Tagihan air yang membengkak hingga puluhan juta membuat artis Nycta Gina kaget bukan kepalang. Kejadian tersebut membuat dirinya heran lantaran selama ini ia hanya membayar tak lebih dari Rp100 ribu per bulan. Istri Rizky Kinos itu pun membagikan kisahnya lewat postingan Instagram.

Selain listrik, tagihan air atau PDAM memang bisa saja melonjak secara tiba-tiba. Hanya saja, hal tersebut perlu dicek terlebih dahulu dengan teliti. Bisa saja, lonjakan biaya yang ada terjadi adanya faktor lain yang tidak diketahui. Ada baiknya jika memperhatikan hal-hal berikut ini yang secara tidak langsung bisa membuat tagihan PDAM membengkak.

Adanya kebocoran pipa yang tidak terdeteksi oleh pelanggan

Ilustrasi pipa bocor [sumber gambar]
Salah satu permasalahan yang terbilang fatal ini biasanya jarang disadari oleh pelanggan. Efek kebocoran pada pipa biasanya membuat aliran air banyak terbuang meski tidak dipakai sekalipun. Hal ini bisa saja berimbas pada naiknya tagihan air jika terjadi secara terus menerus dan dibiarkan begitu saja. Ada baiknya berkonsultasi dengan pihak PDAM jika mengalami hal seperti ini.

Kebiasaan membuka kran terlalu lama

Ilustrasi kran air [sumber gambar]
Evaluasi diri sendiri saat berada di depan wastafel. Apakah suka membuka kran air sembari beraktivitas atau tidak. Kebiasaan menyalakan air yang sering dilakukan, tanpa disadari bahwa hal tersebut sejatinya merupakan bentuk pemborosan. Jika terus menerus, akan berefek pada tagihan yang bakal melonjak karena akumulasi debit air yang digunakan. Sadar diri dengan berhemat bisa jadi solusi untuk menjauh dari kebiasaan tersebut.

Adanya kerusakan pada meteran air

Ilustrasi meteran air rusak [sumber gambar]
Cek juga meteran yang digunakan untuk menghitung beban air yang digunakan selama ini. Bandingkan antara bulan lalu, saat ini, maupun ke depannya. Jika ada kejanggalan, periksa apakah ada kerusakan pada meteran tersebut. Perhitungan yang tidak akurat terhadap pemakaian air yang tidak semestinya bisa menjadi sebab membengkaknya tagihan air bulanan.

Terlambat membayar iuran

Ilustrasi iuran PDAM [sumber gambar]
Selain melihat meteran, coba diteliti juga apakah ada keterlambatan saat membayar tagihan bulanan. Terlambat dalam pembayaran biasanya dikenai denda yang terus terakumulasi jika tidak segera dilunasi. Ujung-ujungnya, biaya yang dikenakan bakal semakin membengkak karena dibebani oleh jumlah denda yang belum dibayarkan.

Faktor human error

Ilustrasi pencatatan meteran air [sumber gambar]
Kesalahan manusia atau faktor human error juga tidak bisa dianggap sepele. Salah satunya adalah kesalahan pencatatan data pada meteran. Namun yang perlu diperhatikan, hal ini juga tak lepas dari dua faktor yakni petugas yang lengah saat melihat data meteran atau karena meteran yang digunakan telah rusak.

BACA JUGA: Fakta Lonjakan Tagihan Listrik yang Bikin Masyarakat Megap-megap, Begini Penjelasan PLN

Sebelum menyalahkan petugas maupun pihak PDAM karena tagihan air melonjak, ada baiknya mencermati hal-hal yang telah diuraikan di atas terlebih dahulu. Bisa juga melibatkan petugas yang berwenang untuk mengecek kemungkinan adanya kerusakan atau faktor lain di luar kemampuan pelanggan. Semoga bermanfaat ya Sahabat Boombastis.