in

5 Penemuan Fosil Naga yang Pernah Bikin Heboh, di Indonesia juga Ada!

Naga, makhluk satu ini mungkin bisa dibilang sebagai binatang mitologi yang paling dekat dengan manusia. Alasannya tak lain karena hewan mirip kadal tapi punya sayap ini muncul di hampir setiap aspek kehidupan manusia, entah itu film sampai cerita-cerita legenda dan mitos. Meskipun begitu familiar, namun semua orang sepakat kalau naga memang hanya makhluk khayalan.

Namun, keyakinan itu beberapa kali dipertanyakan tatkala para arkeolog menemukan tulang-tulang yang diidentikkan dengan naga. Tidak hanya sekali, tapi beberapa kali kejadian ini terus berulang dan tempatnya pun berbeda-beda. Naga yang selama ini jadi mitos, menjadi kabur dengan keyakinan eksistensinya yang mulai dianggap benar-benar ada.

Masih soal penemuan fosil naga, berikut ini beberapa kisah yang mungkin juga akan membuatmu percaya kalau makhluk ini benar ada. Di daftar ini kamu pun bakal salah satu lokasi yang bertempat di negara kita.

1. Penemuan Naga di Desa Niuheliang, Tiongkok

Legenda naga memang tak lepas dari mitologi zaman dinasti Cina kuno. Mungkin hal inilah yang menyebabkan para arkeolog ingin mengungkap kebenaran tentang keberadaan si makhluk penyembur api itu. Akhirnya, para arkeolog melakukan penggalian di tahun 1983. Mereka menelusuri beberapa tempat yang pernah ditinggali oleh penduduk pada zaman Tiongkok kuno. Evakuasi pertama dilakukan di sekitar lokasi lembah Sungai Liachoe, tepatnya di kaki Gunung Merah (Red Mountain). Setelah melakukan penggalian pertama, mereka menemukan sebuah lempengan giok yang memiliki bentuk seekor naga kecil. Mereka menyimpulkan bahwa peradaban zaman dahulu sudah mengenal relief dan kemungkinan pernah menemukan makhluk seperti naga.

Penemuan Naga di Desa Niuheliang [Image Source]
Rasa penasaran itu masih berlanjut. Arkeolog dari Pusat Penelitian Institut Propinsi Lioning melakukan penelusuran di tahun 2003. Mereka ini telah berpengalaman dalam menyelesaikan 16 situs. Hasilnya pun luar biasa, mereka menemukan sisa-sisa fosil yang berbentuk ular raksasa. Diduga fosil tersebut memang seekor naga raksasa setelah para arkeolog tersebut menyatukan 479 potongan fosil lainnya.

2. Penemuan Naga di Desa Guanling

Masih di sekitar Tiongkok, berdasarkan informasi yang pernah dikabarkan lewat media massa pada tahun 1996, masyarakat Desa Guanling dihebohkan dengan penemuan sosok naga. Wujud fosil naga tersebut berbentuk sempurna dan kondisinya utuh. Panjang tubuh naga itu sendiri mencapai 7,6 meter lengkap dengan tanduknya. Penemuan ini dipamerkan dalam sebuah Ancient Life Fossils Museum Anshun di Tiongkok.

Penemuan naga di Guanling [Image Source]

Beredar informasi yang menunjukkan bahwa penemuan naga bertanduk utuh hanyalah hoax. Beberapa informasi lain memberikan bukti-bukti bahwa fosil naga tersebut terbuat dari es yang diawetkan di Museum Cina. Banyak memang yang tak percaya dengan fosil ini lantaran bentuknya yang terlalu sempurna.

3. Penemuan Naga di Rumania

Masyarakat juga pernah dikejutkan dengan fosil cakar raksasa di wilayah Rumania. Benda tersebut diduga kuat merupakan cakar dari seekor naga raksasa yang berusia 80 juta tahun. Lantaran sangat unik, fosil yang juga disebut dengan Bigtooth tersebut masuk dalam salah satu penemuan paling penting dalam 100 tahun terakhir.

Cakar naga Romania [Image Source]
Salah satu ilmuwan dari Universitas Bucharest menduga bahwa fosil tersebut bukanlah naga melainkan hiu zaman purba. Berdasarkan pemeriksaan kerangka yang ditemukan, hewan ini memiliki tulang-tulang yang menyatu serta mempunyai lengan yang lebih kecil. Diperkirakan, hewan ini hanya bisa memegang dan mencabik daripada menggenggam mangsanya. Namun, tidak ada bukti dan foto yang kuat terkait berita ini

4. Penemuan Naga di Los Angeles

Dunia juga dihebohkan dengan ditemukannya seekor naga di pesisir Pulau Catalina, lebih tepatnya di Los Angeles. Menurut pernyataan kedua peneliti asal Amerika Serikat, Tyler Dvorak dan Amy Catalano, hewan yang ditemukan pada tanggal 1 Juni 2015 lalu ini lebih mirip dengan naga laut yang ada dalam kisah dongeng.

Penemuan naga Los Angeles [Image Source]
Kedua peneliti ini menyatakan bahwa hewan yang biasa disebut Oarfish tersebut hidup di kedalaman 500 hingga 1500 meter dari bawah permukaan laut. Makhluk tersebut bisa memiliki panjang belasan meter tergantung usianya.

5. Penemuan Kerangka Naga di Pulau Bangka, Indonesia

Lebih mengejutkan lagi, ternyata kerangka naga ini juga ditemukan di Indonesia. Masyarakat Bangka Belitung heboh dengan penemuan kerangka yang diduga naga sepanjang 15 meter dan berdiameter dua meter ini. Uniknya lagi, kerangka naga ini juga memiliki enam kaki. Kerangka ini ditemukan di kedalaman sungai 3 meter, tepatnya di Sungai Nyire, Toboali, Bangka Belitung.

Fosil naga di pulau Bangka [Image Source]
Para penduduk berkerumun untuk mengobati rasa penasaran mereka. Sebanyak 15 orang mengangkat kerangka raksasa tersebut ke dalam permukaan dengan menggunakan perahu. Untuk menguak terkait benar atau tidaknya kerangka ini, seorang dosen menyatakan bahwa kerangka tersebut bisa jadi fosil ikan paus atau benar-benar spesies naga. Kebenaran fosil tersebut masih diperiksa lebih lanjut untuk mengetahui kebenarannya.

Dari semua kisah di atas, masih belum benar-benar dipastikan apakah itu atau naga atau bukan. Jadi, bisa dibilang makhluk tersebut masih kategori mitos. Namun, bukan hal yang mustahil pula kalau kemudian peneliti sepakat menyebut salah satu dari lima penemuan ini ternyata naga. Saat itu baru kita boleh terkejut karena naga ternyata benar-benar ada.

Written by Chandra

Leave a Reply

Bumi Berhenti Berputar? Inilah yang Akan Dialami Manusia

8 Foto Fenomena Alam yang Ajaib dan Mampu Menipu Penglihatan Kita