in

Bukan Soekarno, Inilah Sosok Penyanyi Lagu Indonesia Raya Pertama Kalinya

Lagu Indonesia Raya yang sering kita nyanyikan di hari Senin, ternyata punya banyak rahasia di dalamnya. Salah satunya adalah orang yang pertama kali menyanyikan lagu tersebut. Mungkin Sahabat Boombastis berpikir bahwa yang mengumandangkannya untuk pertama kali adalah pahlawan-pahlawan kita. Atau mungkin Presiden pertama Indonesia yakni Soekarno. Bisa juga penciptanya sendiri yang tak lain dan bukan yaitu Wr. Supratman.

Ya, memang mereka menyanyikannya, tapi tidak untuk pertama kalinya. Ternyata, yang mengumandangkan lagu nasional tersebut adalah Theodora Atia Salim atau bisa disebut dengan Dolly Salim. Lantas siapakah dia sebenarnya?

Putri sulung dari tokoh ternama di Indonesia

Putri dari Haji Agus Salim [Sumber Gambar]
Namanya yang beraroma kebarat-baratan, membuat kita berpikir kalau ia adalah wanita keturunan dari negara luar. Namun siapa sangka, gadis yang akrab dipanggil Dolly ini ternyata putri dari Haji Agus Salim. Ya, Haji Agus Salim yang dikenal sebagai pencetus dari pergerakan nasional, mantan anggota Volksraad (dewan rakyat) dan juga petinggi di Sarekat Islam dilansir dari tirto.id. Nah, bahkan menyanyikan lagu kebangsaan satu ini tidak di tempat biasa. Tapi di suatu acara besar yang jarang diikuti oleh remaja usia belasan tahun.

Mengumandangkan lagu terhormat di acara yang sangat penting

Menyanyikan lagu di Kongres Pemuda II [Sumber Gambar]
Dari lagunya saja, biasanya orang-orang sudah menyimpulkan kalau itu dikumandangkan di acara tujuh belasan. Tapi untuk kali ini, pandangan kita salah Sahabat Boombastis. Sebab, Dolly Salim menyanyikan lagu ciptaan Wr. Supratman ini di Kongres Pemuda II. Seperti yang kita tahu kalau Kongres itu sangat bersejarah untuk kita Bangsa Indonesia lantaran menghasilkan ikrar Sumpah Pemuda. Tentunya acara tersebut hanya boleh dihadiri oleh orang-orang penting atau terpilih saja. Akan tetapi, siapa yang menyangka jika Dolly ternyata mewakili sebuah organisasi, sehingga menyebabkan dirinya bisa ikut andil dalam perhelatan tersebut.

Bukan anggota kongres, tapi bisa hadir di perhelatan penting itu

Dolly Salim [Sumber Gambar]
Dilansir dari historia.com, kalau Dolly awalnya menolak ajakan untuk menghadiri Kongres Pemuda II. Namun beberapa temannya memaksa, sehingga dirinya ikut ke acara penting tersebut. Meski dirinya bukan anggota dari kongres, tapi ia mewakili organisasi kepanduan National Indonesische Padvinderij atau yang biasa disebut Natipij. Organisasi satu ini berada di bawah naungan Persatuan Pemuda Islam atau Jong Islamitien Bond (JIB) yang di mana Ayah Dolly menjabat sebagai penasehat di sana.

Dari banyak orang, ialah yang dipilih untuk menyanyikan Lagu Indonesia Raya

Ilustrasi WR. Supratman memainkan lagu Indonesia Raya saat Kongres Pemuda II [Sumber Gambar]
Seusai Kongres Pemuda II digelar, acara tersebut ditutup dengan Lagu Indonesia Raya. Dengan merdunya, Wr. Soepratman mengalunkan lagu indah tersebut dengan gesekan biolanya tanpa diiringi lirik. Meski musiknya sangat enak untuk didengar, namun itu tidak membuat peserta kongres puas begitu saja. Dikutip dari Sejarah Kecil Petite Historie Indonesia Jilid 2, jika semua yang hadir di sana menginginkan lagu tersebut diulang dengan menggunakan lirik. Tanpa basa-basi, pembawa acara diperintahkan untuk memilih Dolly supaya menyanyikan lagu kehormatan tersebut. Namun, Dolly merasa jika ia dipilih karena dirinya duduk di barisan paling depan.

Suaranya yang lantang membuat Kongres dipenuhi dengan tepukan bergemuruh

Ilustrasi peserta Kongres Pemuda II tepuk tangan [Sumber Gambar]
Bukannya malu, wanita kelahiran 26 Juli tersebut maju dengan langkah yang pasti. Meski tak ada panggung, ia menaiki kursi agar bisa terlihat oleh semua orang yang ada di kongres tersebut. Dengan hafal lagu di luar kepala, ia melafalkan nyanyian itu secara sempurna dari awal hingga akhir. Selain itu, suaranya yang lantang mampu memancing semangat juang para pendengarnya. Pantas saja, setelah Dolly menyanyikan Lagu Indonesia Raya, ia mendapatkan tepuk tangan meriah dari semua peserta Kongres Pemuda II.

Dari sana lah, nama Dolly disebut-sebut sebagai penyanyi Indonesia Raya pertama di negara tercinta kita ini. Mungkin kita melihatnya, itu adalah hal kebetulan saja dikarenakan dipilih secara langsung tanpa persetujuan siapapun. Namun, jika kita melihatnya lebih jelas, Dolly dipilih karena kemungkinan besar ada alasan penting di baliknya. Jadi sudah tahu kan siapa penyanyi Lagu Indonesia Raya untuk pertama kali? Yuk berterima kasih kepadanya karena dari ialah kita tahu lagu kebanggaan dari bumi pertiwi.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Melihat Masjid Kuno Bayan Lombok yang Tetap Berdiri Kokoh Meski Diterjang Gempa

Pembalap Hingga Pesepakbola, Ini 4 Atlet yang Pernah Dekat dengan Yuki Kato