in

4 Hal Ini Menjadi Alasan Mengapa Orang Indonesia Masih Percaya Paranormal dan Hal Mistis

Belakangan ini sangat marak sekali berbagai acara yang menghadirkan peramal, menerawang hal mistis, melihat masa depan, serta mengatasnamakan diri mereka sebagai paranormal. Sebagaimana kita tahu kalau Indonesia itu memang gudangnya hal-hal mistis dan berbau klenik. Tak bisa dipungkiri jika hal tersebut sudah menjadi bagian dai budaya turun temurun yang tak pernah mati.

Tapi pernahkah Saboom semua bertanya mengapa orang Indonesia itu masih percaya dengan hal-hal seperti itu? Jika belum mengetahui, kali ini Boombastis akan mengulas berbagai alasan yang menjadi patokan dan dalil mengapa hal mistis di Indonesia itu masih sangat kental. Simak dalam uraiannya berikut ya!

Kepercayaan nenek moyang yang sudah menjadi warisan

Kepercayaan nenek moyang [Sumber gambar]
Sebelum kita membahas hal yang berkaitan dengan paranormal, mari kita bahas hal yang berkaitan dengan mistis terlebih dahulu. Orang Indonesia gampang sekali percaya akan hal yang berbau mistis, keramat, punya kekuatan magis, serta hal yang tak bisa dijelaskan dengan sains. Nah, hal ini terjadi tak lain karena kepercayaan tersebut sudah menjadi warisan yang seolah terus dijaga dan dipercayai oleh keturunan mereka. Dengan begitu, segala aktivitas atau hal keramat yang dilakukan oleh orang zaman dahulu juga menjadi tradisi di zaman modern seperti sekarang ini.

Sebagai perisai untuk mengendalikan situasi dan rasa cemas

Roy Kiyoshi [Sumber gambar]

Fyi, menurut sains, manusia memang selalu suka mempertanyakan setiap sesuatu yang terjadi dalam kehidupan mereka. Karena, otak manusia memang di desain untuk mencari jawaban di balik sebuah peristiwa. Kepercayaan pada paranormal ini adalah sebagai perisai untuk melindungi diri saat terjadi hal-hal yang tak diinginkan seperti kematian, terkena bencana, kehilangan pekerjaan, atau hal lain semacam itu. Saat seseorang tak bisa mengendalikan sesuatu, maka ia akan mengaitkan hal tersebut dengan hal sekitar mereka.

Merasa masih ingin dikontrol oleh orang lain

Ilustrasi santet [Sumber gambar]
Karena masih ada paranormal dan hal yang berbau mistis di dunia ini orang jadi punya tempat sebagai pengontrol dan penyeesai masalah orang lain. Sebut saja seperti orang yang ingin cepat mendapat kekayaan dengan mengadakan ritual-ritual yang katanya harus memberi sesembahan kepada dukun serta orang pintar. Padahal, tanpa paranormal pun segala sesuatunya bisa dicapai dengan diri mereka sendiri, ingin kaya misalnya maka bekerja keras bisa menjadi solusi. Contoh kasus lain adalah ilmu pelet untuk mendapatkan kembali seorang wanita setelah putus cinta. Kenyataannya, jika mau bisa mencari wanita lain tanpa harus dikontrol oleh orang lain.

Manusia banyak menginginkan hal instan yang serba cepat

Dimas Kanjeng [Sumber gambar]
Poin terakhir ini memang merupakan ciri identik yang tak bisa dilepaskan dari orang Indonesia, serba ingin mendapat sesuatu secara instan tanpa usaha. Percaya atau tidak banyak sekali orang yang banyak keinginan namun tak mau kerja keras. Seperti contoh saja, setelah nama Dimas Kanjeng terkenal bisa menggandakan uang, semua orang datang kepadanya dan meminta baraokah, meminta amalan , atau bahkan meminta agar dirinya juga kaya raya tanpa harus capek banting tulang. Iya kan?

Bagaimana? Apakah kamu juga salah satu yang masih percaya paranormal serta hal yang berkaitan dengan sesuatu yang mistis? Sebenarnya percaya memang tak ada salahnya sih, hanya saja jangan sampai hal tersebut membuatmu juga menginginkan segala sesuatu terjadi secara instan atau malah datang kepada paranormal untuk ikut menyelesaikan masalahmu ya Saboom.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Sering Dianggap Tidak Sukses, Inilah Kabar dari Pemenang Indonesian Idol Sekarang

Jangan Panik! Lakukan 5 Cara Ini Jika Ada yang Tersedak Makanan atau Benda Asing