in

10 Peraturan Paling Nyeleneh dan Menggelikan yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Korea Utara

6. Kepemilikan Injil adalah ilegal di Korea Utara

Ilustrasi Injil. [Image Source].
Di Korea Utara, Injil dianggap sebagai simbol budaya Barat, alhasil pemerintah melarang para penduduknya untuk memiliki kitab umat Kristiani ini. Pemerintah takut seandainya rakyat Korut banyak yang terpengaruh dan memutuskan untuk memeluk agama tersebut. Pernah suatu ketika ada seorang wanita yang menyebarkan kitab Injil. Bisa kamu tebak apa yang terjadi padanya? Benar, ia kemudian ditangkap dan dieksekusi.

7. Produk keren dari Apple, Sony, Microsoft tak boleh didistribusikan di Korea Utara

No Apple, No Party. [Image Source].

Tak boleh ada iPhone, Experia, atau produk-produk sentuhan Microsoft. Tak banyak informasi yang diketahui menyangkut industri teknologi di sana. Pemerintah juga menutup rapat soal ini. Konon, ada rumor yang mengatakan bahwa Korut tengah mempersiapkan teknologi mutakhir untuk menyaingi kemajuan teknologi negeri tetangganya, Korea Selatan.

8. Semua penduduk wajib memberikan suara saat pemilu

Kim Jong Un. [Image Source].
Partisipasi Pemilu di Indonesia pada Pilpres terakhir adalah sekitar 75,11 persen. Sedangkan, di Korea Utara angkanya sempurna 100 persen. Kenapa? Karena di sana, tidak menggunakan hak suara sama saja dengan dianggap sebagai perbuatan ilegal. Lucunya, pemerintah Korea Utara mewajibkan penduduknya memilih satu orang, Kim Jong Un. Kalaupun ada oposisi, ia hanya aktor politik yang dibayar untuk kalah dalam Pemilu.

9. Akses internet untuk rakyat diberangus habis-habisan

Kim Jong Un. [Image Source].
Para pejabat politik beserta keluarga mereka, mahasiswa di universitas terkemuka, dan anggota militer adalah orang-orang yang diperbolehkan untuk mengakses internet. Rakyat biasa dilarang untuk terhubung ke dunia maya. Tak hanya itu, Komputer di Korut juga hanya menjalankan sistem operasi buatan mereka sendiri, Red Star. Tak ada Windows atau Mac.

10. Setiap gerak-gerik turis atau orang luar, akan diawasi secara ketat

Setiap turis akan mendapat “pengawalan.” [Image Source].
Seandainya kamu berkunjung ke sana sebagai turis (entah karena tertarik atau ingin cari mati), bersiaplah, karena kamu akan ditemani oleh seorang ofisial pemerintah yang mengawasi setiap tindak-tanduk kamu. Setiap interaksi, fotografi, dan kunjungan ke suatu tempat harus disetujui terlebih dulu oleh pemerintah. Jika melakukan hal-hal tersebut tanpa seizin pemerintah, maka nyawa yang jadi taruhannya.

Itulah beberapa peraturan paling nyeleneh, menggelikan, hingga menyeramkan yang berlaku di Korea Utara. Sepertinya bukan hal yang mengejutkan apabila negara ini jadi negara yang terisolir. Lagipula, setelah mengetahui peraturan di atas, turis waras mana yang sudi berkunjung ke negeri ini?

Leave a Reply

15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV

Polisi ini Ditilang Temannya Sendiri Karena Kendaraan Tidak Sesuai Standar, Lanjutkan Pak!