in

7 Peristiwa Paling Misterius Di Dunia

Meskipun perkembangan peradaban kita sudah sedemikian maju, tapi masih ada banyak hal yang belum kita ketahui dengan pasti. Misalnya saja apa yang ada di dalam lautan sana atau bagaimana kemungkinan manusia untuk bisa tinggal di planet lain. Hal yang sama juga kita rasakan ketika menelusuri 7 peristiwa misterius ini.

Hingga detik ini tidak satu pun manusia yang berhasil menjelaskan alasan dan juga cara bagaimana peristiwa tersebut terjadi. Alhasil, kita hanya bisa menikmati misterinya saja tanpa tahu kapan semua pertanyaan tersebut akan terjawab. Nah, berikut adalah deretan peristiwa misterius yang belum terpecahkan hingga sekarang.

1. Kru Kapal Ourang Medan Mati dengan Ekspresi Muka Ketakutan

Dilihat dari namanya, peristiwa ini terjadi di sekitar Indonesia. Kenyataan memang begitu, namun bukan itu yang akan dibahas kali ini. Pada tahun 1947 Kapal Ourang Medan ditemukan karam dengan kondisi semua penghuni kapal meninggal lantaran suatu hal yang hingga kini masih jadi misteri.

Kapal Ourang Medan [Image Source]
Kapal Ourang Medan [Image Source]
Sebelumnya, kapal ini diketahui mengirimkan sebuah pesan S.O.S yang diterima beberapa kapal lain di daerah perairan Malaka. Ada dua pesan yang dikirim salah seorang anak buah kapal, pertama memberi tahu jika hampir seluruh penumpang kapal mati, serta pesan kedua yang kalau diartikan adalah ‘I die‘.

Pesan ini kemudian direspon dengan cepat, namun ketika ditemukan semua kru telah tewas dengan kondisi yang mengerikan. Tak ada darah atau tanda-tanda kekerasan, tapi hampir semuanya menunjukkan ekspresi muka ketakutan, seperti mata melotot dan juga mulut menganga.

Kemudian untuk mengetahui apa yang terjadi sebenarnya, Kapal Ourang Medan pun ditarik ke tepian oleh sebuah kapal besar bernama Silver Star. Namun dalam usahanya menuju bibir pantai, tiba-tiba saja bagian dek belakang Ourang Medan terbakar dan kemudian meledak. Tanpa diketahui penyebabnya, kapal ini pun berangsur tenggelam bersama semua misteri yang menyelimutinya.

2. Fenomena Tubuh Terbakar Secara Spontan

Bagaimana bisa seseorang terbakar dengan sendirinya? Selain Human Torch-nya Fantastic Four tentu hal ini tidak akan mungkin terjadi. Namun peristiwa tubuh terbakar dengan sendirinya ini sangat nyata walaupun alasannya sendiri tidak pernah diketahui.

Salah satu bukti kejadian misterius tubuh terbakar sendiri [Image Source]
Salah satu bukti kejadian misterius tubuh terbakar sendiri [Image Source]
Pada bulan Desember tahun 1966 ditemukan seorang pria yang diyakini bernama John Irving Bentley terbakar hebat dengan sendirinya. Uniknya, hampir semua bagian tubuhnya menjadi abu kecuali kaki kanannya yang masih utuh dan segar.

Pada tahun 1980, sebuah kejadian yang sama juga dialami oleh pria tua bernama Henry Thomas yang terbakar dengan sendirinya dan hanya menyisakan dua kaki yang masih utuh.

Para dokter dan ilmuwan pun dibuat bingung dengan keadaan ini. Hingga akhirnya mereka berkesimpulan jika seseorang yang meminum alkohol, merokok atau keduanya sekaligus bisa mengalami kejadian buruk ini. Hal ini didasarkan dari fakta kalau semua korban ternyata adalah pecandu alkohol dan perokok berat.

Terdengar sangat mustahil memang, tapi beberapa orang mengalami paranoid ketika berhadapan dengan rokok dan alkohol setelah mengetahui kenyataan yang masih belum bisa dijelaskan dengan pasti ini.

3. Hujan Gumpalan Misterius

Pada bulan Agustus tahun 1994 di sebuah peternakan dekat Oakville, Washington, pernah terjadi fenomena unik dan misterius berupa hujan gumpalan bening dalam jumlah yang cukup banyak. Penasaran dengan apa yang terjadi, si pemilik peternakan bernama Sunny Barclift pun mengeksplorasi gumpalan ini dan tiba-tiba mengalami pusing hebat dan harus dilarikan ke rumah sakit.

Gumpalan misterius yang  tak diketahui asalnya [Image Source]
Gumpalan misterius yang tak diketahui asalnya [Image Source]
Bahkan yang lebih mengejutkan adalah kucing Sunny yang tiba-tiba mati setelah melakukan kontak dengan gumpalan misterius ini. Makin penasaran dengan apa yang terjadi, Sunny pun membawa gumpalan ini ke lab untuk diteliti.

Ternyata benda misterius tersebut mempunyai struktur yang sama dengan sel darah putih manusia, tapi tidak punya inti sel atau yang disebut nukleus. Gumpalan ini pun menjadi tanda tanya besar, entah jenisnya lebih-lebih penyebab jatuhnya.

4. Bunuh Diri Massal Para Hewan

Fenomena ini juga jadi peristiwa paling misterius yang belum bisa dipecahkan hingga saat ini. Mulai dari terdamparnya puluhan paus, lumba-lumba dan singa laut, hingga ribuan burung-burung yang mati bergeletakan di jalan-jalan. Ada beberapa kesimpulan yang diambil para ilmuwan dari peristiwa langka ini.

Bunuh diri massal yang dilakukan binatang tanpa sebab yang pasti [Image Source]
Bunuh diri massal yang dilakukan binatang tanpa sebab yang pasti [Image Source]
Pertama adalah penyakit menular mematikan yang dialami hewan-hewan ini. Karena hidup bergerombol, wabah tersebut jadi cepat menyebar dan membuat semua yang terinfeksi mati mendadak. Alasan berikutnya lantaran kondisi lingkungan yang tidak alami lagi, serta polusi parah baik di air maupun udara yang membuat hewan-hewan ini tidak bisa bertahan dan akhirnya mati.

5. Marie Celeste, Legenda Kapal Hantu Paling Fenomenal

Marie Celeste adalah sebuah kapal barang yang ditemukan tak berpenghuni di dekat pulau Azore pada bulan Desember 1871. Kapal ini berisi berbagai muatan berharga termasuk banyak sekali alkohol yang dimuat di tong-tong kayu.

Ilustrasi kapal Marie Celeste [Image Source]
Ilustrasi kapal Marie Celeste [Image Source]
Uniknya, ketika ditemukan sama sekali tidak ada mayat atau pun jejak para penumpangnya. Begitu juga dengan lifeboat yang tidak ditemukan di mana pun. Nelayan dan juga kapal lain pun tidak pernah melihat skoci yang ditumpangi para kru Marie Celeste.

Hal ini pun membuat banyak orang jadi mulai berpikir aneh-aneh. Yang paling populer tentu anggapan jika Marie Celeste adalah kapal hantu yang mengutuk para krunya dengan cara melenyapkannya mereka hingga hilang tak berbekas.

6. Fenomena Katak di Dalam Batu

Membaca sub judul ini pasti membuatmu bertanya-tanya. Bagaimana para katak ini bisa masuk ke dalam batu dan kenapa masih segar bugar ketika dikeluarkan? Pertanyaanmu mewakili jutaan orang lain yang juga terheran-heran dengan fenomena ajaib ini.

Bagaimana katak bisa berada di dalam batu? Tidak ada yang tahu [Image Source]
Bagaimana katak bisa berada di dalam batu? Tidak ada yang tahu [Image Source]
Kejadian unik ini diawali di tahun 1800an ketika seseorang menemukan sebuah batu yang ketika dipecah ada seekor katak di dalamnya dengan kondisi masih hidup. Kemudian Benjamin Franklin juga mengatakan kalau ia menemukan empat ekor katak di dalam sebuah batu kapur.

Untuk mencari tahu misteri tentang hewan reptil ini, kemudian para peneliti melakukan percobaan. Dengan mengondisikan katak sama seperti di dalam sebuah batu hasilnya benar-benar berbeda. Si obyek penelitian ini tidak bertahan lama dan mati dalam waktu yang cepat. Hal ini pun makin menambah misteri katak dalam batu tersebut. Entah bagaimana cara mereka masuk dan bertahan hidup di dalamnya masih belum ada yang tahu.

7. Misteri Lenyapnya Pesawat Malaysia MH-370

Dunia penerbangan dibikin kaget dengan hilangnya pesawat Malaysia dengan nomor penerbangan MH-370 pada bulan Agustus tahun 2014 yang lalu. Rencananya, pesawat ini akan menuju Beijing setelah lepas landas dari bandara internasional Kuala Lumpur.

Pesawat Malaysia MH-370 [Image Source]
Pesawat Malaysia MH-370 [Image Source]
Awalnya semua normal, namun satu jam setelah take off pesawat ini menghilang dari radar ketika melintasi Laut China Selatan. Petugas otoritas setempat pun langsung berusaha melakukan pencarian di sekitar laut perbatasan beberapa negara ini namun tidak membuahkan hasil. Tidak ada secuil pun puing pesawat yang ditemukan membuat asumsi MH-370 jatuh jadi diragukan.

Ada juga yang menganggap jika pesawat ini dibajak dan kemudian diterbangkan ke suatu tempat. Tidak ada bukti maupun fakta lain membuat hilangnya MH-370 menjadi salah satu misteri terbesar dunia yang belum bisa dipecahkan.

Mungkin saat ini deretan misteri tersebut belum terpecahkan. Namun, tidak menutup kemungkinan jika nantinya bakal berkembang teknologi yang bisa membantu kita mengungkap peristiwa misterius ini. Siap-siap terkejut dengan banyak sekali fakta mencengangkan nantinya.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

7 Kisah Pembunuh Mengerikan yang Menginspirasi Film Horor!

7 Kebiasaan Jorok yang Ternyata Baik Untuk Kesehatan!