in

Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

Tunjangan veteran Australia tidak hanya berupa uang

Dilansir dari Departemen Veteran Affairs (DVA), rupanya Australia memberikan cara berbeda untuk memberikan penghidupan layak bagi para veteran di sana. Sebagai satu-satunya lembaga resmi yang menangani masalah para pejuang perang, DVA tidak hanya memberikan uang bagi mantan tentara melainkan tunjangan lain seperti misalnya kesehatan, pendidikan gratis bagi keluarga hingga masalah pinjam-meminjam.

veteran australia [image source]
Sepertinya pemerintah Amerika memang serius dalam mensejahterakan  garda pembela tanah air itu. Namun sayang kadang masih banyak mantan tentara yang akhirnya jadi tunawisma, bukan karena kurang tunjangan melainkan masalah internal seperti konflik keluarga, mengalami trauma perang hingga mabuk-mabukan dan masalah lainnya.

Sistem Malaysia yang hampir serupa dengan Amerika

Rupanya di Malaysia juga menggunakan sistem yang mirip dengan Amerika, penggolongan dengan status-status khusus.  Bagi mereka veteran Malaysia bisa mendapatkan sampai lebih dari 1,4 juta (RM450.00) sebagai tunjangan untuk hidup sehari-hari. Tentu hal itu bisa bisa saja bertambah atau berkurang tergantung keadaan.

veteran malaysia [image source]

Misalnya saja saat mereka punya anak yang sekolah, maka biaya pendidikan akan ditanggung oleh negara mulai dari mulai dari 300 ribuan hingga jutaan rupiah. Belum lagi masih ada tunjangan kesehatan yang bakal menanti.  Bisa dibilang tunjangan veteran Malaysia bisa lebih besar dari Indonesia jika ditotal semua.

Rupanya kalau ditengok-tengok, masalah tunjangan veteran ini sebenarnya juga dialami negara-negara lain. Namun demikian, paling tidak Indonesia akan tetap berusaha terbaik untuk mensejahterakan mereka di hari tuanya sebagai balas budi jasa. Toh, kalau bukan karena jasa mereka juga, Indonesia tidak akan merdeka.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Inilah 6 Artis Cantik Di Balik Figur ‘Setan’ yang Bikin Kamu Terkencing-Kencing, Awas Demen!

Jangan Mudah Terpesona Lihat Cewek Cantik! Karena ‘The Power Of Make Up’ Bisa Menipu, Nih Buktinya