in

Nggak Semua Pejabat #SukaKemewahan, 5 Sosok Ini Malah Hobi Naik Transportasi Umum

Bukan Indonesia namanya jika hal-hal kecil tentang pejabat saja tidak disorot. Tingkahnya yang negatif tak habis-habisnya jadi bulan-bulanan netizen di sosial media. Buktinya saja, Setya Novanto sampai gerah dan melaporkan pembuat meme atas dirinya.

Bukan hanya tingkah negatif saja, terkadang, kebaikan mereka pun dianggap pencitraan oleh sebagian orang. Namun, melihat 5 pejabat yang nggak segan naik transportasi umum ketika sedang dinas ini, apa masih pantas menyebutnya pencitraan?

1. Presiden Jokowi, Semua Transportasi Umum Sudah Pernah Dijajalnya

Hal ini sudah terjadi jauh sebelum Joko Widodo menjabat sebagai Presiden. Ketika masih menjadi pimpinan daerah Solo, ia pun kerap menjajal bermacam-macam transportasi umum ketika sedang pergi bekerja.

Jokowi di KRL [image source]
Akhir-akhir ini pun kita bisa melihat bahwa Presiden Jokowi lebih memilih menaiki pesawat kelas ekonomi agar tak buang-buang biaya negara. Selain itu, ia juga rela duduk bersebelahan dengan warga di KRL, tak perlu menyewa satu gerbong untuk dirinya sendiri. Kalau soal kesederhanaan, sosok satu ini memang tak ada duanya deh.

2. Dahlan Iskan, Rute Bekerjanya Pakai KRL dan Ojek

Ketika masih menjabat sebagai petinggi BUMN, Dahlan Iskan sudah terbiasa untuk bepergian menggunakan transportasi umum. Apalagi ketika bekerja, dapat dipastikan ia mengendarai transportasi umum dan bahkan memiliki rute tersendiri. Dilansir dari detik.com, kala itu ia sedang akan menghadiri sebuah rapat di Istana Bogor.

Dahlan Iskan di KRL [image source]
Mulai dari stasiun Manggarai dirinya ikut berdesakan dengan penumpang lain di KRL dan turun di stasiun Bogor. Setelah turun, ia pun mengendarai ojek untuk sampai di Istana Bogor. Tak semata-mata bepergian dengan transportasi umum saja, cara ini dilakukannya untuk mengevaluasi pelayanan dan operasional BUMN juga loh.

3. Bambang Widjojanto, Dipuji oleh KRL Mania

Selain Dahlan Iskan, Bambang Widjojanto juga merupakan penggemar KRL. Malahan, sehari-harinya ia tak pernah pergi menggunakan mobil dinas, melainkan transportasi umum kebanggaan rakyat Jakarta alias KRL ini. Kebiasaannya ini pun pernah dijadikan sebuah pertanyaan ketika fit & proper test untuk jabatan Pimpinan KPK beberapa tahun lalu.

Bambang Widjojanto di KRL [image source]
Dilansir dari news.okezone.com, menurutnya naik mobil lebih mahal daripada kereta. Bukan soal bensin atau perawatan mobilnya, tapi karena waktu yang ditempuh dengan menggunakan mobil jauh lebih lama daripada kereta. Jaman sekarang memang waktu lebih berharga daripada uang ya, guys. Setuju nggak?

4. Nur Mahmudi Ismail, Lebih Dulu Populerkan Transportasi Umum

Ternyata, bukanlah Presiden Jokowi ataupun Dahlan Iskan yang pertama kali mempopulerkan budaya naik transportasi umum. Mantan walikota Depok ini sudah terlebih dahulu melakukannya.

Nur Mahmudi Ismail Naik Angkot [image source]
Ia pun sudah dikenal dengan kebiasaannya berangkat kerja menggunakan angkot ataupun ojek. Meskipun berseragam dinas lengkap, dirinya pun tak segan bersandingan dengan banyak warga yang terkadang membawa bermacam-macam barang di angkutan umum tersebut.

5. Tb Soenmandjaja Rukmandis, Sudah Biasa Berdesakan di KRL

Politikus Fraksi PKS, TB Soenmandjaja Rukmandis, rupanya satu tim dengan Bambang Widjojanto dan Dahlan Iskan, alias penggemar KRL. Beberapa kali sosok satu ini terlihat berhimpitan dengan penumpang lain di KRL.

Tb Soenmandjaja Rukmandis di KRL [image source]
Sudah bukan rahasia lagi jika di salah satu transportasi umum Jakarta itu sering sekali terjadi luapan penumpang. Sehingga, orang yang masuk dalam KRL ketika jam pergi dan pulang kerja pun harus siap berhimpitan dengan penumpang lainnya.

Salut banget dengan 5 pejabat di atas, meski sudah difasilitasi negara dengan mobil mewah, mereka tetap tak segan untuk naik transportasi umum. Hebatnya lagi, mereka juga siap menerima resiko berdesakan dengan penumpang lain. Kalau kalian yang jadi pejabat, kira-kira mau nggak bersikap seperti mereka?

Written by Harsadakara

English Literature Graduate. A part time writer and full time cancerian dreamer who love to read. Joining Boombastis.com in August 2017. I cook words of socio-culture, people, and entertainment world for making a delicious writing, not only serving but worth reading. Mind to share your thoughts with a cup of asian dolce latte?

Leave a Reply

Pengendali Cuaca Hingga Waktu, Inilah 4 Kesaktian Kim Jong Un yang Dipercaya Warga Korut

Kabar Siti Rohmah, Si Kasir Minimarket Cantik yang Kini Sukses Menjelma Menjadi Model