in

Inilah 4 Darah Indonesia di Luar Negeri yang “Menolak” Ajakan Timnas Membela Bumi Pertiwi

Masuk dalam jajaran timnas Indonesia memang menjadi impian bagi sebagian orang. Selain karena bisa membela tanah air di kanca internasional, juga bisa menambah skill dan pengetahuan mengenai sepak bola. Belum lagi bisa bertemu para idola yang sudah duluan punya nama, jadi tambah senang dibuatnya.

Akan tetapi, rupanya beberapa pemain sepak bola Indonesia sempat menolak tawaran untuk main di timnas loh. Karena satu dan beberapa alasan, akhirnya mereka jadi malah membela negara lain, meskipun ada darah Indonesia di dalam tubuhnya. Siapa sajakah itu? Simak ulasan berikut.

Radja Nainggolan yang sudah jadi orang Belgia

Siapa coba yang tidak kenal dengan pemain yang satu ini, ya salah satu punggawa AS Roma Radja Nainggolan ini memang sukses membuat dunia terpukau dengan penampilannya. Seperti yang kita ketahui ternyata Nainggolan merupakan masih memiliki darah Indonesia dalam dirinya.

Radja nainggolan [image source]
Namun demikian, sepertinya dirinya tidak akan pernah mengenakan jersey Garuda lantaran sudah menjadi timnas Belgia sejak masa remaja. Ya, meskipun sejatinya dirinya juga sangat ingin membela negara ayahnya di kanca sepak bola dirinya, namun semua harus ditolak dengan berat hati. Namun demikian netizen masih berharap besar pada dirinya agar kelak juga bisa membela bumi pertiwi.

Kiper Juventus yang lebih memilih Italia

Serupa dengan nasib Radja Nainggolan, Emil Eduardo Mulaydi  rupanya juga memiliki karir gemilang di luar negeri sana. Didaulat sebagai pertahanan terakhir Juventus, Emil Eduardo disandingkan  sekelas Casillas dan kiper handal lainnya. Ya, siapa sangka rupanya dalam diri Emil Eduardo juga mengalir darah asli Indonesia yang menurun dari Ayahnya Edi Mulyadi seorang asli NTB.

Emil Eduardo [image source]
Namun  demikian sayang karena kiper handal yang satu ini rupanya tidak akan pernah membela bumi pertiwi, lantaran sejak kecil dirinya sudah tumbuh dan besar di Italia. Belum lagi adanya fakta Kalau Emil Eduardo sudah menjadi punggawa Italia U-21, semakin pupuslah harapan bumi pertiwi.

Andri Syahputra yang hijrah ke timnas Qatar

Meskipun sama sekali memiliki darah Qatar yang mengalir dalam dirinya, namun Andri Syahputra rupanya dapat masuk dalam jajaran timnas di sana. Bahkan status kewarganegaraan dari Andri dan keluarganya pun masih WNI. Usut punya usut, semua itu karena memang ada peraturan di Qatar sendiri yang memang memperbolehkan warga asing bermain di timnasnya sebagai apresiasi para migran di sana.

andri syahputra [image source]
Alhasil penolakan bermain di Timnas ini sempat membuat gempar netizen Indonesia, dan akhirnya dirinya pun masuk dalam daftar blacklist dari PSSI. Namun sayang, karirnya di timnas Qatar pun mulai meredup, bahkan ada isu kalau dirinya akhirnya di keluarkan.

Massimo Luongo, jatuh hati pada negeri kangguru

Salah satu pemain sepak bola asal klub Australia Queens Park Rangers, rupanya juga memiliki darah Indonesia dalam dirinya. Uniknya lagi darah Indonesia yang mengalir dalam dirinya itu rupanya masih keturunan sultan Bima dan Dompu terdahulu. Mengetahui fakta tersebut , alhasil banyak netizen yang berharap kalau striker yang satu ini menjadi salah satu dari penyerang garuda.

Massimo Luonggo [image source]
Namun sepertinya hal itu tidak akan pernah terjadi, pasalnya sejak berusia remaja, dirinya menjadi salah pemain dari timnas Australia. Selain itu, Massimo juga tidak terlalu mengenal mengenai Indonesia, darah garuda yang ada pada dirinya tidak didapat langsung dari ayah atau ibunya melainkan nenek moyangnya. Jadi sangat sulit jika memang diajak gabung timnas

Bagaimana lagi, memang sejatinya untuk memilih membela atau tidak memang sebuah pilihan masing-masing. Ya, meskipun mereka sudah tidak bisa bergabung dengan skuad garuda, semoga mereka bisa kembali ke Indonesia dengan membagikan ilmunya pada generasi muda.

 

 

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting

Bikin Hati Dag Dig Dug Ser, Inilah 10 Wanita yang Pernah ‘Nangkring’ di Video Klip Sheila On 7