in

Mengecas Baterai Ponsel Jadi Lebih Lama? Mungkin 5 Hal Ini Faktor Penyebabnya

Sudah bisa dipastikan kalau mengecas baterai ponsel adalah kegiatan yang sangat tidak disukai oleh semua orang. Bisa dibuktikan dengan kebanyakan orang ingin smartphone tetap berada di tangannya dan tak mau berpisah walaupun sedetik saja. Karena hampir semua orang tidak mau ketinggalan notifikasi sedikitpun.

Nah, berbicara tentang pengecasan ponsel, pasti kalian sangat sebal kalau harus menunggu baterai sampai penuh. Padahal kita sedang dalam kondisi ingin bepergian atau ponsel sangat dibutuhkan saat itu. Melihat kondisi tersebut, pasti kalian bertanya-tanya mengapa ponsel harus membutuhkan waktu lama ketika diisi. Padahal sebelumnya pengecasan berjalan normal dan bisa dibilang sangatlah cepat. Jadi supaya kalian tidak bingung lagi, simak saja ulasan berikut.

Sumber listrik yang digunakan sangat lemah

Salah satu penyebab utama dari mengecas ponsel yang lama adalah karena sumber listriknya. Biasanya orang-orang asal mengecas saja tanpa tahu besar dari sumber listrik yang ia pakai untuk mengecas. Karena orang-orang berpikiran kalau daya listrik yang digunakan sama saja dan bisa membuat ponsel terisi penuh. Padahal, pemikiran seperti itu tidaklah benar.

Mengecas menggunakan sumber daya listrik rendah [Sumber Gambar]
Lantaran besarnya sumber listrik sangat berpengaruh kepada kecepatan pengecasan ponsel. Hal ini sering terjadi di kala kita mengisi baterai menggunakan laptop sebagai sumbernya. Sehingga bisa disimpulkan nih, semakin kecil sumber daya listrik yang kita gunakan, maka akan bertambah lama juga pengisian baterainya.

Port USB pada smartphone mengalami kendor

Port USB pada smartphone memang rawan sekali mengalami kerusakan. Karena bagian tersebut digunakan setiap hari dan terkadang para pemakainya tidak menjaganya dengan baik. Sehingga port USB bisa rusak atau menjadi kendor. Akibatnya bisa berpengaruh ke kinerja pengecasan ponsel lho.

Port USB rusak [Sumber Gambar]

Salah satu contohnya adalah pengecasan akan lebih sering terhenti dan memulai kembali dengan sendirinya. Kalau sudah begitu, dijamin pengisian baterai akan menjadi lebih lama dari sebelumnya. Bahkan, jika port USB sudah rusak parah, maka pengecasan ponsel tidak akan bisa dilakukan kembali. Satu-satunya jalan adalah harus mengecas baterai menggunakan charger desktop. Atau kalau baterai smartphone tidak bisa dilepas, bisa memperbaiki port USBnya.

Tidak menggunakan charger asli

Kalau hal yang satu ini pasti kalian juga sudah tahu. Yap, itu adalah dari jenis charger yang kita gunakan untuk mengecas baterai. Mulai dari jenis KW atau yang meminjam dari punya teman. Jenis charger tersebut bisa berpengaruh lantaran daya dari alat pengisi baterai itu tidak cocok dengan besar sumber listrik yang dibutuhkan oleh ponsel kita. Jadi, pengecasan ponsel akan jauh lebih lama dari yang seharusnya.

Charger yang digunakan tidak asli [Sumber Gambar]
Lalu, ada juga bagian charger yang berpengaruh ke kecepatan pengecasan yaitu kondisi adaptor rusak. Jika sudah begini, adaptor harus diganti sesegera mungkin. Oleh karena itu, sebisa mungkin harus pakai charger bawaan dari smartphone kalian sendiri ya.

Koneksi data internet masih aktif

Aktifnya koneksi data internet juga menjadi alasan utama dari lambatnya mengisi baterai. Ini dikarenakan data internet sangat menghabiskan banyak energi sehingga secara tidak langsung ia akan menyedot daya walaupun sedang dalam keadaan diisi. Apalagi jika ponsel tersebut sambil kalian gunakan, bisa-bisa pengisian baterai bisa membutuhkan waktu tiga sampai empat jam.

Data internet aktif [Sumber Gambar]
Jadi, alangkah lebih baiknya kalau kalian saat mengecas ponsel harus mematikan koneksi data intenet. Atau lebih enaknya bisa mengaktifkan mode pesawat supaya pengisian baterai lebih cepat lagi dari yang sebelumnya.

Baterai sudah mulai rusak

Satu lagi penyebab utama dari lamanya mengecas ponsel yakni masalah baterai. Sumber kekuatan dari smartphone ini bisa mempengaruhi lama dari pengecasan karena kerusakan yang mungkin dialaminya. Banyak faktor yang menyebabkan kerusakan pada baterai seperti terlalu lama diisi atau usianya sudah udzur.

Baterai mengalami kerusakan [Sumber Gambar]
Sehingga kalau ini sudah terjadi, salah satu cara mengatasinya hanya dengan membeli baterai baru. Jika baterai ini dipakai terus menerus, bukan hanya mengecas butuh waktu lama tapi juga smartphone bisa meninggal.

Hal-hal di atas adalah faktor utama dari lambatnya mengisi baterai ponsel. Jadi bisa disimpulkan kalau hal itu bisa terjadi lantaran dari perilaku sang pengguna smartphone sendiri. Sehingga kalau kalian ingin mengecas lebih cepat, jauhi 5 kebiasaan di atas ya. Lalu hal yang lebih penting lagi adalah jangan pernah untuk mengoperasikan smartphone ketika sedang diisi baterai. Supaya pengisian baterai bisa lebih optimal dan ponsel pintar dapat beristirahat sejenak.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Persebaya Kembali Bangkit, Tak Disangka Ada Peran Besar Jokowi di Baliknya

Dari Malaikat Sampai Hal Jorok, 14 Nama Driver Ojek Online Ini Bikin Ngakak Berkepanjangan