in

Selain Simon Leviev, Ini 4 Kasus Penipuan Aplikasi Kencan

Sibuk bekerja membuat banyak orang tak punya cukup waktu untuk bersosialisasi. Apalagi dalam urusan mencari jodoh. Tak heran aplikasi kencan mulai menjamur untuk membantu mereka yang kesulitan menemukan teman kencan. Sayangnya ada oknum-onum tak bertanggung jawab yang menggunakan aplikasi kencan untuk melakukan penipuan.

Sebut saja Simon Leviev. Pria asal Israel ini telah menipu banyak wanita dari aplikasi Tinder. Berbekal wajah tampan, Simon membuat banyak wanita rela mengeluarkan uang demi dirinya. Namun selain Simon, berikut kisah penipuan di aplikasi kencan yang wajib disimak.

1. Pria Inggris tipu korban Rp 275 miliar

Seorang pria bernama Richard Dexter menampilkan kehidupan serba mewah di Tinder. Ia menunjukkan mobil dan barang-barang mahal lainnya demi menipu seorang wanita bernama Amrita Sebastian. Richard ingin meyakinkan wanita asal Dubai itu untuk berinvestasi di perusahaan palsu miliknya yang bergerak di bidang teknologi bio farmasi.

Richard Dexter [sumber gambar]
Richard berhasil membawa uang Rp 275 miliar dari korbannya. Ia menggunakan uang itu untuk membeli mobil klasik, melunasi utang dan memenuhi gaya hidupnya. Akibat perbuatannya itu, Richard dijatuhi hukuman selama 4,5 tahun.

2. Uang Rp 15,8 miliar raib digondol teman kencan

Penipuan di aplikasi kencan rupanya juga pernah menimpa wanita asal Indonesia. Kejadian ini bermula di tahun 2020 saat wanita berinisial IE bertemu dengan teman kencannya yang merupakan seorang bule. Hubungan mereka awalnya berjalan normal. Namun sedikit demi sedikit pria bule tersebut mulai menggerogoti uang IE.

Penipuan di aplikasi kencan [sumber gambar]
IE pun semula tak sadar dan rela mengirimkan uangnya. Setelah itu, tiba-tiba IE mulai sulit menghubungi teman kencannya. Ia pun merasa ditipu dan baru menyadari bahwa dirinya sudah menghabiskan Rp 15,8 miliar demi kekasihnya.

3. Wanita Inggris rela habiskan Rp 2,2 miliar demi sang kekasih

Kisah ini terjadi pada Rachel Elwell. Wanita asal West Midland ini ditipu oleh teman kencannya. Menurut Rachel pria itu mengaku tinggal di dekatnya namun ia sedang bekerja di Ukraina. Mereka pun berkenalan dan menjalin hubungan asmara.

Penipuan di aplikasi kencan [sumber gambar]
Tak lama kemudian, sang pria meminta bantuan Rachel untuk memberikan uang karena dirinya ditahan oleh rentenir. Rachel segera mengirimkan uang demi menyelamatkan nyawa sang pacar. Tak tanggung-tanggung, Rachel sudah kehilangan uang Rp 2,2 miliar untuk pacarnya.

4. Kena tipu Rp 5,8 miliar karena iming-iming palsu

Penipuan di aplikasi kencan [sumber gambar]
Seorang wanita Inggris mengaku menjadi korban penipuan dari pria bernama Aaron. Menurutnya Aaron menjanjikan akan membelikan sebuah rumah untuknya. Janji manis ini membuat ia mengirimkan uang sejumlah Rp 5,8 miliar ke rekening bersama. Namun saat dirinya menghubungi pihak bank, ia sangat terkejut karena namanya tak tercantum dalam rekening itu.

Zaman sekarang, berbagai macam modus penipuan semakin marak terjadi. Aplikasi kencan yang seharusnya bisa berguna untuk banyak orang ternyata juga tak aman. Oleh karena itu, sebaiknya kita harus berhati-hati untuk menjalin hubungan dengan orang tak dikenal, apalagi melalui dunia maya.

Written by F A Agustina

4 Fakta The Downfall, di Balik Jatuhnya Pesawat Lion Air

Kisah Miris Atlet Voli Korea Selatan yang Dirundung Netizen, karena Dikira Berdandan