in

Rumahmu Termasuk Rawan Gempa atau Tidak? Yuk Periksa dengan Cara Ini

Beberapa gempa yang terjadi di Indonesia, membuat seluruh masyarakat khawatir. Ya bagaimana tidak, penduduk takut apabila tiba-tiba saja rumahnya juga terdampak bencana gempa atau tsunami misalnya. Apalagi kondisi saat ini tidak adanya alat pendeteksi tsunami dan juga gempa tak bisa untuk diperkirakan jauh sebelumnya.

Mungkin Sahabat Boombastis juga merasakan hal yang sama. Namun untuk saat ini, kita tidak perlu khawatir lagi nih. Alasannya karena sudah ada fasilitas untuk mengetahui apakah rumah kita terdampak gempa atau tidak. Adalah dengan klik situs web magma.vsi.esdm.go.id.

Gempa Donggala membawa kekhawatiran [Sumber Gambar]
Situs yang dikelola oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ini memudahkan kita untuk mengetahui kerawanan bencana dari semua wilayah di Indonesia. Di mana pun kalian berada, situs tersebut tetap akan memberikan info yang sebenar-benarnya Sahabat Boombastis. Sehingga kalian juga bisa menambah pengetahuan terkait daerah mana saja yang rawan gempa atau tidak. Nah, cara menggunakannya adalah seperti di bawah ini.

Tampilan situs [Sumber Gambar]

Pertama-tama, kalian buka situs dengan alamat magma.vsi.esdm.go.id melalui smartphone atau pun via desktop. Nah, kalau kalian sudah membuka situs tersebut, maka akan terlihat sebuah halaman dengan peta Indonesia. Di peta tersebut terdapat sejumlah ikon seperti gunung, longsoran tanah dan juga lingkaran merah. Ikon-ikon tersebut mempunyai arti tersendiri Sahabat Boombastis.

Penjelasan dari ikon gunung [Sumber Gambar]
Pada bagian awal, kita bahas dulu ikon gunungnya ya. Jika kalian perhatikan lebih teliti lagi, warna dari gunung terlihat berbeda-beda. Ada warna hijau, kuning, jingga dan juga merah. Untuk warna hijau memiliki arti jika gunung tersebut berada dalam kondisi aman atau level I. Kemudian untuk warna kuning menandakan gunung dengan tingkat aktivitas II yang berarti waspada. Selanjutnya warna jingga berarti gunung sedang dalam level III yaitu siaga. Terakhir warna merah yang menandakan gunung berada di level IV atau awas.

Informasi dari ikon tanah longsor [Sumber Gambar]
Kemudian, untuk ikon longsoran tanah yang berwarna coklat, jika diklik akan menghasilkan suatu informasi. Informasinya berupa lokasi dan waktu kejadian tanah longsor, tipe dan juga dampak gerakan tanah. Lalu dilengkapi juga dengan kondisi daerah bencana, faktor penyebab tanah longsor dan saran untuk warga yang tinggal di daerah rawan terjadi tanah longsor tersebut.

Informasi daerah gempa [Sumber Gambar]
Untuk poin ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara mengetahui apakah rumah rawan terdampak gempa atau tidak. Caranya adalah dengan klik ikon bulat berwarna putih yang di dalamnya terdapat huruf “i”. Jika sudah diklik, Sahabat Boombastis akan mendapatkan beragam informasi tentang daerah tersebut. Mulai dari gempa bumi, tsunami, gerakan tanah atau likuifaksi. Dengan begitu, kalian akan lebih waspada lagi terhadap bencana yang mungkin bisa terjadi sewaktu-waktu.

Bagaimana, cukup mudah kan untuk memeriksa apakah tempat tinggal kalian rawan terkena gempa atau tidak? Nah, mungkin situs web ini bisa jadi pedoman bagi kalian semua untuk lebih waspada lagi terhadap bencana. Ya meskipun yang disediakan informasinya baru kota-kota besar saja, tapi setidaknya itu bisa membantu kalian. Semoga artikel ini berguna dan jangan lupa sebarkan kepada kerabat kalian ya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Jarang Terdengar Kabarnya, Begini 10 Potret Terkini Alexa Key yang Sudah Sah Jadi Istri Orang

Ingin Lebih Dekat, 5 Alasan Ini Bikin Israel Ngebet Buka Hubungan Diplomatik dengan RI