in

Bermodal Baju Bekas, Pemuda 20 Tahun Ini Sanggup Beli Rumah Hingga Mobil

Bisnis berjualan baju bekas sepintas memang terlihat sepele dan terlihat tak menjanjikan. Namun hal tersebut berhasil dipatahkan oleh seorang pemuda bernama Muhammad Asyraf Khairul Anuar. Di usianya yang baru mencapai 20 tahun, ia justru merengkuh kesuksesan lewat bisnis tersebut.

Meski demikian, kemapanan hidup tersebut tak serta merta membuat dirinya lupa. Khairul pun membagikan kisah suksesnya di media sosial untuk memotivasi anak muda lainnya agar terpacu meraih kesuksesan yang diinginkannya. Semua hal tersebut ternyata dimulai Asyraf dari hal yang sangat sederhana.

https://www.instagram.com/p/B6vI1a6Bx8t/

Semua hal tersebut berawal saat dirinya bergabung dengan sebuah usaha yang bernama ‘bundel business’ setelah menyelesaikan Certificate of Education Malaysia (SPM) atau SMA pada tahun 2017. Dari bisnis tersebut, pemuda asal Klang, Selangor, Malaysia itu memulai petualangannya.

Dengan modal Ringgit Malaysia (RM) 100 atau setara Rp 300 ribu, ia mencoba menjual produknya itu lewat media sosial instagram. Di Malaysia, bisnis baju bekas disebut sebagai bisnis bundel, yakni pembelian berupa sekarung penuh baju bekas dari negara-negara luar.

Bisnis baju bekas yang ditekuni Asyraf [sumber gambar]
“Dengan modal yang aku miliki, aku membeli kuota internet dan mulai menjelajah Instagram untuk menganalisis bagaimana toko ‘bundel’ ini dijalankan. Bagaimana mereka mempromosikan dagangan. Pelan-pelan daganganku mulai dibeli, meski pada awalnya aku tidak berharap mereka akan habis dalam waktu kurang dari seminggu,” ucap Asyraf yang dikutip dari Harian Metro (11/06/2020).

Puncak kesuksesannya pun semakin bertambah saat dirinya merambah barang bundel dari Jepang yang dirancang oleh desainer negeri Matahari tersebut. Karena sifatnya yang limited alias tidak banyak ditemukan, barang bundel jualan Asyraf tersebut banyak diburu pembeli.

Salah satu koleksi baju milik Asyraf [sumber gambar]
Tingginya minat beli membuat Asyraf panen keuntungan. Mereka bahkan tak ragu mengeluarkan kocek hingga ratusan ribu demi barang-barang yang terbilang vintage dan terbatas itu. Pada 2019, Asyraf pun berhasil mengumpulkan uang sebanyak Rp659 juta dari bisnisnya tersebut.

Kisah sukses Asyraf pun ia bagikan di Twitter pribadinya. Tak lupa, ia menyertakan potret rumah dan mobil mewah yang dibalut warna merah kombinasi hitam sebagai latar fotonya. Kesemuanya tersebut, berhasil ia miliki di usia yang relatif masih muda, 20 tahun!

Dalam postingan tersebut, Asyraf menulis bertapa dirinya bersyukur karena telah memiliki kedua hal tersebut di usia yang masih sangat muda. “Alhamdulillah sudah ada keduanya sebelum 20 meski tak seberapa,” tulis Asyraf. Saat artikel dimuat, unggahan Asyraf telah di-retweet sebanyak 8,4 ribu kali dan disukai hingga 24,3 ribu.

Meski telah membeli rumah sendiri, Asyraf mengaku bahwa rumah tersebut diberikan untuk keluarganya. “Rumah yang saya beli tahun lalu sebenarnya adalah hadiah untuk keluarga. Untuk rumah saya sendiri mungkin nanti karena saya masih lajang,” kata Muhammad Asyraf yang dikutip dari Metro (11/06/2020).

BACA JUGA: Cucu Abu Rizal Bakrie Jual Baju Bekas, Harganya Bikin Rakyat Jelata Sesak Napas

Kesuksesan seorang Asyraf, bisa menjadi contoh bahwa bisnis bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa memandang usia. Keberhasilannya di umur 20 tahun, diharapkan bisa memacu diri kita agar mau bekerja keras meraih apa yang diimpikan selama ini. Tak hanya di bidang bisnis, tapi juga hal lainnya yang bisa menambah kualitas hidup kita di masa depan. Semangat ya Sahabat Boombastis.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Sepak Terjangnya Tuai Kontroversi, Inilah Rincian Harta Miliaran Menteri Yasonna Laoly

Tak Cuma Menawan, 7 Publik Figur Wanita Ini Terkenal karena Kocak