in

Pegang Smartphone Pakai Satu Tangan, Beginilah Akibat Buruk yang Akan ‘Bertamu’

Semakin hari, smartphone terus berkembang mengikuti zaman. Baik dari segi teknologi dan juga yang paling banyak adalah ukurannya. Yap, seperti yang Sahabat Boombastis lihat jika ukuran ponsel semakin lama menjadi lebih besar dari dulu. Alasannya karena smartphone ukuran besar lebih diminati dan terlihat kece daripada yang kecil.

Tapi, di balik kerennya ponsel ukuran besar, tersimpan efek yang tidak baik bagi kesehatan. Bukan dari radiasinya yang semakin besar, namun lebih kepada cara memegang smartphone-nya. Banyak orang memegang ponsel dengan tangan satu, padahal ukuran dari handphone tidak memungkinkan jika disangga seperti itu.

Memegang ponsel pakai satu tangan [Sumber Gambar]
Memang memegang smartphone besar dengan tangan satu ini sangat praktis. Apalagi pada saat kondisi tangan satunya tidak memungkinkan untuk bergerak. Jadi skill memegang ponsel dengan cara seperti itu sangat dibutuhkan. Namun kembali ke paragraf sebelumnya jika ini sangat buruk bagi kesehatan.

Nyeri pada jari tangan [Sumber Gambar]
Kesehatan apa? Kesehatan dari tangan lah pastinya. Para peneliti dari National Taiwan University Hospital menemukan bahwa seringnya orang memegang ponsel dengan satu tangan bisa membuat otot berkontraksi lebih sering. Kemudian bisa memberikan tekanan berlebih pada bagian tangan dan juga ibu jari Sahabat Boombastis. Nah, tekanan ini disebabkan tangan menahan berat dari ponsel. Biasanya gejala awal yang akan sering muncul adalah rasa nyeri otot pada lengan.

Mengalami Cubital Tunnel Syndrome [Sumber Gambar]
Kemudian, siku juga akan ikut berpengaruh nih. Dilansir dari flexfreeclinic.com, jika siku bisa mengalami nyeri yang biasa disebut dengan cubital tunnel syndrome. Nah, penyakit satu ini bisa terjadi karena siku ditekuk dalam waktu lama. Ya, ini sering terjadi ketika kita memegang ponsel dengan satu tangan. Tapi gangguan kesehatan ini juga kerap terjadi ketika siku kita jadikan tumpuan. Contohnya seperti menekan siku pada kursi ketika mengetik.

Jadi itulah gangguan yang akan terjadi ketika kita terlalu sering memegang gadget dengan satu tangan. Meskipun cara seperti itu dinilai praktis, tapi itu bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita. Ya walaupun gangguannya terlihat sepele, namun tidak menutup kemungkinan akan terus bertambah parah jika tidak dihentikan dari sekarang. Sehingga usahakan untuk tidak memegang ponsel dengan satu tangan ya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

13 Cuitan Lucu Netizen ‘Masih di Indonesia’ Ini Kocaknya Pake Banget

Nggak Cuma Indonesia, 4 Negara Ini Sinetron Atau Filmnya juga Punya Editan yang Kocak