Salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi di era kekinian adalah paket data atau kuota internet. Terlebih bagi mereka yang butuh koneksi internet untuk keperluan bisnis, mencari sumber informasi, menjalin silaturahmi, menikmati hiburan sejenis streaming video, musik, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tapi rasa jengkel muncul ketika perlahan paket data kita tiba-tiba raib. Lebih-lebih kita ngerasa baru aja beli paket tersebut. Nggak jarang ya kita alami, kuota untuk sebulan eh cuma jadi seminggu. Bisa rugi bandar dong kita. Nah untuk menghindari hal kayak gitu, ada beberapa hal yang harus kita sadari. Salah satunya apa saja sih yang ngebuat kuota kita lari terbirit-birit gitu aja.  Yuk dah kita bahas satu demi satu ya.

Tidak membatasi penggunaan kuota internet

Dengan segambreng aplikasi yang terinstal di smartphone, khususnya sosial media tentu membuat kita silih berganti membuka entah itu sekedar notifikasi, berkomentar, upload hingga download foto. Tak terasa, semua aplikasi tersebut menghisap habis kuota internet. Terlebih jika tak membatasi penggunaan data, maka dipastikan tak ada peringatan apapun. Tahu-tahu, kuota internetmu bablas deh.

Membatasi kuota internet [sumber gambar]
Padahal bukannya untuk mencari informasi penting, kuota data hanya untuk iseng-iseng stalking mantan. Sia-sia sudah kuotamu. Karena mengatur penggunaan data sangat penting untuk membatasi penggunaan internet. Tentu agar kita tahu sejauh mana kuota kita habis dalam rentang waktu tertentu.

Membiarkan pengaturan default penggunaan data pada setiap aplikasi

Setiap aplikasi bisa kita lakukan pengaturan untuk menekan pemakaian data. Contohnya aplikasi WhatsApp. Di aplikasi ini pengaturan awal semua media yang dikirim adalah download otomatis. Tapi kita bisa mengubahnya sehingga menjadi mode download manual. Kita bisa mendownload dokumen atau gambar penting dan mengabaikan yang tidak penting.

Membatasi penggunaan data instagram

Pun seperti itu juga pada aplikasi instagram. Pengaturan penggunaan data awal adalah default. Tapi kita bisa memilih tab ‘gunakan lebih sedikit data’ untuk menghemat data. Kalau kita tidak mengatur hal itu, tentu akan banyak masuk informasi sia-sia yang tidak kita inginkan. Aplikasi lain pun punya mode penghematan data, asal kita telaten mencari tahu dan tidak bosan mengotak-atik pengaturan.

Tidak mematikan fitur otomatis update

Mematikan fitur otomatis

Para pengguna Android tentu punya aplikasi Play Store yang digunakan untuk mendownload dan menginstal aplikasi. Selain itu Play Store juga memiliki setting default update otomatis. Asal tahu saja, hampir semua aplikasi sosial media dan lainnya selalu mengalami pengembangan fitur setiap harinya. Dan artinya, Play Store akan otomatis mengupdate itu semua. Tentu hal ini memakan banyak sekali data. Karenanya, penting juga untuk mematikan update otomatis. Untuk melakukan hal itu kita bisa membuka setting di Play Store dan pilih do not auto-update apss.

Tidak mematikan aktivitas background dengan data seluler

Mematikan aktivitas background [sumber gambar]
Beberapa aplikasi dibuat berjalan otomatis di belakang layar. Artinya, aplikasi ini berjalan sendiri meski kita tidak membukanya. Dan tentu saja kuota internet kita berkurang karena aplikasi tersebut. Wah, sangat sia-sia bukan. Karena itu untuk menghemat kuota kita perlu mematikan seluruh aktivitas background. Caranya mudah pada pengaturan penggunaan data pencet tombol menu overflow lantas pilih Restrict background data.

Panggilan video

Video calll [sumber gambar]
Nah, yang kedua ini biasanya sering dilakukan oleh mereka-mereka yang ada di daerah rantau. Alasannya klasik, rindu. Meski sudah ada panggilan biasa atau panggilan yang biasa dilakukan melalui WA, Line, dll rasanya belum cukup puas kalau tidak melihat wajah lawan bicara, dengan begitu rindu terobati. Padahal, dengan melakukan panggilan video jumlah kuota yang digunakan akan lebih banyak.

Game Online

Ilustrasi main game online [sumber gambar]
Saat ini banyak sekali permainan online sedang menjamur. Memang tidak semua game online memakan banyak kuota, ada beberapa permainan yang hanya memakan beberapa KB saja. Berbeda dengan  permainan berjenis real time action, didukung dengan animasi atau grafik tinggi dan kualitas hd, permainan jenis ini mampu membuat kuota internet kalian cepat habis loh.

Streaming video dan musik yang sama berulang-ulang

Bukan hanya streaming lewat youtube, streaming bisa dilakukan di situs-situs lain seperti DramaId.com, layarkaca21, dan lainnya. Selain streaming video, layanan streaming musik juga mulai banyak diminati. Terbukti dengan adanya aplikasi streaming musik seperti Joox dan Spotify.

Steaming video [sumber gambar]
Tapi perlu diingat, meski hanya audio, penggunaan kuota saat menggunakan aplikasi streaming musik dengan streaming video cukup besar. Ketimbang streaming berkali-kali khususnya video dan music yang sering ditonton berulang, tentu lebih bijak jika kita mendownload dan bisa ditonton secara offline berkali-kali.

Itu dia beberapa hal yang bisa membuat data internet cepat habis. Karena itu, penting ya guys untuk memperhatikan lagi hal-hal yang terlihat sepele seperti di atas. Ketimbang belum apa-apa kuota internet raib, mending sedikit otak-atik untuk memaksimalkan kuota. Ya hitung-hitung juga upaya penghematan agar uang kita nggak cuma  buat kuota internet ya. FYI, biaya nikah ga sedikit guys! Jadi mari berhemat dimulai dari hal sederhana seperti kuota internet.