in

Kerap Terjadi, Ini Lho Penyebab Jamaah Salat Tarawih Semakin Lama jadi Menyusut

Di bulan puasa ini, ada banyak sekali hal yang harus kita jalani. Seperti berbuka, sahur, tadarus al-quran dan juga salat tarawih. Omong-omong soal tarawih, pasti setiap tahunnya selalu sama. Bener apa bener nih?

Eh, bukan tentang rakaat dan semacamnya lho ya. Tapi lebih kepada kebiasaan setiap orangnya ketika melaksanakan ibadah setelah salat isya tersebut. Yaitu semakin lama, jamaah dari salat tarawih selalu berkurang. Lantas, apa ya penyebabnya?

Merasa tarawih adalah salat sunah

Tarawih salat sunah [Sumber Gambar]
Penyebab pertama yang paling mungkin adalah merasa kalau tarawih adalah ibadah sunah. Yang artinya tidak berdosa jika tak dilakukan dan mendapat pahala kalau menerapkannya. Anggapan-anggapan inilah yang membuat jamaah salat tarawih di berbagai masjid mana pun menjadi lebih sedikit menjelang lebaran. Hmm.. apa kalian salah satunya?

Badan sudah lelah karena masalah duniawi

Lelah dengan urusan duniawi [Sumber Gambar]
Faktor pemicu yang selanjutnya yaitu badan sudah merasa lelah. Ini karena pada akhir bulan puasa, masyarakat sudah disibukan masalah duniawi. Contohnya saja seperti pekerjaan yang semakin menumpuk ketika hendak liburan hari raya. Atau bisa juga sibuk memikirkan persiapan untuk pulang kampung. Alhasil, tenaga sudah terkuras dan mengakibatkan orang-orang lebih memilih istirahat atau salat tarawih di rumah saja.

Jadwal acara buka puasa yang semakin banyak

Jadwal bukber padat [Sumber Gambar]
Di bulan ramadan, pasti banyak undangan berbuka puasa bersama. Di mana nantinya si peserta buka bersama ini akan memilih untuk pulang agak malam. Alasannya karena malas macet atau sekedar ingin berkumpul dengan kawan-kawan. Jadi, secara tidak langsung, jadwal salah tarawih akan dilewati begitu saja.

Ada rasa malas yang menghantui pikiran

Sudah terlanjur malas [Sumber Gambar]
Bukan hanya kendala-kendala eksternal seperti di atas. Berkurangnya jamaah salat tarawih di masjid bisa juga karena dari diri sendiri. Apa hayo? Ya apalagi kalau bukan kemalasan yang sudah terlanjur meracuni pikiran dan hati. Akibatnya, salat tarawih ditinggalkan begitu saja tanpa ada rasa bersalah sedikitpun. Ini bisa terjadi karena merasa tarawih adalah ibadah sunah, sudah terlanjur di posisi nyaman atau tidak mau melepaskan gadget.

Mulai sibuk mengunjungi mall untuk berburu diskon

Berburu diskonan [Sumber Gambar]
Alasan lain yang kemungkinan besar dijawab dengan anggukan kepala adalah berkunjung ke mall untuk membeli outfit lebaran. Biasanya, para masyarakat lebih memilih ke mall pada saat jam salat tarawih karena sudah pulang kerja dan berbuka puasa. Atau bisa juga karena mall lebih banyak memberikan diskon besar-besaran pada saat malam hari. Nah, kalian golongan yang mana nih?

BACA JUGA : Ada Pria Kehilangan Sepatu Baru Saat Tarawih, Ini Trik Ampuh Supaya Alas Kakimu Tetap Aman

Sangat disayangkan sebenarnya karena salat tarawih sejatinya hanya ada sebulan dalam setahun. Apa kalian enggak sayang melewatkan momen penting beribadah salat tarawih yang pahalanya berkali-kali lipat? Yuk, mumpung Ramadan masih menyisakan banyak hari, perbanyak ibadah salah satunya dengan rajin melaksanakan salat tarawih!

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Penyiar Radio Perlihatkan Situasi Sarinah Tadi Malam Lewat Tweetnya, Netizen: Kaya Film Zombie!

Megah Bak Kerajaan Tapi Terlihat Angker, Ini Ternyata Misteri Rumah Mewah yang Sedang Viral