in

4 Pemain Muda Indonesia ‘Paling Bernilai’ di Jagat Sepak Bola Asia Tenggara

Bukan sebuah rahasia lagi jika saat ini, meski pemain masih berusia muda, namun mempunyai harga yang mahal. Contohnya adalah Kylian Mbappe atau Ousmane Dembele yang masih berusia tahun, tapi badrolnya sampai triliunan. Fenomena ini sedikit menjadi gambaran kalau sepak bola bukan lagi olahraga 11 Vs 11 saja, lebih dari itu ada uang melimpah yang mengalir di dalamnya.

Masih berbicara tentang pemain bernilai, di Indonesia sendiri juga ada beberapa punggawa muda mempunyai harga mahal. Walaupun tidak sampai triliunan, namun bisa membuat klub-klub nasional merogoh kocek dalam sakunya. Siapa sajakah mereka? Mari lihat ulasan berikut ini mengetahui wonderkidwonderkid tanah air paling bernilai di sepak bola Asia Tenggara.

Saddil Ramdani pemain Indonesia merumput di Malaysia

Aksi Saddil saat Timnas melawan Jepang [Sumber Gambar]
Setelah Evan Dimas, Andik Vermansyah, dan Achmad Jufriyanto rasakan Liga Malaysia, kini giliran Sanddil Ramdhani yang mendapatkan kesempatan meniti karier di Negeri Jiran. Bergabung dengan Pahang FA, mantan Persela Lamongan tersebut kabarnya mempunyai harga super mahal. Konon nilainya menjadi tertinggi di antara skuad klub berjuluk The Elephants itu. Dari penelusuran yang dilakukan penulis, harga Saddil adalah 135 poundsterling atau sekitar Rp2,5 miliar.

Pemain belakang Timnas U-22 Asnawi Mangkualam

Asnawi unjuk gigi bersama Timnas [Sumber Gambar]
Sama halnya dengan pemain muda asal Sulawesi tadi, Asnawi Mangku Alam yang kini jadi punggawa PSM Makasar juga mempunyai harga yang mahal. Bahkan diperlukan ratusan Mio tahun 2010 untuk menyamai bandrol pemain Timnas U-22 itu. Dilansir laman Transfermarket, Asnawi mempunyai nilai transfer mencapai 2, 5 miliar. Jumlah yang tergolong sepadan dengan kualitas pemain 19 tahun tersebut yang mampu bermain di dua posisi. Selain itu, di usianya masih muda ia kerap dipercaya mengisi skuad PSM untuk laga-laga berat di Liga 1.

Angka lebih dari 1 miliar harus disiapkan klub peminat Evan Dimas

Evan Dimas Darmono mengontrol bola [Sumber Gambar]
Selain nama tadi, Evan Dimas Darmono juga menjadi pesepakbola memiliki bandrol mahal di Asia Tenggara. Dimana mantan punggawa Selangor FA itu mempunyai harga transfer mencapai 2,5 miliar. Angka yang bila dilihat hampir sejajar dengan pemain impor yang ada di klub-klub Liga 1. Mahalnya harga Evan ini, disebabkan oleh label Timnas dan sosoknya pernah mencicipi kompetisi manca dan trial ke Eropa. Tidak hanya itu, sebagai seorang gelandang dirinya tergolong mempunyai kualitas di atas rata-rata.

Talenta Persib Bandung Febri Hariyadi

Penampilan Febri Hariyadi dengan Timnas [Sumber Gambar]
Tidak berhenti di ketiga pemain tadi saja, Febri Hariyadi kini juga menjadi pesepakbola muda mempunyai harga yang mahal. Sang penyerang sayap Persib Bandung itu kini memiliki nilai transfer mencapai angka 2,5 miliar. Jumlah yang kemungkinan besar bisa bertabah lebih tinggi lagi jika ia mau bermain di luar negeri. Ya, seperti kita ketahui talenta besarnya sampai membuat Essien ingin membawa Febri ke Eropa. Bahkan jika pemain 23 tahun itu ditemukan Luis Milla lebih awal, kabarnya sang mantan Pelatih Timnas itu juga bersedia mengirimnya ke Spanyol.

BACA JUGA:

Itulah sobat Boombastis beberapa pemain muda tanah air yang mempunyai bandrol mahal. Terlepas berbicara masalah angka, kalau melihat kualitas mereka di atas rata-rata agaknya angka sampai miliaran tersebut layak diberikan nama-nama tadi. Apalagi dalam kiprahnya juga merupakan langganan Timnas.

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Media Asing Soroti Polisi Indonesia yang Bakar 3 Ton Mariyuana, Warga Sekampung Dibuat Mabuk

Gunung Bromo Mulai Semburkan Abu Vulkanik, Ini Jadinya Jika Ia Benar-benar Erupsi Dahsyat