in

Aki Motor Tekor Tiba-tiba? 4 Alasan Ini Bisa Jadi Dalang di Baliknya

Aki motor soak? Pasti jadi hal yang paling menyebalkan bagi si pengguna kendaraan roda dua. Ya bagaimana tidak, kalau aki motor tekor, pasti kita harus repot-repot untuk kick starter. Kalau motor bebek atau sport sih gampang. Nah, kalau motornya model matic harus turun dulu, standar tengah terus mengengkol mesin hingga beberapa kali.

Kalau kita dalam posisi tidak terburu-buru ya tak masalah. Tapi jika waktu sudah mepet, hal ini bisa jadi penghambat kita untuk beraktivitas. Mungkin beberapa di antara kalian heran mengapa aki motor bisa tekor tiba-tiba. Padahal, si kuda besi sudah dirawat dengan kasih sayang hingga rela uang melayang. Nah ternyata meski motor tidak pernah dilakukan semena-mena, aki bisa soak karena beberapa alasan lho. Contohnya seperti di bawah ini.

Modifikasi motor bisa jadi penyebabnya

Jika kalian menggunakan lampu modifikasi untuk motor, wajib sekali untuk diperhatikan nih. Sebab. lampu modifikasi alias angel eyes lamp ternyata mampu membuat aki motor kalian cepat tekor. Ini diakibatkan lantaran lampu-lampu tersebut memiliki sinar yang cukup terang, sehingga memerlukan daya cukup besar dari aki motor.

Lampu motor modifikasi [Sumber Gambar]
Supaya hal ini tidak terjadi lagi, kalian bisa mengganti daya dengan masukan lebih besar. Atau lebih mudahnya, kalian bisa memilih lampu modifikasi yang sesuai dengan tegangan dari aki motor.

Kiprok, nyawa dari aki yang dapat jadi faktor pemicunya

Selain di atas, penyebab lainnya adalah dari perangkat kiprok. Bagi yang belum tahu, kiprok merupakan suatu perangkat untuk mengatur pengisian aki. Nah, jika kiprok mengalami kerusakan walaupun sedikit, maka akan berpengaruh pada kinerja aki. Salah satunya adalah bisa membuat aki cepat soak.

Kerusakan pada kiprok [Sumber Gambar]

Untuk itu, supaya kalian tahu kiprok mengalami kerusakan atau tidak, bisa dideteksi kok. Dikutip dari hargamotor.co.id, caranya adalah menghidupkan mesin dan lampu utama, kemudian gas dengan kecepatan sekitar 4000 hingga 5000 RPM. JIka tegangan listrik kurang atau lebih dari 14 – 15 volt, maka bisa dipastikan kalau kiproknya mengalami kerusakan.

Jangka waktu pemakaian juga ikut mempengaruhi aki cepat soak

Selanjutnya, faktor pemicu dari aki motor soak adalah jangka waktu dipakai. Kalau kalian beranggapan aki motor dipakai terlalu sering bisa cepat soak, itu kurang benar Sahabat Boombastis. Ini yang dimaksud adalah aki motor tidak dipakai dalam jangka waktu sangat lama dan tidak melepas konektor baterai.

Tidak melepas konektor baterai [Sumber Gambar]
Sehingga meski tidak dipakai, masih ada aliran listrik yang dihasilkan. Akibatnya, aki tetap bekerja dan bisa tekor dengan sendirinya. Oleh karena itu, supaya aki tidak tekor meski motor tak terpakai, bisa lepas konektor baterainya. Kemudian, bisa juga dengan melepas aki dari motor.

Adanya arus pendek pada aki motor

Hal yang juga sering menjadi dalang dari aki tekor adalah adanya korsleting arus pendek. Kondisi ini terjadi lantaran adanya rangkaian listrik dari sepeda motor yang menyentuh body atau benda padat lain pada kendaraan.

Arus pendek pada aki [Sumber Gambar]
Jadi, supaya terhindar dari hubungan arus pendek, kalian harus lebih rajin untuk memeriksa aki. Kalau kalian tidak tahu tentang aki, bisa dicoba dibawa ke bengkel langganan. Dengan begitu, aki pada motor akan berisiko kecil terjadi konsleting. Jika aki motor mengalami korsleting, lama-lama kendaraan kesayangan kalian bisa terbakar lho.

Jadi, bisa disimpulkan nih kalau aki motor bisa tekor kapan saja kalau kita tidak memeriksanya secara berkala. Oleh sebab itu, alangkah lebih baik untuk memeriksa kondisi dari aki motor kita secara teratur. Lalu, jangan pernah gunakan lampu motor berlebihan yang dapat membuat aki menjadi tekor. Kalau sudah diterapkan, risiko aki tekor menjadi lebih sedikit.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Meski Memiliki Keterbatasan, Ini Alasan Mengapa Pijat Tunanetra Lebih Mantap dan Digemari

Fungsinya Cuman Diinjek-injek, Harga 7 Alas Kaki Jessica Iskandar Ini Bikin Melongo