Mengenang masa lalu tak bisa dilakukan oleh semua orang, apalagi yang pahit dan menyakitkan hati. Namun, masa lalu seperti itulah yang bisa membuat seseorang tegar dan kuat dalam menjalani hari demi harinya. Meski saat ini sudah serba berkecukupan, punya banyak bisnis, bahkan terlihat sangat bahagia, banyak orang yang dulunya ternyata tak punya apa-apa.

Salah satu kisah hidup yang mungkin bisa menginspirasi ini adalah perjalanan Anang Hermansyah. Untuk saat ini, Anang dikenal sebagai salah satu musisi yang punya karier bagus plus kehidupan super bahagia. Tak banyak yang tau kalau kehidupan masa lalunya 360 derajat berbeda dengan saat ini. Untuk lebih lengkapnya, simak dalam ulasan berikut ini ya!

Jungkir balik di dunia band

Anang Hermansyah [sumber gambar]
Nama Anang Hermansyah bisa dikatakan cukup legend di dunia permusikan Indonesia. Sejak kuliah di Bandung, Anang tergabung dalam sebuah sanggar milik Doel Sumbang. Setelah itu, ia lanjut mengejar mimpinya ke Jakarta. Di Ibu Kota, Anang sangat dekat dengan anak-anak tongkrongan gang Potlot, markas Slank lewat perkenalannya dengan Pay Siburian. Tak lama setelahnya, ia kemudian masuk ke dalam band Kidnap. Beberapa tahun kemudian, Anang memilih untuk bersolo karier dan mengeluarkan dua album. Setelahnya, ia menikah dengan Krisdayanti dan menyanyikan banyak lagu duet.

Pernikahan yang kandas pada tahun 2009

Anang dan Krisdayanti [sumber gambar]
Meski menjadi dua orang yang sangat diidolakan, rumah tangga Anang dan Krisdayanti harus kandas setelah 13 tahun menikah. Keduanya bercerai pada 2009 lalu, dengan isu orang ketiga. Sejak saat itu, Anang mungkin terpukul dan sedih, namun hal itu tak membuatnya berhenti berkarya. Dirinya sempat hits dengan membawakan duet ‘jangan memilih aku’ bersama Syahrini. Ya, meskipun keduanya tak berakhir dengan serius.

Hidup di ruko setelah bercerai dengan Krisdayanti

Setelah bercerai dengan Krisdayanti, kehidupan Anang dan anak-anaknya bisa dikatakan cukup sulit. Bersama dengan Aurel dan Azriel, Anang tinggal di ruko yang sangat sederhana. Hal itu diungkap melalui video “QnA w/ Pipi l SISI LAIN MASA LALU DI RUKU YANG KALIAN BELUM TAHU” di YouTube keluarga Asix. Aurel juga mengatakan kalau saat sahur, mereka bertiga hanya makan mie instan saja. Anang juga mengungkap fakta lain kalau mereka pernah tidur bersama tikus –yang saat itu berjalan di atas rambut Aurel. Hanya saja, Anang tak membangunkan putrinya karena tak ingin Aurel ketakutan.

Menikah dengan Ashanty pada 2012

Anang dan Ashanty menikah [sumber gambar]
12 Mei 2012, Anang dan Ashanty menikah. Namun bukan berarti keduanya langsung hidup dengan baik. Ashanty juga merasakan tinggal di ruko sempit selama satu tahun. Ashanty mengungkap bahwa kehidupan di ruko sempat membuatnya keguguran hingga memutuskan untuk cerai dari Anang. Namun, berkat kesabaran dan perjuangan mereka, kini keduanya hidup bahagia dan damai bersama dengan empat orang anak mereka.

Melenggang ke senayan

Anang menjadi DPR [sumber gambar]
Pada tahun 2014 lalu, Anang mencoba peruntungannya ke senayan sebagai DPR RI, ternyata ia berhasil meraih banyak suara yang memuluskan jalannya, termasuk di tanah kelahirannya, Jember. Selama menjabat sebagai komisi X, nama Anang Hermansyah sempat santer dibicarakan karena RUU permusikan yang ia ajukan pada Februari 2019 lalu, dan disebut sebagai kontroversi. Ada puluhan bahkan ratusan musisi yang tak setuju dengan RUU tersebut. Akhirnya, Anang resmi mencabut RUU Permusikan tersebut pada Maret 2019.

Punya bisnis menggurita

Selain dikenal sebagai musisi dan politisi, Anang juga terkenal dengan bisnis yang ia bangun. Bersama dengan Ashanty, keluarga ini punya karaoke (Anang Family), usaha kuliner (Dapur Asix), kue kekinian, bisnis kosmetik Ashanty dan Aurel, Ashanty Beauty Softlens, serta jus sehat. Penghasilan ini belum lagi ditambah job on- air dan off-air keduanya, serta kanal YouTube keluarga yang juga sudah punya jutaan subscriber. Gak heran kalau Anang dan Ashanty berhasil membangun istana mereka sendiri.

BACA JUGA: Masih Bersitegang, Begini Beda Perjalanan Karier Bermusik Jerinx SID dan Anang Hermansyah

Sekarang mungkin kalian melihat Anang sebagai musisi dan pebisnis sukses. Ya, semua itu dibangun di atas keringat dan usaha yang tak main-main. Bahkan, sebelum namanya bersinar seperti sekarang, Anang pernah berada di titik yang bahkan ia sendiri mungkin sempat putus asa.