in

Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

Nasib para mantan pejuang di Indonesia memang kadang menjadi kisah pilu tersendiri. Pasalnya ibarat bumi dan langit, ada yang benar-benar sejahtera di masa tuanya, namun ada pula yang menderita. Namun bagaimana lagi, bukannya pemerintah tidak mau berusaha, namun karena satu dan beberapa hal nasib para veteran itu jadi ada yang terlunta.

Masih soal veteran, kalau seumpama dibandingkan dengan luar negeri, apa mungkin keadaannya sama ya? Mengingat sistem di negara-negara luar sama yang terbilang lebih maju. Yuk mengintip perbandingan tunjangan antara veteran Indonesia dan beberapa negara di dunia.

Tunjangan para mantan pejuang Indonesia yang makin naik

Mungkin kita selama ini mendengar mengenai nasib pilu para veteran perang yang mengalami kekurangan tunjangan, namun sayang belum pernah tahu jumlah pastinya. Dilansir website resmi Veteranri, rupanya para pejuang perang itu memiliki tunjangan berbeda tergantung kelasnya. Untuk kelas A, mereka akan mendapatkan uang sebesar 1,6 juta setiap bulannya. Hingga yang golongan E akan mendapatkan 1,4 juta.

veteran indonesia [image source]
Penggolongan tersebut berdasarkan jabatan dan peran dulu saat mereka bertugas. Akan tetapi jika mereka  memiliki status janda atau duda, maka tunjangannya akan dipotong lagi. Beruntung presiden Jokowi  tahun ini sempat mencanangkan bahwa veteran Indonesia tahun depan tunjangannya akan dinaikkan 25 persen.

Para tentara Amerika dengan tunjangan  luar biasa

Berbeda dengan negara Paman Sam, rupanya di sana sistem pemberian tunjangan lebih maju. Pemerintah di sana telah menggolongkan lebih spesifik masalah untuk siapa dan berapa dana pensiun nantinya akan diberikan. Semisal, veteran yang hidup sendiri, penyandang disabilitas, lanjut usia, atau punya keluarga, ]masing-masing memiliki jumlah tunjangan yang berbeda.

veteran amerika [image source]
Contohnya veteran yang hidup sendiri, maka dirinya bisa mendapat tunjangan sekitar $407 atau sekitar Rp 5 juta dengan kompensasi  30 persen. Dan bayangkan veteran itu memiliki tanggungan anak dan istri maka jumlah tunjangannya akan meningkat beberapa kali lipat. Namun demikian veteran di Amerika juga memiliki permasalahan yang sama dengan Indonesia, yaitu pemerataan tunjangan yang belum merata sehingga banyak yang jadi tunawisma di sana.

Tunjangan veteran Australia tidak hanya berupa uang

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Inilah 6 Artis Cantik Di Balik Figur ‘Setan’ yang Bikin Kamu Terkencing-Kencing, Awas Demen!

Jangan Mudah Terpesona Lihat Cewek Cantik! Karena ‘The Power Of Make Up’ Bisa Menipu, Nih Buktinya