in

7 Kisah Percintaan ‘Poliamori’ Paling Kontroversial di Dunia

Kisah Cinta Kontroversial_FI

Poliamori mungkin jadi kosa kata yang jarang sekali kamu dengar, tapi dalam praktiknya hampir semua orang mengetahuinya. Poliamori berasal dari ‘Poly’ yang artinya banyak dan ‘Amor’ yang berarti cinta. Yup, banyak cinta adalah arti secara etimologinya. Sedangkan secara harfiah istilah ini merujuk kepada perilaku romantisme manusia yang ditujukan kepada lebih dari satu orang. Poliamori tak selalu kepada lawan jenis dan tidak pula ditandai dengan adanya pernikahan.

Nah, kasus poliamori ini makin banyak saja seiring berjalannya waktu. Malah kadang tidak lagi memandang batasan dan juga aturan. Ada setidaknya 7 kisah poliamori yang tercatat pernah bikin kontroversi fenomenal di seantero dunia. Berikut ulasannya.

1. 3 Pria Thailand Menikah Satu Sama Lain

Valentine tahun ini digemparkan oleh pemberitaan menikahnya 3 orang pria asal Thailand bernama Joke, Bell dan Art. Ya, jika 2 orang pria menikah saja sudah cukup bikin kontroversi, bagaimana dengan 3 orang sekaligus? Tentunya sangat mencengangkan. Cinta adalah alasan kuat kenapa mereka sampai melakukan poliamori yang super aneh dan tidak umum ini.

Jika dua pria menikah saja cukup bikin sensasi, bagaimana dengan 3? [Image Source]
Jika dua pria menikah saja cukup bikin sensasi, bagaimana dengan 3? [Image Source]
Kisah yang membingungkan banyak orang ini dimulai dari Joke dan Art yang sudah lebih dulu menjalin asmara bertemu dengan ball dalam sebuah pesta. Keramahan kedua orang ini membuat Ball terpikat dan singkat cerita ia menerima tawaran keduanya untuk menikah.

Thailand sendiri bukanlah negara yang memperbolehkan pernikahan sejenis. Alhasil, ketiganya meresmikan hubungan tersebut secara simbolis saja. Peristiwa ini juga jadi yang pertama dan satu-satunya di dunia.

2. Kembar Menikahi Pria yang Sama

Sudah menjadi rahasia umum kalau pasangan kembar selalu punya intuisi yang kuat satu sama lain. Sehingga tak heran kalau mereka sangat perhatian kepada saudaranya dan biasanya berbagi apa pun. Mulai dari alat make up, baju, mobil, dan berbagai pernik lain. Meskipun kembar dan suka berbagi, belum ada kasus pasangan kembar yang sampai berbagi pasangan, kecuali di FTV atau film-film. Tapi, kini hal tersebut sudah bukan imajinasi ngawur saja.

Pasangan kembar ini berbagi segalanya, termasuk kekasih [Image Source]
Pasangan kembar ini berbagi segalanya, termasuk kekasih [Image Source]
Anna dan Lucy DeCingue, mereka kembar dan membagi cinta untuk seorang pria yang sama. Bahkan kini mereka hidup bertiga dalam satu rumah. Tak cukup dengan itu, pasangan kembar ini melakukan operasi plastik agar penampilan satu sama lain persis sama dengan maksud yang takkan diketahui oleh siapa pun kecuali mereka sendiri.

Tentu saja ini adalah hal yang aneh. Mengingat Anna dan Lucy adalah saudara kandung, tidak ada ceritanya mereka bisa punya suami yang sama.

3. Pria Menikah Dengan Dua Wanita Penyuka Sesama Jenis

Meskipun mengaku penyuka sesama jenis, wanita bernama Melinda dan Dani Phoenix ini akhirnya mengakui kalau mereka sebenarnya membutuhkan sosok seorang pria. Sekilas mungkin tampak biasa, namun keduanya mengatakan kalau mereka membutuhkan satu orang pria saja. Istilah populernya sepiring untuk berdua dengan menganalogikan si pria sebagai piringnya.

Mungkin ini salah satu implementasi nyata untuk istilah 'sepiring berdua' [Image Source]
Mungkin ini salah satu implementasi nyata untuk istilah ‘sepiring berdua’ [Image Source]
Tentu saja ini adalah ide yang gila. Namun, siapa yang menyangka jika pada akhirnya mereka benar-benar mendapatkan seorang pria. Laki-laki ini bernama Jonathan Stein yang ditemui keduanya dalam sebuah kelas seni di universitas tempat mereka belajar.

Singkat cerita, Melinda dan Dani menyatakan cinta mereka dan menawarkan Stein untuk masuk dalam lingkaran cinta rumit itu. Tanpa berpikir panjang pria ini pun menyetujuinya. Mereka bertiga pun akhirnya memulai petualangan cinta membingungkan tersebut hingga akhirnya kedua wanita itu hamil dan sebentar lagi akan melahirkan.

4. Pria Los Angeles Mencari Satu Wanita Lagi Sebagai Istri

Pria asal Los Angeles ini mungkin akan membuat iri banyak laki-laki di dunia. Bagaimana tidak, ia diperebutkan oleh dua wanita sekaligus yang bisa dibilang sangat cantik. Jika pria normal mungkin hanya memilih yang terbaik, laki-laki bernama Adam Lyons ini justru menerima keduanya sekaligus. Dengan dalih memiliki cinta yang sama untuk keduanya.

Sudah punya dua, pria ini masih diijinkan untuk 'nambah' lagi [Image Source]
Sudah punya dua, pria ini masih diijinkan untuk ‘nambah’ lagi [Image Source]
Tak banyak wanita yang mau cinta kekasihnya terbagi, namun bagi wanita bernama Brooke Shedd dan Jane Shalakova tersebut, hal ini sudah menjadi risiko. Pada akhirnya mereka hidup bersama dan bahagia. Ditambah lagi ada dua orang putra yang menghiasi rumah mereka. Potret keluarga yang cukup bahagia walaupun akan membuat banyak orang mengernyitkan dahi. Apalagi di Amerika hal seperti ini sangat jarang terjadi.

Apakah ceritanya berhenti sampai sini? Ternyata tidak. Lyons mengatakan ia masih membuka kesempatan bagi satu atau dua wanita lagi untuk bergabung dengan keluarga besarnya. Kerennya, kedua pendampingnya tersebut juga mendukung keputusan Lyons.

5. 3 Orang Wanita Mengikat Janji Pernikahan

Jika pasangan Ball, Art dan Joke tadi sukses membuatmu geleng-geleng kepala, maka yang satu ini juga tak kalah heboh. Kasusnya sama persis, hanya saja pelakunya adalah para wanita. Mereka adalah Kitten, Brynn dan Doll Young. Pasangan cinta segitiga ini menikah pada Agustus 2013 lalu dan sukses menjadi headline di berbagai media.

Tak mau kalah dengan 3 pria Thailand, 3 orang wanita ini pun juga melangsungkan pernikahan [Image Source]
Tak mau kalah dengan 3 pria Thailand, 3 orang wanita ini pun juga melangsungkan pernikahan [Image Source]
Meskipun pernikahan sesama jenis sudah legal di Amerika serikat, namun masih belum ada undang-undang tentang hubungan tiga orang seperti ini. Lagipula soal LGBT baru disahkan beberapa waktu yang lalu. Sehingga tidak heran kalau pernikahan ini bikin banyak orang bertanya-tanya. Otoritas setempat pun juga dibikin bingung dan sempat menyarankan kepada mereka untuk tidak meneruskan perkawinan ruwet tersebut.

Kabar terakhir dari pasangan nyeleneh ini adalah mereka tengah menunggu anak pertama yang tengah dikandung Kitten. Entah bagaimana bingungnya sang anak ini ketika makin tumbuh dewasa dan mengetahui ia memiliki tiga ibu sekaligus.

6. Poliamori Berbatas Waktu

Fenomena poliamori sendiri mungkin sudah aneh, sekarang malah makin absurd ketika sebagian orang melakukan hal tersebut hanya di waktu-waktu tertentu saja. Seperti yang dilakukan oleh pasangan kasmaran bernama Billy dan juga Melissa Holder ini.

Inilah acara weekend Billy, Melissa Holder dan juga Jeremy Mullins [Image Source]
Inilah acara weekend Billy, Melissa Holder dan juga Jeremy Mullins [Image Source]
Pada setiap akhir pekan mereka akan bertemu dengan Jeremy Mullins dan bersenang-senang bertiga. Pasangan ini mengaku mencintai Jeremy Mullins lebih dari apa pun. Bahkan Billy yang notabene adalah pria, juga mengaku punya kedekatan emosional dengan Jeremy.

Tak hanya menikmati kesenangan ini sendiri, mereka bertiga juga gencar sekali mempromosikan Poly Weekend dan cukup berhasil menarik pasangan yang lain. Dalam aksinya, mereka sering mengatakan jika keterbukaan dalam hubungan seperti ini akan membawa dampak yang bagus. Misi dari promosi ini sendiri untuk menghapuskan konotasi negatif poliamori.

7. Cinta Segi Lima dari Empat Orang

Keterbukaan dalam hubungan sih boleh-boleh saja malah dianjurkan, tapi kalau tujuannya ingin menyampaikan hasrat dengan orang lain tentu hal tersebut justru melukai pasangan. Jika biasanya pasangan normal akan merasakan hal seperti itu, maka tidak begitu halnya dengan empat orang ini.

Dari pojok kiri atas Sarah, Chris, Charlie, danTom. Kisah cinta segi lima yang lebih ruwet dari drama mana pun [Image Source]
Dari pojok kiri atas Sarah, Chris, Charlie, danTom. Kisah cinta segi lima yang lebih ruwet dari drama mana pun [Image Source]
Ya, keempat orang ini begitu terbuka soal hubungan. Bahkan tidak segan-segan mengungkapkan ketertarikan satu sama lain. Alhasil, muncul lah cinta segi lima yang membuat siapa pun akan bingung setengah mati untuk mendapatkan penjelasannya. Nah, jika dibuat menjadi diagram, berikut adalah skemanya.

Charlie (wanita)  dan Tom adalah pasangan yang sudah menikah, tapi satu tahun kemudian sang suami mengatakan ia tertarik dengan seorang wanita bernama Sarah. Nah, Sarah sendiri ternyata sudah punya seorang suami bernama Chris. Awalnya mungkin sulit bagi Charlie dan Chris, tapi seiring berjalannya waktu keduanya malah jatuh cinta. Makin unik lagi ketika Charlie juga tertarik dengan Sarah.

Apakah Tom dan Chris juga jatuh cinta? Untungnya tidak, mereka mengaku tidak tertarik menjalin hubungan dengan pria. Jadi dalam hubungan ini keduanya hanya sebatas partner saja. Kisah cinta yang cukup mengejutkan, bukan?

Ah, tidak tahu apa lagi yang harus dikatakan tentang deretan kisah ini. Makin tua dunia, makin banyak saja orang-orang yang ngawur. Untungnya kita tinggal di negara yang aturan soal moral dan etikanya masih kuat. Entah bagaimana jika Indonesia sebebas negara-negara barat. Mungkin saja deretan kasus di atas akan jadi sesuatu yang lazim di sini. Kisah di atas jadi bukti kuat kalau kebebasan yang tidak dikontrol akan membawa dampak yang buruk.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Berani ke Korea Utara? Kunjungi 7 Tempat Wisata Mengagumkan Tapi Seram Ini!

4 Obat Mujarab untuk Permasalahan Hidup Manusia