in

Mengenal Gejala Penyakit Kanker Ginjal Seperti yang Diidap oleh Vidi Aldiano

Salah satu penyanyi solo Indonesia, Vidi Aldiano mengunggah video di instagramnya yang mengabarkan bahwa dirinya menderita kanker ginjal stadium 3 yang menyerang ginjal kirinya. Kabar ini tentu saja sangat mengejutkan, karena selama ini Vidi terlihat sehat-sehat saja.

Vidi menjalani serangkaian pengobatan dan tes di Singapura. Belum lama, ia mengatakan kalau dirinya baru saja melakukan operasi pengangkatan ginjal, sehingga sekarang Vidi hanya punya 1 ginjal saja. Belajar dari kasus Vidi ini, penyakit mematikan ini ternyata menyebar ke tubuh tanpa ada gejala sebelumnya. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak ulasan Boombastis.com di bawah ini!

Apa itu kanker ginjal?

Ilustrasi ginjal manusia [sumber gambar]
Penyakit kanker ginjal ini merupakan tumbuhnya sel-sel sehat dalam ginjal yang di luar kendali, sehingga ia membentuk benjolan dan tumor. Jenis yang paling umum terjadi dan diderita oleh orang dewasa adalah Karsinoma. Jenis kanker ini dimulai dari tubulus ginjal atau lapisan tabung kecil di dalam ginjal. Nah, tubulus sendiri berfungsi untuk membersihkan darah dan juga air seni. Kanker ginjal yang sudah menyerang bisa saja melebar ke organ lain, seperti paru-paru, tulang, pembuluh darah, bahkan otak.

Gejala yang terjadi pada penderita kanker ginjal

Gejala Kanker Ginjal [sumber gambar]

Seperti yang diceritakan oleh Vidi Aldiano, saat divonis kanker ginjal, sebelumnya ia tidak mendapatkan gejala yang berarti. Hal yang sama juga diungkap oleh t Urology Care Foundation, bahwa pada tahap awal penderita tidak akan merasakan gejala yang berarti. Melansir dari tirto.id, hanya kurang dari 30 persen kanker ginjal ditemukan melalui gejala. Akan tetapi, saat tumornya tumbuh, tubuh si penderita akan merasakan beberapa hal berikut ini:

  • Nyeri di sisi punggung tengah (sayap)
  • Vertigo dan Anemia
  • Adanya benjolan di area yang dekat dengan ginjal
  • Darah dalam urin
  • Turunnya berat badan, demam yang tak bisa dijelaskan, serta keringat malam

Mengapa seseorang bisa menderita kanker ginjal?

Kanker ginjal [sumber gambar]
Untuk saat ini, masih belum ada penjelasan yang rinci dan detail mengenai mengapa sel-sel sehat di dalam ginjal bisa menjadi kanker. Akan tetapi, tetap ada beberapa sebab yang membuat seseorang bisa terkena kanker ginjal. Di antaranya adalah: punya riwayat kanker yang diturunkan dari keluarga, tekanan darah tinggi, obesitas (kelebihan berat badan, merokok, serta jenis kelamin. Jenis kelamin di sini adalah, lelaki punya kesempatan dua kali lipat lebih tinggi untuk mendapatkan kanker ginjal dibandingkan perempuan.

Pengobatan untuk penderita kanker ginjal

Pengobatan yang hingga saat ini umum digunakan adalah operasi, yakni melakukan pengangkatan separuh atau seluruhnya terhadap ginjal yang terkena kanker. Namun, perawatan ini juga bergantung pada stadium yang diderita, faktor usia, kesehatan pasien, dan lain-lain. Kalau operasi ini bisa saja dilakukan pada pasien dengan penyakit stadium I, II, dan III. Sedangkan cara lain ada ablasi termal yakni perawatan yang membunuh tumor dengan membakar atau membekukannya. Cara terakhir adalah perawatan medis, yang dilakukan kepada penderita stadium lanjut di mana kanker sudah menyebar ke seluruh bagian tubuh dan sel lain.

BACA JUGA: 4 Kisah Miris Penjualan Ginjal di Indonesia, Bukti Masih Adanya Ketimpangan di Negeri Ini

Jadi, selama belum menyerang, ada baiknya melakukan pencegahan. Yakni dengan menjaga pola makan sehat, rajin berolahraga, serta banyak minum. Jangan lupa, kalau kamu punya uang lebih, harus juga rajin check-up ke dokter.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Situs Film Bajakan IndoXXI Akan Dihapus Pemerintah, Netizen Nggak Bisa Nonton Gratis Lagi

Menilik Fakta Mafia Migas yang Dianggap Rampok RI Rp1 Triliun dan Bikin Jokowi Marah