in

Mbah Atin, Sang ‘Pencabut Nyawa’ yang Membuat Masyarakat Jogja Tidak Bisa Tidur

Urban legend atau mitos serta legenda adalah bagian yang sudah tidak bisa dipisahkan dari Indonesia. Dari nenek moyang hingga generasi sekarang, kita masih mempercayai keberadaan makhluk yang tak kasat mata dan menjadi misteri. Tiap daerah pasti punya kepercayaan akan sosok misterius ini, contohnya saja Yogyakarta.

Selain Nyi Roro Kidul, ada perempuan tua yang sangat ditakuti oleh warga. Sosok yang disebut sebagai Mbah Atin ini dipercaya akan mendatangkan petaka jika kebetulan ada yang melihat ia menampakkan diri. Diceritakan dari mulut ke mulut, beginilah Mbah Atin dalam pandangan masyarakat setempat.

Perempuan tua dalam balutan kebaya

Penampakan Mbah Atin [Sumber gambar]
Bagi penduduk yang tinggal di Yogkakarta, terutama di bagian pinggiran kota yang masih lekat dengan kearifan lokal, sosok Mbah Atin bukanlah hal asing. Perempuan tua yang sudah menjadi legenda ini sering dikaitkan dengan berbagai bencana. Dalam kepercayaan masyarakat Jogja, Mbah Atin menampakkan dirinya dalam wanita tua renta dengan balutan kebaya kuning mencolok membawa sebuah tas hitam. Nah, masalah asal mula sosok ini juga tidak ada yang mengetahuinya secara pasti.

Pembawa petaka pencabut nyawa dari Jogja

Pertanda datangnya bencana [Sumber gambar]

Bagi yang kebetulan melihat Mbah Atin menampakkan dirinya, maka tak akan lama tempat tersebut akan dilanda bencana, atau akan ada yang meninggal dunia. Walaupun kisah ini hanya terdengar dari mulut satu ke yang lain, kepercayaan akan keberadaan Mbah Atin sudah mendarah daging. Selain disebut sebagai pertanda bencana, Mbah Atin juga disebut sebagai pencabut nyawa. Seperti seorang anak kecil yang bercerita jika ia bertemu nenek dalam mimpinya. Tak sampai sore hari, anak kecil tersebut tewas terbawa arus air.

Sosok misterius yang tidak diketahui kebenarannya

Unggahan Merawatjogja [Sumber gambar]
Seperti yang ditulis oleh akun resmi Instagram @merawatjogja, Mbah Atin merupakan sosok misterius yang tidak diketahui benar atau tidaknya. Mbah Atin sering berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Cerita-cerita yang sudah dialami oleh masyarakat juga tidak bisa dipastikan jika penyebabnya adalah Mbah Atin. Yah, ada yang meyakini sedangkan sebagian orang lagi tak percaya begitu saja dengan kisah ini.

Nenek tua yang punya ilmu hitam

Dipercaya Masyarakat punya ilmu hitam [Sumber gambar]
Selain dikenal dengan sang pencabut nyawa dan pembawa petaka, sebagian orang mayakini bahwa Mbah Atin adalah orang yang punya ilmu hitam dan kekuatan jahat. Dulunya Mbah Atin adalah sosok perempuan dengan gangguan mental yang memperdaya korban dengan mengajaknya jalan-jalan, memberi makanan, sebelum kemudian dibunuh dan dijadikan penyempurna ilmunya. Namun, cerita ini kemudian disalah artikan sebagai pertanda kematian dan pangkal dari segala bencana.

Namun, terlepas dari nyata atau tidaknya urban legend ini, belum ada alasan yang bisa membenarkan keberadaan Mbah Atin ini. Kepercayaan akan hal-hal yang berbau mistis kembali lagi kepada kita. Kematian dan bencana adalah dua hal yang masih menjadi rahasia dan tidak kita ketahui kapan ia akan datang.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Belajar dari Kisah Sukses Pria Lulusan Sarjana yang Tak Malu Meski Menjadi Pemulung Sampah

6 Youtubers Ini Kontroversial Banget tapi Fansnya Selangit, Kata Netizen: Welcome to Indonesia