in

5 Pemimpin Negara yang Punya Banyak Istri hingga Ratusan, Dapat Warisan sampai Fungsi Politik

Sosok pemimpin negara, biasanya lekat dengan kharisma yang membuat mereka dikagumi bahkan dipuja. Mengingat tugas berat yang diemban oleh mereka, tak heran jika banyak yang kemudian sangat dicintai oleh rakyatnya. Selain itu, sosok di samping para pemimpin negara juga tak luput dari perhatian. Mereka yang mendampingi orang nomor satu di sebuah negara, turut menjadi sorotan.

Tapi, bagaimana jika seorang pemimpin negara memiliki lebih dari satu ibu negara? Seperti beberapa tokoh pemimpin negara di dunia ini. Mereka dijuluki doyan berpoligami karena punya lebih dari satu istri. Uniknya, istri-istri ini ada yang datang dari pernikahan karena tradisi hingga warisan. Berikut mari kita simak selengkapnya.

Jacob Zuma, Presiden Afrika Selatan yang punya enam istri

Nama Jacob Zuma atau Jacob Gedleyihlekisa Zuma, cukup terkenal di Afrika Selatan. Ia pernah dibui bersama Nelson Mandela selama 10 tahun dan menjabat sebagai presiden selama 9 tahun. Sosoknya pun dipuja karena berperan penting dalam gerakan pembebasan di Afrika Selatan. Tapi, kepopulerannya ternyata juga terjadi karena JZ gemar berpoligami.

Jacob Zuma dan istri-istrinya [sumber gambar]
JZ memiliki enam orang istri, satu di antaranya sudah meninggal dan lainnya bercerai. Saat menjadi presiden, JZ memiliki tiga ibu negara. Mereka adalah Gloria Bongekile Ngema, Tobeka Madiba, dan Nompumelelo Ntuli. Kabar terbaru mengenai perjalanan cinta JZ, disebutkan bahwa di usianya yang menginjak 79 tahun, dirinya bertunangan dengan gadis 27 tahun. Apakah gadis ini akan segera menjadi istri ketujuhnya?

King Abumbi II, punya 100 istri karena warisan sang ayah

Ketika meninggal, biasanya seseorang meninggalkan warisan. Jika ia seorang raja, bisa jadi warisannya adalah harta atau tahta. Raja di Bafut, Kamerun, punya tradisi yang berbeda. Ketika mereka meninggal dunia, istri-istrinya akan diwariskan ke raja selanjutnya. Inilah yang kemudian membuat King Abumbi II, raja ke-11 Bafut memiliki 100 istri.

King Abumbi II [sumber gambar]

King Abumbi II sendiri sebelumnya sudah memiliki 28 istri. Dan karena tradisi ini, ia pun akhirnya memiliki 100 istri dan 500 anak. Pada face2faceAfrica, King Abumbi II mengatakan bahwa istri-istrinya sangat penting baginya. Pun menjadi tugasnya untuk melestarikan budaya dari masyarakatnya dan tradisi lokal.

Ibnu Saud, sosok di balik terbentuknya kerajaan Arab Saudi yang punya 20 istri

Abdul Aziz bin Abdul Rahman Al Saud atau Ibnu Saud adalah raja pertama Arab Saudi. Sosoknya sangat terkenal karena di tahun 1902, ia bersama pasukan keluarga dan saudara berhasil merebut Riyadh. Hingga pada 1932, saat dirinya telah menguasai sebagian besar Jazirah Arab yang direbut dari musuh-musuhnya, Hijaz dan Nejd, Ibnu Saud menamain tanah gabungan tersebut sebagai Arab Saudi.

Abdul Aziz bin Abdul Rahman Al Saud [sumber gambar]
Selain kiprahnya itu, Ibnu Saud juga populer karena memiliki 20 istri. Tak terlalu banyak kisah di balik poligami yang dilakukan oleh Ibnu Saud, namun diperkirakan anak dari pernikahan dan poligaminya ini berjumlah 50 hingga 200 orang. Ibnu Saud meninggal dunia pada 9 November 1953 pada usia 78 tahun.

Raja Mongkut Rama IV, berpoligami untuk fungsi politik

Thailand ternyata memiliki hukum legal yang memperbolehkan seseorang untuk berpoligami. Hukum yang dinamai Kodmai Laksana Pua Mia tersebut, membagi istri menjadi 3 kategori yakni istri pertama (mia luang), istri kedua (mia noi), dan istri budak (thasa phalay). Tak heran ya kalau raja-raja Thailand sering memiliki banyak istri dan selir.

Raja Mongkut Rama IV Thailand [sumber gambar]
Salah satu raja dengan istri terbanyak di Thailand adalah Raja Mongkut Rama IV. Ia memiliki 32 istri dan 82 anak. Raja Mongkut Rama IV memimpin Thailand pada 1851 hingga 1868. Di zaman itu, istri tak hanya mengurusi perkara kebutuhan biologis saja, tapi berfungsi politis. Istri-istri raja saat itu berperan sebagai perpanjangan tangan untuk mengintegrasikan berbagai pemukiman pada kerajaan.

Raja Solomon, jumlah istri dan selirnya bisa jadi pasukan perang

Raja Solomon dikenal sebagai sosok yang bijak. Ia adalah raja yang berhasil memimpin Israel dan membuatnya menjadi negara jaya. Kala itu, Raja Solomon berhasil mencapai luas wilayah yang terbesar dalam sejarah yang pernah dicapai Israel. Namun ada fakta mengejutkan tentang raja ini, ia memiliki 700 istri dan 300 selir. Jumlah yang cukup untuk membuat sekompi pasukan perang.

Raja Solomon dengan 700 istri [sumber gambar]
Jumlah istri yang mencapai 700 ini, ternyata berkaitan dengan hal-hal politik yang Raja Solomon lakukan. Banyak yang meyakini bahwa Raja Solomon mendapatkan istri-istrinya karena ekspansi kerajaan. Ia sering ditawari putri dari wilayah tertentu, hingga akhirnya berjumlah ratusan. Salah satu istri paling terkenal dari Raja Solomon adalah putri dari Firaun.

BACA JUGA: Jarang Terekspos, Ini 3 Wanita yang Menjadi Istri Mendampingi Raja Salman dari Arab Saudi

Jika berbicara tentang pemimpin negara dengan istri lebih dari satu, sebenarnya Indonesia juga memiliki sosok serupa. Ialah Presiden Soekarno yang terkenal memiliki 9 istri yaitu Oetari, Inggit Garnasih, Fatmawati, Hartini, Kartini Manoppo, Ratna Sari Dewi , Haryati, Yurike Sanger, dan Heldy Djafar. Bedanya, beliau tidak menikahi 9 wanita tersebut sekaligus seperti tokoh-tokoh pemimpin negara di atas.

Written by Alenka

Muncul Kembali Setelah 30 Tahun Tenggelam, Fakta Desa Aceredo Ini Bikin Melongo

Punya Jet Pribadi Hingga Bisnis Bus, Ini Kekayaan Gilang Widya Pramana Alias Juragan 99