mencontek di sekolah tentu sudah menjadi hal lumrah yang diterapkan di semua negara termasuk Indonesia ya. Dan biasanya kalau di Indonesia sendiri saat seorang siswa ketahuan mencontek, dia akan dimarahi oleh guru dan paling-paling juga pihak sekolah akan memanggil orang tua murid tersebut. Namun sanksi berbeda ternyata diterapkan di Bangladesh.

Mencontek [image source]
Barang siapa yang berani mencontek, maka dia akan berhadapan langsung dengan polisi. Hukuman seperti ini memang sih dijamin bakal membuat murid jera, tapi ya pasti akan sangat kontroversial bila sampai diterapkan di Indonesia. Hayo loh!

Larangan membawa bekal

Lagi-lagi salah satu sekolah di Amerika memberlakukan berupa larangan membawa bekal makan siang dari rumah untuk  siswa, tepatnya di daerah Chicago. Aturan ini sudah diberlakukan selama bertahun-tahun oleh pihak sekolah yang mengatakan bahwa mereka hanya ingin siswa terhindar dari bekal makan siang yang tidak sehat.

Bekal makan [image source]
Oleh karena itu pihak sekolah sudah menyediakan menu makan siang khusus bagi para siswa yang dijamin sehat dan tepat sesuai nutrisi yang dibutuhkan. Peraturan ini mulai diberlakukan saat kepala sekolah mendapati siswa yang membawa makanan ringan ketika melakukan study tour. Dan karena dirasa makanan semacam itu kurang sehat, jadilah kemudian mereka tak lagi diperbolehkan membawa bekal.

Aneh-aneh memang ya peraturan-peraturan yang diberlakukan di negara-negara tersebut. Kalau selama ini kalian menganggap sekolah kalian paling kejam, nampaknya sekarang bisa sedikit tersenyum lega ya melihat fakta-fakta di atas. Bayangkan saja bila ketahuan menguap kalian dikeluarkan dari kelas, bahkan jika tertangkap melihat pekerjaan teman siap-siaplah masuk penjara. Indonesia memang lebih baik dalam segala hal ya.

Written by Faradina

Leave a Reply

5 Akun Instagram Cewek Seksi yang Bakal Bisa Bikin Puasamu ‘Terguncang’

Heboh, Panglima TNI Membacakan Puisi yang ‘Menampar’ Mengenai Keadaan Miris di Negeri Ini