in

Mengenang Perjalanan Karir Johny Indo, dari Penjahat Jalanan hingga jadi Aktor Terkenal

Kepergian sosok Johny Indo membuat dunia perfilman tanah air berduka. Pria berusia 72 tahun itu, dikabarkan meninggal dunia pada Minggu (26/1/2020) dini hari. Dilansir dari Liputan.6.com (26/01/2020), salah seorang cucunya yang bernama Santa mengungkapkan bahwa sang kakek sempat mengalami sesak napas sebelum tutup usia.

Di era 80-an, namanya begitu dikenal lewat perannya sebagai aktor film papan atas nasional. Sederet nama besar pernah beradu akting dengan dirinya, seperti aktor Mathias Muchus dan aktris Suzanna. Jauh sebelum menjadi artis, Johny juga lekat dengan dunia hitam sebagai kriminal kelas kakap. Selengkapnya, simak ulasan di bawah berikut ini.

Sosok yang pernah merampok total 16 kilogram emas

Ilustrasi toko emas [sumber gambar]
Nama Johny Indo sempat menggegerkan Indonesia karena terlibat aksi perampokan yang luar biasa untuk ukuran saat itu. Lewat kelompok Pachinko alias Pasukan China Kota, ia memimpin gerombolannya untuk merampok toko emas. Aksinya itu dilakukan pertama kali pada 20 September 1977 hingga awal 1979. Total, ada 16 kg emas yang dirampok Johny bersama komplotannya selama kurun waktu tersebut, yang dikutip dari Tirto.id (06/01/2017)

Berhasil melarikan diri dari ketatnya penjagaan penjara Nusa Kambangan

Meski kerap lolos dari kejaran aparat, Johny pun kena batunya. Dilansir dari Tirto.id (06/01/2017), ia berhasil ditangkap polisi pada 26 April 1979 dan dijatuhi hukuman 14 tahun penjara. Saat dijebloskan ke Nusa Kambangan, pria kelahiran 6 November 1948 itu sempat kabur dari sana. Kisahnya melarikan diri inilah yang kemudian menjadi jalannya untuk terjun sebagai aktor film.

Kisah melarikan diri dari LP Nusakambangan diangkat ke layar lebar

Johny Indo dan Matias Muchus dalam film Johny Indo, Kisah Nyata Seorang Narapidana [sumber gambar]

Upaya Johny Indo melarikan diri dari LP Nusa Kambangan rupa-rupanya mendapat pemberitaan sensasional. Dari situ, kisahnya kemudian diangkat ke layar lebar bertajuk Johny Indo, Kisah Nyata Seorang Narapidana (1987). Bersama aktor Mathias Muchus, Johny untuk pertama kalinya merasakan dunia akting di film yang mengisahkan aksinya di masa lalu.

Terjun sebagai aktor dan membintangi berbagai film bioskop

Johny Indo semasa mudanya [sumber gambar]
Meski sempat terjerumus ke lembah hitam, siapa sangka jika hal tersebut justru menjadi jalan bagi Johny untuk menapaki karier baru sebagai aktor film. Setelah membintangi Kisah Nyata Seorang Narapidana (1987), ia kemudian bermain pada film Badai Jalanan (1989), Misteri Cinta (1989), hingga tiga film di tahun 1991, yakni Ajian Ratu Laut Kidul, Misteri Ronggeng, dan Daerah Jagoan.

Pilih muallaf dan sempat menunaikan ibadah haji

Johny Indo dalam sebuah kesempatan [sumber gambar]
Siapa sangka jika pria bernama asli Johanes Hubertus Eijkenboom ini ternyata pernah menjadi seorang muallaf dan memeluk agama Islam. Sebelumnya, Johny merupakan pemeluk Nasrani yang taat. Ia pun berganti nama menjadi Umar Billah dan sempat menunaikan ibadah haji pada tahun 2000. Hingga pada pada Minggu (26/1/2020), sang aktor legendaris dikabarkan telah meninggal dunia pada usia 72 tahun.

BACA JUGA: Hits di Tahun 90an, Begini Kiprah Ria Irawan dalam Dunia Hiburan Tanah Air

Sosok aktor legendaris itu kini telah tiada. Meski demikian, nama Johny Indo akan selalu diingat oleh masyarakat Indonesia. Terutama oleh mereka yang besar dan melewati masa remaja di era 80-an, yang menjadi saksi zaman keemasan dunia film yang membuat nama Johny Indo melambung. Selamat jalan Johny Indo.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Misteri di Balik Desa di Sleman yang Melarang Warganya Tidur di Atas Kasur

10 Potret Penduduk Cina yang Takut dan Ketar-ketir Akan Wabah Virus Corona