Menjadi content creator adalah pekerjaan yang cukup menjanjikan. Kalau sudah banyak yang suka dengan content yang dibuat, maka sudah pasti pula punya banyak massa. Salah satu platform yang menjanjikan ini adalah YouTube. Di Indonesia sendiri, banyak sekali YouTuber yang sudah punya nama plus penghasilan yang bikin ngiler, salah satunya Mak Beti.

Akun YouTube Mak Beti ini adalah milik Arif Muhammad. Ia memparodikan sosok emak-emak, anak sekolah, tukang parkir, pemilik warung, serta banyak sosok lain –yang semuanya dimainkan oleh dirinya sendiri. Langganan menjadi trending karena kocaknya, yuk kita hitung berapa sih penghasilan Mak Beti.

Masuk ke dunia YouTube karena tak sengaja

Karakter Mak Beti ini awalnya terbentuk tanpa sengaja. Kala itu, Arif Muhammad merasa kangen dengan kampung halamannya di Medan, maka ia membuat video parody ala ibu-ibu yang biasanya ribut di pagi hari. Bermodalkan tripod dan kamera handphone, plus berdandan ala emak-emak, ia menciptakan Mak Beti. Tak disangka, ternyata banyak yang menyukai karakter ini, hingga akhirnya ia menciptakan sosok lain selain Mak Beti.

Langganan menjadi trending topic

Berkat video-video yang tak sengaja itu, Arif kemudian dikenal oleh banyak orang, termasuk orang kampungnya yang mendukung semua videonya. Ia kemudian dimodali daster dan juga jilbab oleh mamaknya. Nama Mak Beti terkenal seiring dengan Arif yang mendapatkan endorse sana sini. Video yang ia buat juga selalu masuk trending di Indonesia dan mendulang banyak viewers. Hal yang pantas banget kalau Mak Beti dijuluki sebagai ‘raja trending’ Indonesia.

Video yang all out dan menghibur

Ada banyak sekali karakter yang kemudian dibuat oleh Mak Beti. Selain emak-emak, ia juga membuat karakter Beti dan teman-teman, Wak Keling, Stela, Wak Selo, dkk. Video Mak Beti menjadi trending karena memang selucu itu loh. Setiap video yang diposting pasti ada alur ceritanya. Seolah saling sambung menyambung dengan cerita satu dengan yang lain. Selain itu, penonton juga dikenalkan dengan karakter baru dari waktu ke waktu. Nah, hebatnya lagi, puluhan karakter yang ada di dalam video tersebut hanya diperankan oleh Arif sendiri. Kebayang kan, betapa all outnya ia bekerja dan take video.

Penghasilan Mak Beti dari menjadi YouTuber

Socialblade Mak Beti [sumber gambar]
Dengan jumlah subscriber 8,84 juta orang, sudah pasti penghasilannya tak kalah fantastis juga dong. Dari 160 video yang sudah ia unggah, videonya sudah ratusan juta kali dilihat orang. Kira-kira berapa ya penghasilannya dalam satu bulan? Melansir dari socialblade.com, dalam satu bulan estimasinya bisa $21.9K – $351K (Rp370.605.405.32- Rp5.912.840.784.94). Sedangkan jika dihitung per tahun, maka Mak Beti bisa mendapatkan $263.3K – $4.2M. Dalam satu tahun ada berapa banyak uang yang Mak Beti peroleh?

BACA JUGA: Selain Atta Halilintar, Penghasilan 5 Youtuber Ini Juga Enggak Kalah Fantastis

Namun, perjuangan memang tak mengkhianati hasil. Karena Mak Beti memang salah satu YouTuber yang sangat totalitas dalam menghibur para penontonnya. Untuk memerankan banyak karakter yang ada, berapa kali ia harus berganti baju dan melakukan take video?