Film dan sinetron Indonesia rupanya tak pernah lepas dari pemeran ibu. Mau itu ibu yang baik seperti bidadari, ibu tiri, serta ibu-ibu lainnya. Melihat perjalanan dunia perfilman Indonesia yang sudah berusia lebih dari setengah abad, tepatnya 67 tahun, ada beberapa pemeran ibu yang terkenang di hati para pemirsanya.

Dalam rangka memperingati Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember kemarin, Boombastis.com akan merangkum siapa saja pemeran ibu paling ikonik di Indonesia. Meskipun begitu, beberapa dari mereka tak memiliki nasib yang berbanding lurus dengan ketenaran yang mereka dapat pada masa emasnya. Siapa saja mereka? Simak sosoknya dalam ulasan berikut.

1. Ayu Laksmi – Ibu ‘Pengabdi Setan’

Tahun 2017 bisa dibilang kejayaan film Indonesia sedang meningkat pesat. Meskipun masih tetap kalah dengan rentetan film Barat di bioskop yang lebih diserang para moviegoers, para sineas Indonesia benar-benar produktif dalam meluncurkan karya-karyanya di tahun ini. Tak terlepas dari Pengabdi Setan remake, yang diprakarsai oleh Joko Anwar.

Ayu Laksmi [image source]
Belum sampai satu minggu, penjualan film Pengabdi Setan benar-benar meningkat pesat. Hal tersebut disebabkan oleh karakter Ibu yang diperankan oleh Ayu Laksmi. Image super seram yang diusungnya berhasil menghantui para penonton Pengabdi Setan hingga sekarang. Alhasil, Ayu Laksmi sekarang sangat dikenal oleh masyarakat, meskipun begitu ia tetap memilah dan memilih untuk tawaran layar lebar yang menyerbunya.

2. Yoelitta Palar, Mama Paling Kekinian

Kids zaman now pasti kenal semua dengan sosok satu ini. Bagaimana tidak, ia merupakan sosok ibu dalam sinetron paling diingat di tahun ini. Ya, Yoelitta Palar adalah sosok ibunya Boy dalam sinetron Anak Jalanan. Wajahnya yang awet muda malah bisa dibilang seumuran dengan si Boy.

Yoelitta Palar [image source]
Setelah Anak Jalanan tamat, ia mengaku nasibnya sempat tak tentu arah. Namun, siapa sih yang akan sia-siain alumni Wajah Femina tersebut? Buktinya ia langsung digaet oleh sinetron Anak Langit yang mendapuknya kembali menjadi mama di sana.

3. Novita Sari – Mamah ‘Abdel’ yang Seksi

Bukan Indonesia namanya jika serial tivi komedinya tak mengusung karakter-karakter seksi. Sinetron komedi Abdel dan Temon jaman dulu juga memiliki salah satu karakter tersebut. Ia adalah mamah Abdel yang diperankan oleh Novita Sari.

Novita Sari [image source]
Bukannya dihormati, Abdel dan Temon terkesima dengan keseksian yang dimiliki ibunya tersebut. Setelah Abdel dan  Temon berhenti tayang di layar kaca, sosok Novita Sari pun menghilang tanpa jejak. Namun, baru-baru ini tersebar fotonya yang semakin seksi di sosial media. Dikabarkan dirinya sekarang mengoleksi batu akik dalam kesehariannya.

4. Nani Widjaya – Emak ‘Bajaj Bajuri’

Pada awal tahun 2000an, sinetron komedi Bajaj Bajuri merupakan salah satu yang paling ditunggu-tunggu pemirsa di malam hari. Pasalnya, sinetron ini memiliki karakter yang unik bin ajaib. Nani Wijaya merupakan salah satunya. Ia mengambil peran emak Bajuri di sana.

Nani Widjaya [image source]
Masih sehat walafiat hingga sekarang, beberapa bulan yang lalu kabar Nani Widjaya sempat menghebohkan publik. Hal tersebut dikarenakan ia menikah lagi di usianya yang sudah menginjak 72 tahun. Sastrawan Ajip Rosidi lah yang berhasil mengambil hati pemeran Emak tersebut. Sama-sama kehilangan pasangan hidup yang menjadi latar belakang bersatunya mereka.

5. Moudy Wilhelmina – Sosok Ibu Tiri yang Jahat

Siapa yang masih ingat sinetron Bidadari? Pasti kalian juga masih terkenang akan sosok satu ini, dong. Ya, ia adalah Moudy Wilhelmina pemeran ibu tiri Lala yang sering berbuat jahat pada peran yang dimainkan oleh Marshanda itu. Namun, di sisi lain dirinya tetap menjadi ibu yang penyayang bagi anak kandungnya, Bombom.

Moudy Wilhelmina [image source]
Meskipun masih aktif dalam dunia hiburan, perjalanan karir Moudy semakin ke sini semakin meredup. Mungkin, karakter ibu yang jahat zaman now sudah tergantikan oleh aktor-aktor baru yang lebih kekinian, tapi tetap saja, nggak ada yang ngalahin kejamnya Moudy ketika berperan sebagai ibu tiri.

6. Cut Keke – Enyak-enyak Betawi

Banyak sinetron dan film Indonesia yang mengambil latar belakang tempat di ibukota, tak terkecuali yang menyeret Cut Keke sebagai salah satu pemerannya. Mungkin kids zaman now mengenal ia dari sinetron Kecil-kecil Jadi Manten yang mendapuk dirinya sebagai enyak-nya Rohaye. Namun, Cut Keke lebih ikonik lagi dengan karakternya sebagai ibu tiri Jojo dalam film Joshua oh Joshua.

Cut Keke [image source]
Penampilannya mengenakan kebaya lawas, serta koyo yang selalu tertempel pada pinggiran dahinya sangat ikonik kala itu. Rupanya, Cut Keke merupakan satu-satunya yang konsisten dalam memerankan karakter ibu di segala sinetron dan film Indonesia. Ia pun kini sedang membintangi salah satu sinetron besutan stasiun televisi swasta.

7. Meriam Bellina – Segala Macam Peran Ibu Sudah Pernah Dijajalnya

Kalau aktor senior satu ini memang sudah tak bisa lagi diragukan kemampuannya. Jika Moudy dikenal dengan karakter ibu tirinya dan Ayu Laksmi dengan ibu yang super seram, Meriam Bellina sudah menjajal peran ibu dari yang bak bidadari hingga siap menerkam seperti macan.

Meriam Bellina [image source]
Ia berhasil membawakan karakter ibu di film layar lebar Get Married, pernah juga memerankan Bunda Iffet, ibu dari anak-anak Slank kala itu. Sekarang, dirinya pun masih berkutat di dunia hiburan, tapi lebih fokus terhadap sinetron. Meskipun begitu, karakter di luar ibu pun bisa dikuasainya dengan baik. Benar-benar aktor legendaris, deh!

8. Leily Sagita – Ibu Mertua yang Jahat

Ikonik dari yang terikonik? Bisa dibilang Leily Sagita lah jawabannya. Bagaimana tidak, ia muncul setiap hari di televisi selama 8 tahun loh! Meskipun begitu, kita juga tak bosan, ya, dengan karakter yang diusungnya. Leily Sagita merupakan karakter ibu mertua paling diingat, rasanya setelah melihat perannya di tivi, semakin banyak orang yang menganggap bahwa ibu mertua itu killer!

Leily Sagita [image source]
Namun, nasibnya kini tak secemerlang dulu. Ia mengaku sepi job akhir-akhir ini karena sudah tergantikan dengan artis-artis lainnya. Masih menjalani syuting yang tak banyak, ia menyokong hidup dengan berjualan kripik singkong buatan sendiri sekarang.

9. Aminah Cendrakasih – Mak Nyak ‘Si Doel’

Peran Mak Nyak dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan juga nggak kalah ikonik dari ibu mertua Tersanjung. Pasalnya, gaya Betawi yang diusung sangat kental dan diramu dengan gaya khas Aminah Cendrakasih. Karakternya juga bisa dibilang yang mengangkat sinetron ini menjadi booming, tentu saja selain kisah cinta Zaenab-Doel-Sarah.

Aminah Cendrakasih [image source]
Sama seperti Leily Sagita, nasib Aminah Cendrakasih sekarang tak jauh dari kata ironis. Dilansir dari liputan6.com, ia sudah terbaring tak berdaya selama 10 tahun karena penyakit glaukoma yang dideritanya.

10. Novia Kolopaking – Ibu ‘Keluarga Cemara’

Tak terasa sudah 21 tahun berlalu semenjak sinetron Keluarga Cemara pertama kali tayang. Merupakan sinetron keluarga yang paling ditunggu-tunggu kala itu, Keluarga Cemara pun memiliki karakter ibu yang terngiang hingga sekarang. Bagaimana ia sabar menghadapi cobaan dan tetap mencintai keluarganya.

Novia Kolopaking [image source]
Rupanya, peran yang dimainkan oleh Novia Kolopaking itu terbawa ke dalam kehidupan pribadinya. Ia diketahui tak lagi aktif dalam dunia hiburan dan lebih fokus dalam mengurus dua buah hatinya di rumah.

Yap, itulah 10 pemeran ibu paling ikonik dalam film dan sinetron Indonesia sepanjang sejarah. Melihat sepak terjang mereka, rupanya tak gampang, ya, bertahan di dunia hiburan. Nah, di antara 10 karakter ibu tersebut, mana yang paling berakar kuat di pikiranmu? Tulis di kolom komentar, ya!