in

Pelajaran di Balik Permintaan Maaf Youtuber yang Tawarkan Rp 10 Juta untuk Batalkan Puasa

Seorang Youtuber yang menggunakan nama hasanjr11 belakangan sempat membuat heboh dengan salah satu kontennya, yakni menawarkan iming-iming uang Rp 10 juta kepada orang yang ditemuinya untuk membatalkan puasa. Karena banyaknya komentar negatif dari warganet, video yang diunggah di saluran Youtube miliknya itu akhirnya dihapus.

Karena menjadi sorotan luas, pemilik akun hasanjr11 itu pun meminta maaf. Hal ini disampaikannya melalui akun Instagram @hasanjr11 pada Selasa, (28/4/2020) dalam bentuk video berdurasi 29 detik. Lantas, pelajaran apa yang bisa kita ambil dari kejadian semacam ini?

Pentingnya menjaga moral dan etika selama bulan suci Ramadan

Pada kasus unggahan video yang menawarkan Rp 10 juta agar mau membatalkan puasa, mungkin niat awal dari pemilik video hanyalah membuat konten ringan yang menguji seseorang apakah kuat terhadap godaan yang diberikan. Mungkin bagi dirinya, hal ini dianggap menjadi sebuah lelucon semata.

Namun belum tentu bagi orang lain yang melihat tontonan tersebut. Baik dari sisi moral dan etikanya. Terlebih, hal tersebut seolah-olah telah mengusik privasi dari mereka yang tengah bersungguh-sungguh menjalankan ibadah puasa, apakah bisa bertahan atau justru batal meski sejatinya tawaran Rp 10 juta tersebut hanya sebuah lelucon semata.

Puasa memang rentan dengan godaan melalui kejadian di sekeliling kita

Menjalankan ibadah puasa sejatinya tak hanya sekedar melawan rasa lapar dan haus, tapi juga mengontrol seluruh aspek yang ada di dalam tubuh kita. Mulai dari mata, telinga, lisan, perasaan, otak, hati, hingga anggota tubuh yang biasanya rentan tergoda karena masih dikendalikan oleh hawa nafsu.

Tangkapan layar dari video viral hasanjr11 [sumber gambar]
Tanpa aksi menawarkan uang Rp 10 juta di atas, godaan sejatinya tetap ada di mana-mana untuk membatalkan ketaatan kita dalam menjalankan ibadah puasa. Soal konten Youtuber hasanjr11 di atas, mengingatkan kita betapa manusia butuh perjuangan keras untuk menahan godaan yang ada. Termasuk tawaran uang Rp 10 juta yang diberikan secara cuma-cuma.

Alangkah baiknya jika konten yang ada memiliki value positif

Bukan rahasia lagi jika banyak dari Youtuber yang berlomba-lomba menyajikan sebuah konten- entah itu bermanfaat maupun berpotensi bakal panen hujatan dari netizen, demi meraup view sebanyak-banyaknya dan tentu saja, pemasukan dari iklan yang ada alias adsense. Terlebih jika konten yang disajikan menyinggung soal ibadah (puasa) dan seolah terlihat dipermainkan (prank) di sana.

https://www.instagram.com/p/B_hSVayAzx-/

Kelanjutannya pun bisa ditebak. Banyak dari masyarakat yang kemudian marah dan merasa ada yang tidak pas dengan tayangan tersebut. Hal ini kemudian direspon oleh sang pemilik akun yang langsung menghapus unggahan videonya di Youtube dan kemudian meminta maaf kepada publik. Sikap menyadari kekeliruan ini memang patut diapresiasi. Ke depannya, tentu akan lebih bagus jika hasanjr11 yang telah memiliki jutaan subscriber bisa memulai hal baru dengan konten yang menarik namun mengandung manfaat dan edukatif.

BACA JUGA: 4 Alasan Kenapa Driver Ojol Tidak Layak Menjadi Korban Iseng Youtuber dalam Konten Prank

Permintaan maaf youtuber hasanjr11 memang patut diapresiasi. Terlebih, dirinya juga berjanji bahwa tindakannya tersebut akan menjadi evaluasi sekaligus pembelajaran bagi dirinya, juga orang lain agar kejadian serupa tidak lagi terulang di masa depan. Gimana menurutmu Sahabat Boombastis?

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

4 Tips Pesan Makan di Restoran Fast Food untuk Berbuka, Biar Nggak Telat Makan!

Cerita Teman 5 Seleb Sebelum dan Setelah Terkenal, Ada yang Tak Pernah Berubah Hingga Kini