in

Hilang 4 Hari di Gunung Nokilalaki, Pemuda Ini Alami Kejadian Mistis Merasa ‘Disesatkan’

Dijuluki Ring of Fire, Indonesia memiliki banyak pegunungan indah dengan pemandangan menakjubkan. Wajar saja jika banyak orang memilih mendaki gunung untuk melihat keindahan alam tersebut. Namun kegiatan yang menyenangkan bisa berubah menjadi malapetaka kala membaca sejumlah kasus pendaki yang hilang di gunung.

Salah satunya yang baru saja terjadi, seorang pendaki bernama Rizky Rahmatullah sempat menghilang saat mendaki di Gunung Nokilalaki. Beruntung ia berhasil ditemukan oleh warga setempat. Namun seperti apa kisahnya? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Setelah masak tapi tak kunjung muncul

Pada Minggu (22/8/2021) pukul 09.00 WITA, Rizky bersama ketujuh temannya memulai pendakian di Gunung Nokilalaki. Kala itu, Rizky dan seorang temannya bertugas untuk memasak makanan dan membangun tenda.

Pendaki hilang [sumber gambar]
Sedangkan keenam rekannya terus berjalan menuju puncak Gunung Nokilalaki. Kemudian Rizky yang sudah selesai melakukan tugasnya berinisiatif menyusul teman-temannya. Namun hingga larut malam, Rizky belum muncul juga. Padahal teman-temannya sudah kembali ke tenda.

Evakuasi Rizky sempat terhalang cuaca

Setelah hilang selama empat hari, seorang warga bernama Zono tak sengaja melihat Rizky saat dirinya hendak mencari ikan. Zono langsung sigap meminta bantuan Tim SAR untuk mengevakuasi Rizky yang berada di seberang sungai. Anggota tim penyelamat segera mendaki gunung pukul 17.00 WITA. Sayangnya, pencarian sempat tertunda lantaran hari sudah mulai petang.

Pendaki hilang [sumber gambar]

Esok harinya, evakuasi dilanjutkan kembali dan tim SAR sudah berhasil menemukan Rizky. Namun mahasiswa peternakan Universitas Tadulako itu belum bisa dibawa turun karena hujan deras. Akhirnya pada Kamis (26/8/2021), Rizky berhasil dibawa turun.

Rizky tersesat saat menuju puncak gunung

Saat ditemukan di bantaran Sungai Rawa, Desa Sopu, Rizky masih dalam kondisi lemas. Pemuda berusia 20 tahun itu berlindung di bawah batu dan menyalakan api. Ia memilih tidur dalam kondisi telanjang karena baju yang ia bawa basah terkena hujan. Ia juga harus bertahan hidup hanya dengan mengonsumsi cokelat bubuk, karena tak membawa parang atau pisau untuk mencari tumbuhan.

Rizky diselamatkan tim [sumber gambar]
Rizky menuturkan dirinya hilang karena tersesat dari shelter 2 Gunung Nokilalaki. Shelter tersebut diketahui memiliki beberapa cabang jalur pendakian, yang bisa membuat pendaki bingung ketika mengambil jalur yang salah. Hal itu membuat Rizky terpisah dari teman-temannya.

Rizky alami kejadian mistis di Gunung Nokilalaki

Gunung Nokilalaki yang berada dalam Balai Taman Nasional Lore Lindu diyakini memiliki kisah-kisah mistis di luar nalar manusia. Setidaknya hal itulah yang dialami sendiri oleh Rizky. Ia menceritakan, saat itu dirinya berjalan menuju pos bayangan pukul 12.00 WITA yang hanya perlu waktu 30 menit dari pos satu.

Pendaki hilang [sumber gambar]
Rizky melihat ada dua jalur pendakian setelah tiba di pos bayangan. Jalur kanan ke arah Danau Lindu dan jalur kiri menuju puncak. Ia memilih jalur kanan karena banyak ranting pohon menutupi jalur kiri. Namun setelah berjalan 30 menit, Rizky sadar ia salah jalur dan memutuskan kembali ke pos bayangan untuk mengambil jalur kiri. Dalam perjalanan kembali ke pos bayangan, Rizky mengaku mengalami kejadian mistis.

Bukan tersesat, tapi ‘disesatkan’

Pendaki hilang [sumber gambar]
Menurutnya ia bukan tersesat namun disesatkan, karena saat itu kondisi masih siang sehingga jalur masih terang. Tetapi anehnya setelah berjalan 20 menit, ia kembali ke tempat semula. Rizky pun menyobek ponco miliknya dan mengikatnya ke dahan pohon sebagai penanda. Setelah tiga jam berjalan dan matahari mulai gelap, sayangnya Rizky masih melihat kain ponco yang ia pasang. Penanda bahwa ia hanya berputar-putar di tempat yang sama.

BACA JUGA: 4 Kisah Mistis Para Pendaki Saat Berada di Gunung, Bikin Merinding!

Terlepas dari unsur mistis yang diyakini masyarakat, Kepala Taman Badan Nasional Lore Lindu Jusman mengatakan banyaknya pendaki yang hilang di Gunung Nokilalaki, disebabkan mereka belum melindungi diri dengan peralatan mendaki yang memenuhi standar. Jusman beberapa kali menemukan pendaki terkena hipotermia karena tak memakai jaket yang sesuai dengan standar pendakian. Sebaiknya siapkan fisik, mental, dan perlengkapan sesuai standar jika ingin mendaki gunung.

Written by F A Agustina

Tinggalkan Motor Menyala dan Surat Wasiat di Jembatan Suramadu, Pria Ini Ditemukan di Laut

Pasutri Asal Gowa Ini Tega Cungkil Mata Anak, Diduga Jadi Tumbal Praktek Pesugihan