in

Vlogger Tuli Sementara karena Mengkonsumsi Makanan Super Pedas, Kok Bisa?

Makanan dengan rasa pedas memang cukup menggiurkan. Apalagi cabai rawitnya yang semakin ditambah, rasa pedasnya jadi bikin ketagihan. Enggak heran deh saat ini banyak generasi milenial yang hobi banget konsumsi makanan pedas.

Tapi, belum lama ini vlogger asal Indonesia bernama Ben Sumadiwiria mengalami hal buruk yang berkaitan dengan makanan pedas. Di akun youtube pribadinya, ia mengaku sempat menderita tuli sementara setelah mengkonsumsi makanan pedas di salah satu warung di Jakarta. Kok bisa begitu ya?

Bersumber dari kompas.com, tuli akibat konsumsi makanan pedas itu lumayan sering terjadi. Tapi, fenomena tidak bisa mendengar ini hanya berlangsung sementara, paling lama sekitar lima menit. Ketulian ini dapat terjadi dikarenakan adanya senyawa bernama capsaicin.

Makan pedas bikin hidung berair [Sumber Gambar]
Disadur dari laman liputan6.com, capsaicin bisa memicu iritasi pada sel manusia di bagian tubuh tertentu. Biasanya yang paling sering terserang adalah membran mulut, tenggorokan, lambung dan mata. Jika jumlah senyawa ini hanya sedikit, maka akan memicu sensasi terbakar di lidah dan mulut. Beda kalau jumlah capsaicin yang masuk ke dalam tubuh sangat banyak, bisa memicu sekresi lendir dan juga air mata.

Jika sudah parah bisa bikin tuli [Sumber Gambar]

Nah, menurut Michael Goldrich selaku ahli otolaringologi dari Robert Wood Johnson University Hospital di New Jersey, tuli sementara ini diakibatkan adanya sumbatan lendir di saluran eustachius. Bagi yang belum tahu, saluran tersebut merupakan penghubung antara bagian telinga dan juga tenggorokan. Jadi, jika capsaicin yang masuk ke dalam tubuh berlebihan, maka saluran eustachius kemungkinan besar akan tersumbat oleh lendir.

Selain alasan di atas, tuli sementara bisa terjadi lantaran mendapatkan respon berlebihan di saraf trigeminal. Saraf tersebut merupakan penghubung antara mulut dan wajah yang juga berkaitan dengan koklea di telinga. Hal ini diamini oleh Sam Marzo, kepala Department of Otolaryngology di Loyola Medicine. Kalau fenomena di atas terjadi, maka bisa berakibat perubahan aliran darah di bagian koklea sehingga menyebabkan pendengaran hilang sementara.

BACA JUGA : Mata Perih Terkena Pedasnya Cabai? Lakukan Hal Ini untuk Mengatasinya

Makanan pedas memang bisa memanjakan lidah, tapi tubuh kita belum tentu dapat menerimanya dengan baik. Salah satunya ya bisa tuli seperti yang dialami sang vlogger tadi. Mungkin banyak dari kita yang meremehkannya, tapi alangkah lebih baik untuk menghindari konsumsi makanan pedas terlalu berlebih. Daripada kita yang sakit, lebih baik mencegahnya dari sekarang bukan?

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Pepera dan Kenapa Akhirnya Orang Papua Mau Menjadi Bagian dari Indonesia

Tak Kalah dari Sang Mama, 10 Geng Anak Artis Ini Kece Badai Loh