in

11 Penemuan Mengagumkan Oleh Bangsa China

Kebudayaan China diakui sebagai kebudayaan tertua di dunia. Kebesaran bangsa China di jaman dahulu sudah diakui dunia, terbukti dari pekerjaan-pekerjaan besar yang mereka lakukan seperti membangun tembok terpanjang di dunia, serta ekspedisi maritim mereka yang sangat sukses.

Di jaman itu, China dikenal sebagai bangsa dengan teknologi yang sangat maju. Apa saja sih penemuan mereka? Yuk simak daftar di bawah ini:

1. Kompas

Kompas sudah dikenal sebagai penunjuk arah yang sangat berguna bagi manusia. Kompas China lahir di abad ke 4 sebelum Masehi. Dibuat dari lodestone, sejenis magnet alami. Bentuknya berupa sendok yang diletakkan pada piringan tembaga.

Kompas China
Kompas China [imagesource]
 Alat ini digunakan untuk menentukan arah berdasarkan fengshui. Jadi kegunaannya tidak hanya untu menentukan arah, namun juga sangat bermanfaat untuk menentukan letak dan arah bangunan, bahkan konon juga bisa menunjukkan keberuntungan manusia.

2. Kemudi Kapal

Kemudi kapal atau Ship’s rudder adalah sebuah alat yang terletak di bagian bawah kapal yang berguna untuk mengendalikan arah. Saat orang Eropa menemukan teknologi membangun kapal yang hebat, China menjadi yang pertama dalam menemukan kemudi kapal.

Kemudi Kapal
Kemudi Kapal [imagesource]
Orang China sudah menggunakan desain ini di abad 1 sebelum Masehi. Desain ini sangat kuat dan canggih sehingga mampu mengangkat kapal dari air.Juga sangat bermanfaat bagi kapal yang mengankat muatan berat.

3. Tisu Toilet

Penemuan tisu yang kita pakai sehari-hari, sudah ada sejak lama. Digunakan di China sejak abad ke 6 oleh para bangsawannya. Hal ini mendahului dunia luar  yang baru menggunakannya 1300 tahun kemudian.

Tisyu Toilet
Tisyu Toilet [imagesource]
Hingga abad 14, 10 juta kemasan telah dibuat setiap tahun di satu provinsi saja. Bayangkan jumlahnya saat digabung dengan provinsi China yang lain.

4. Kertas

China mengembangkan kertas seperti yang sekarang kita pakai, sejak abad pertama. Dipercaya salah seorang pegawai istana kekaisaran bernama Cai Lun yang membuatnya pertama kali.

China, pembuat kertas pertama kali
China, pembuat kertas pertama kali [imagesource]
Penemuan ini membuat Cai Lun dilimpahi penghargaan dan kekayaan besar oleh kaisar China yang berkuasa saat itu.

5. Mesin Cetak

Penemuan lainnya yang sangat berguna hingga hari ini adalah mesin cetak. Bi Sheng memodifikasi mesin cetak yang saat itu sangat besar, menjadi lebih ringkas dan dapat dibawa-bawa.

Mesin cetak
Mesin cetak [imagesource]
Pria yang lahir di sekitar abad ke 8 ini berasal dari keluarga rakyat jelata sehingga namanya tidak tercatat pada catatan sejarah kekaisaran. Siapa sangka penemuannya pada masa itu, kini banyak dikembangkan dan berguna bagi kehidupan dan industri.

6. Bubuk Mesiu

Sejarah mencatat bahwa bubuk mesiu pertama kali digunakan di China pada tahun 800 setelah masehi. Saat itu hanya digunakan sebagai kembang api, petasan, dan sinyal flare.

Bubuk Mesiu
Bubuk Mesiu [imagesource]
Saat perang melawan Mongol di tahun 1300, barulah bubuk ini dikembangkan menjadi senjata seperti bom dan meriam.

7. Minuman Beralkohol

Sebuah tembikar berusia 9000 tahun di China memperlihatkan jejak alkohol. Berarti orang China sudah mengkonsumsi alkohol 7000 tahun sebelum masehi!

Minuman Beralkohol
Minuman Beralkohol [imagesource]
Hingga abad ke 13, penjualan alkohol merupakan penghasil income terbesar bagi bangsa China.

8. Peleburan Besi dan Baja

Peleburan besi sudah dimulai sejak awal abad ke 5 sebelum Masehi. Lalu baja ditemukan sekitar tahun 380 setelah Masehi.

Peleburan besi dan baja
Peleburan besi dan baja [imagesource]
Kekaisaran memonopoli pembuatan besi ini dan membuat tempat-tempat penempaan di mana-mana di setiap pelosok China.

9. Seismograph

Alat pendeteksi gempa atau seismograph, ternyata sudah ditemukan sejak berabad-abad lalu oleh negeri tirai bambu. Alat ini dibuat pada awal abad ke 2.

Seismograph
Seismograph [imagesource]
Sebuah pendulum di dalam alat ini akan memicu mekanisme alat ini yang menunjukkan arah episentrum pusat gempa.

10. Uang Kertas

Pertama kali digunakan sekitar tahun 600 sesudah Masehi, lebih cepat 500 tahun sebelum Eropa. Kebanyakan dalam bentuk kredit pribadi.

Uang Kertas
Uang Kertas [imagesource]
Alat pembayaran ini kemudian dilarang pada tahun 1455 sampai beberapa ratus tahun sesudahnya.

11. Layang-Layang dan Gantole

Layang-layang pertama kali muncul di China pada tahun 400 sebelum Masehi dalam bentuk burung Elang. Kemudian desainnya berubah dan semakin disempurnakan selama berabad-abad.

Layang-Layang dan Gantole
Layang-Layang dan Gantole [imagesource]
Di tahun 500 setelah Masehi, gantole mulai digunakan. Kadang dengan menggantung musuh di gantole itu untuk dijatuhkan dari langit.

Keren banget ya penemuan bangsa China ini. Masing-masing bangsa memang punya kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Mau tau apa aja kelebihan dan penemuan bangsa Indonesia? Simak artikel Boombastis yang lainnya yaa!

Written by Norman Duarte

Leave a Reply

7 Bangunan Kuno yang Menunjukkan Bahwa Arsitektur Islam itu Super Indah

6 Jalur Utama Paling Berbahaya dan Mengerikan Yang Ada di Dunia