in

Inilah Pengorbanan yang Dilakukan Petugas PLN Saat Kamu Mengeluh Mati Listrik

Nggak bisa dipungkiri, saat ini kita sangat bergantung pada listrik dalam segala kondisi. Bahkan saat tidur pun kita masih mengandalkan energi listrik untuk mengisi daya pada smartphone, agar siap dipakai saat kita bangun. Pantas kalau kita bingung dan nggak bisa ngapa-ngapain ketika mati listrik terjadi. Walaupun hal ini mengganggu banget, banyak dari kita yang seringkali cuma bisa marah-marah  dan protes. Reaksi ini wajar banget kok! Apalagi jika pekerjaanmu nggak bisa lepas dari listrik. Namun sebelum kita terpancing emosi lebih jauh, kita harus ingat kalau ada petugas yang sedang memperbaiki jaringan listrikmu.

Menjadi petugas listrik walaupun sering dipandang sebelah mata, mereka melakukan pekerjaan mulia yang nggak semua orang mau lho. Cuaca buruk, alat-alat yang mungkin kurang memadai bahkan sampai panas menyengat adalah sebagian kecil resiko yang mereka ambil untuk kenyamanan orang banyak. Memberikan waktu sebanyak-banyaknya untuk orang yang sedang melakukan pekerjaannya sebaik mungkin tentu nggak sulit kan untuk kita? Resiko apa saja sih yang dijalani petugas listrik saat melakukan perbaikan? Selengkapnya simak dibawah ini yuk!

Di mana pun kabel berada, maka petugas PLN  harus siap siaga

Walaupun untuk memperbaikinya harus sampai ke sungai gini, harus dilakukan dengan sampai bisa nyala! [Sumber Gambar]
Aliran listrik harus sampai ke pelosok dimanapun itu, jalan yang ditempuh untuk pemasangan tiang dan juga kabelnya tentu nggak mudah. Namun walaupun harus sampai melintas persawahan dan bukit-bukit petugas PLN tetap harus melaksanakan tugasnya. Nggak sedikit kabel yang ternyata ‘nyasar’ di sungai dan harus segera ditarik kembali agar tidak terjadi konslet seperti di gambar. Menyebrang menggunakan perahu kecil tanpa disertai pengaman pada petugas adalah hal biasa untuk mereka.

Tersengat listrik adalah resiko paling menakutkan dan paling sering terjadi

Kabel-kabel raksasa dengan aliran tinggi harus dibenerin dengan seksama untuk mencari sumber permasalahan [Sumber Gambar]
Pernah merasakan sensasi kesetrum saat kita melakukan isi daya listrik? Tentu ada perasaan kaget dan reaksi kesakitan yang kita rasakan, padahal daya yang kita rasakan itu kecil lho. Tentu pada kabel-kabel besar milik PLN punya kapasitas yang lebih besar dan bisa bahaya banget kalau kita pegang. Pada saat mati listrik, hal yang dilakukan oleh petugas tentu juga termasuk mengecek ulang sambungan kabel pada tiang pada ketinggian tertentu. Nah kalau nggak hati-hati tentu benda ini bisa memakan korban, nggak sedikit juga petugas yang terpaksa meregang nyawa pada saat bertugas lho.

Berada di ketinggian dan diterpa angin kencang sudah biasa

https://www.youtube.com/watch?v=MiD1nx88c1s

Punya ilmu tentang perkabelan dan listrik nggak cukup bagi bidang ini, mereka juga harus punya keberanian yang luar biasa untuk menyelesaikan tugasnya. Salah satu contoh kecilnya adalah bisa bertahan dan nggak panik saat harus memperbaiki kabel di puncak tiang listrik disertai angin yang kencang. Sayangnya nggak semua petugas punya pengaman untuk diri mereka sendiri, seperti sarung tangan maupun jaket pengaman. Padahal tiang yang harus mereka panjat bisa berjarak belasan meter.

Harus siap kapanpun, termasuk saat berada bersama keluarga

Setinggi apapun, serumit apapun dan kapanpun waktunya harus rela dikorbankan untuk kepentingan masyarakat banyak [Sumber Gambar]
Adanya aliran listrik yang terputus jika dibiarkan berlama-lama bisa menjadi masalah yang lebih besar, maka dari itu penanganannya harus cepat tanggap. Keberadaan sistem otomatis memang membantu, tapi otomatisasi bukanlah jawaban yang tepat karena tidak semua kerusakan bisa ditangani dengan mesin. Jika ini terjadi tengah malam pun petugas PLN harus siap terjun langsung ke lapangan agar listrik senantiasa menyala tanpa masalah. Waktu untuk istirahat dan juga bersama keluarga pun akhirnya bisa jadi korban.

Nggak hanya mati lampu, kabel listrik harus dilindungi saat ada bencana lain

Kabel listrik seringkali harus diputus agar tidak menimbulkan konslet dan kabel panjang juga bisa digunakan api untuk merambat [Sumber Gambar]
Petugas PLN tidak hanya beraksi saat mati listrik terjadi, namun ketika ada bencana alam seperti banjir dan kebakaran mereka harus siap meluncur. Hal ini disebabkan tiang atau kabel listrik yang ada di lokasi bencana bisa terkena imbasnya. Saat kebakaran misalnya, petugas harus siap mengambil keputusan untuk memutus kabel listrik agar api tidak menjalar, begitupun saat banjir terjadi.

BACA: Awas Kena Tipu! Inilah 6 Ciri Petugas PLN Gadungan yang Sering Mencuri Harta Korbannya

Nah, ternyata memperbaiki listrik nggak semudah menyambungkan kabel yang putus di satu bagian atau sekedar menekan tombol on atau off seperti kita. Memastikan bahwa listrik padam tidak semakin meluas dan peralatan yang ada tetap dalam keadaan baik adalah salah satu hal yang harus dilakukan oleh petugas dalam keadaan apapun. Menurutmu bagaimana? Kita tunggu pendapatmu di kolom komentar ya!

Written by Fany

Leave a Reply

Diduga Putar Video ‘Dewasa’ di Kelas, Guru Ini Malah Tertawa Cekikikan Bikin Geram Netizen

Syahrini-Reino Barack Go Public! Begini Perjalanan Keduanya dari Pertama Kenal Hingga Menikah