in

Masa Kecilmu Keren Kalau Kamu Pernah Main Ini

Permainan Anak-anak

Masa kecil biasanya identik dengan permainan yang seru dan menghabiskan banyak tenaga. Bagaimana tidak, masa anak-anak biasanya memang lebih banyak dihabiskan untuk bermain bersama teman-teman sebaya.

Nah, kalau kamu termasuk anak yang aktif kamu pasti tahu dengan permainan yang bikin kamu berkeringat seperti berikut ini. Boombastis kali ini akan mengulas tentang beberapa permainan tradisional yang dulu pernah sangat populer di beberapa tempat di Indonesia.

1. Bentengan

Permainan ini adalah permainan tim yang berusaha saling mengelahkan tim lawan dengan menyentuh benteng lawan. Kamu tidak boleh sampai disentuh lawan karena ini bisa membuat kamu ditawan. Agar kamu bisa bebas, teman tim kamu harus menyentuhmu kembali.

Bentengan, Permaian Anak-anak Dengan Strategi [Image Source]
Bentengan, Permaian Anak-anak Dengan Strategi [Image Source]
Permainan ini sebenarnya juga mirip dengan taktik berperang karena kamu harus berhati-hati dan waspada. Trik yang biasa dilakukan adalah dengan menawan semua lawan terlebih dulu sehingga hanya tinggal 1 orang yang menjaga benteng lawan. Dengan begini, kamu juga bisa lebih mudah mengalahkan lawan.

2. Engklek

Permainan yang satu ini memiliki banyak nama yang berbeda di berbagai tempat, tapi sebenarnya cara mainnya pun sama saja. Pertama, kamu menggambar petak-petak di tanah, kemudian kamu juga membutuhkan pecahan genting.

Engklek, Melatih Keseimbangan [Image Source]
Engklek, Melatih Keseimbangan [Image Source]
Nah, nanti kamu melemparkan pecahan genting tersebut ke kotak-kotak yang sudah gambar, tapi kotak yang ada pecahan gentingnya tidak boleh kamu injak. Permainan ini gampang-gampang susah, karena kamu harus melompatnya dengan satu kaki. Orang yang memiliki sawah paling banyak, maka dialah pemenangnya.

3. Gobak Sodor

Permaianan yang satu ini juga memiliki sebutan yang berbeda. Caranya juga sangat mudah dan dijamin kamu pasti berkeringat dengan permainan ini. Sama seperti bentengan, gobak sodor juga merupakan permainan tim dengan 3 hingga 6 orang di setiap timnya.

Gobak Sodor [Image Source]
Gobak Sodor [Image Source]
Untuk memainkannya, pertama kamu perlu menggambar kotak persegi panjang yang dibagi dengan garis-garis sesuai dengan jumlah tim. Tim yang kalah undian harus jaga di garis yang sudah dibuat dan menghadng tim lawan untik bisa sampai di seberang. Jika ada salah satu tim lawan yang tersentuh, maka giliran mereka yang jaga.

4. Petak Umpet

Permainan ini juga sangat populer di berbagai daerah dengan nama yang berbeda-beda. Untuk memainkannya membutuhkan dua orang atau lebih. Cara mainnya, kamu saling mengundi diantara teman- teman sepermainanmu untuk jadi yang jaga. Nah, yang jaga harus menghitung sampai angka yang sudah ditentukan dan anak-anak yang lainnya bersembunyi.

Petak Umpet
Petak Umpet [Image Source]
Anak yang jaga ini harus mencari teman-temannya yang bersembunyi tapi tidak boleh sampai tempat jaganya disentuh oleh teman-temannya yang bersembunyi tersebut. Karena itulah, itu bisa bermain ini, kamu harus jago bersembunyi dan berlari dengan cepat agar tidak kalah dengan berlari dengan yang jaga saat harus menyentuh tempat berjaga.

Nah, itu tadi beberapa permainan anak-anak seru yang pasti juga bisa bikin tubuh kamu sehat. Bagaimana tidak, permainan ini juga akan memaksamu memanfaatkan kemampuan fisik kamu. Jadi, permainan mana yang menjadi favoritmu?

Written by Tetalogi

Leave a Reply

Tersemprot Air

9 Pose Konyol Saat Lagi Foto

12 Kata Ini Sering Banget Kita Salah Ucapkan!