in

Suka Bikin Kesal Pelanggan, Ini Loh Alasan 4 Penjual Es Krim Turki Suka Ngerjain Pembeli

Pernah membeli es krim Turki? Jika pernah, maka sudah pasti kamu pernah merasa kesal karena dipermainkan oleh penjualnya. Ya, di manapun lokasinya, sebelum memberikan es krim kepada pembeli, abang-abang penjual es ini akan lebih dahulu mempermainkan dengan trik-trik mereka. Bukan hanya doi saja yang bisa membolak balikkan hatimu, ternyata gaes.

Sudah banyak sekali korban yang tidak terima dengan kelakuan para penjual ini, terlebih anak-anak yang masih belum mengerti. Mereka akan membalas si penjual dengan berbagai aksi, mulai dari membuang cone hingga menangis. Tapi, kamu tau enggak sih kalau ada alasan di balik atraksi para penjual ini.

Tekstur es krim yang tak gampang meleleh

Es Krim Turki [sumber gambar]
Kebanyakan es krim yang kita tau cepat meleleh dan cair jika dibiarkan lama dalam keadaan terbuka. Tapi berbeda dengan es krim Turki atau sering disebut dengan maraş dondurması ini. Es Turki punya tekstur yang sangat lentur sehingga bisa ditarik-tarik dan dipermainkan. Tak seperti es pada umumnya yang mengandung lebih banyak partikel es-nya, Es Turki hampir serupa dengan permen karet. Mungkin saja mempermainkan para pelanggan merupakan salah satu dari banyak cara agar si es lebih lembut saat ada di tangan pelanggan. Jangan marah dulu deh ya, nikmati trik-trik si abangnya.

Mengandung ‘salep’, bahan khusus yang terbuat dari akar anggrek dan cuma ada di Turki

Bahan pembuat es krim Turki [sumber gambar]

Nah, penamaan es krim Turki ini sendiri ada sebabnya loh, Sahabat. Mengapa? Ada Bahan-bahan khusus yang digunakan untuk membuat es krim ini dan hanya bisa didapatkan di negara Turki dan Azerbaijan. Bahan tersebut adalah ‘salep’, sebutan untuk akar anggrek lokal yang berfungsi sebagai pengental. Selain itu, ada juga mastic yaitu semacam getah yang memberikan es krim ini tekstur chewy, sehingga bisa ditarik-tarik dan dipermainkan. Enggak heran kalau kemudian sang penjual membranding dagangannya dengan cara yang enggak kalah unik.

Bahan es krim yang terbuat dari susu kambing sehingga bertambah creamy

Es krim Turki digergaji [sumber gambar]
Nah, selain dua bahan di atas, ada lagi nih yang menambah creamy tekstur es krim Turki. Adalah susu kambing sebagai bahan utamanya. Saking keras dan padatnya, penjual terkadang memakai gergaji untuk memotong es nya. Kamu juga enggak perlu takut es akan meleleh saat dipegang, karena dia tidak akan berubah bentuk. Tak jarang juga, penjual akan memberikan kamu alat bantu makan seperti sendok atau pisau.

Ya, trik ini bisa menarik perhatian pembeli

Penjual dan pembeli es krim Turki [sumber gambar]
Kalau bisa dijadikan sebagai atraksi kenapa enggak kan? Pada dasarnya, trik-trik mengelabuhi pembeli ini adalah teknik marketing yang dipakai oleh setiap kedai es krim Turki. Dengan pakaian tradisional, tongkat, dan abang-abang penjual yang berwajah ‘bening’, mereka akan menyajikan trik tarik-ulur es krim sebelum mendarat di tangan pembeli. Dengan ini, ada banyak sekali pembeli yang penasaran dan ingin akhirnya membeli dagangannya.

BACA JUGA: Pembalasan Para Pembeli Karena Usilnya Penjual Es Krim Turki, Ada yang ‘Ngajak Berantem’

Es krim ini biasanya bisa ditemukan di kawasan wisata. Karena keunikannya pun, es krim ini tersebar ke berbagai negara, termasuk di Indonesia. Ketimbang kamu dipermainkan mantan, lebih baik dipermaikan oleh penjual es krim, kan?

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Misteri The Fed, Bank Sentral AS yang Sukses Kuasai Dunia Lewat Kebijakan Moneter

Ranggawarsita, Penyair Asal Jawa yang Ramalkan Kedatangan ‘Zaman Edan’ di Indonesia