in

15 Pedang Paling Aneh dan Legendaris Namun Terkenal Paling Mematikan

Pedang legendaris mematikan

Pedang adalah jenis senjata tajam yang berbeda bentuk dari belati atau pisau. Karakteristik senjata tajam yang masuk kategori pedang adalah jika memiliki bilah panjang, tajam di salah satu sisi atau keduanya dan pada umumnya terbuat dari logam keras, seperti besi, baja, emas sampai dengan meteorit. Menurut sejarah, senjata tajam berupa pedang sudah ada dan dibuat sejak zaman perunggu yang tentu saja bentuknya masih sangat kasar, sederhana dan jelek. Baru sekitar 2 milenium sebelum Masehi, bentuk dan segala detail pedang mengalami penyempurnaan sampai sekarang ini.

Namun, tahukah Anda bahwa ternyata dari semua pedang yang pernah dibuat manusia, ada 15 pedang yang diyakini sebagai yang paling mengerikan. Dikatakan mengerikan karena popularitasnya yang dapat membuat musuh menjadi keder sampai dengan efeknya ke tubuh manusia.

Berikut ini adalah pedang-pedang terhebat, legendaris dan tentu saja mematikan yang pernah dibuat sepanjang sejarah manusia.

1.Urumi

Urumi adalah pedang yang cukup mengerikan sebagai senjata. Dikatakan mengerikan karena modelnya tidak seperti pedang pada umumnya yang hanya memiliki satu bilah saja, namun mempunyai beberapa sulur bilah yang fleksibel dan jika diayunkan, musuh tidak dapat menerka bilah mana yang bakal mengenai dirinya.

Urumi [image source]
Pedang satu yang memiliki nama lain ‘surul pattakahthi’ ini merupakan senjata perang yang biasa digunakan oleh orang-orang di Kerala, India dengan panjang sekitar 121,92 – 167,64 cm. Walaupun sangat ampuh untuk membunuh musuh, namun diperlukan keahlian khusus untuk menguasainya, karena jika sembarangan, bukan hanya lawan yang akan binasa, melainkan sang empu pedang sendiri juga dapat terkena sabetan bilahnya.

2. Zweihander

Zweihander adalah pedang biasa digunakan oleh orang-orang Jerman di tahun 1500-1550an yang diciptakan pertama kali pada saat berkecamuknya Perang Italia pada tahun 1494. Selain disebut Zweihander, pedang satu ini juga dikenal dengan sebutan Doppelhänder atau Beidhänder yang memiliki artian pegangan ganda atau dua tangan.

Zweihander [image source]
Dikatakan sangat ampuh dalam peperangan karena ketika menggunakannya, sang pengguna wajib memakai kedua tangannya agar efek ayunannya lebih maksimal. Bahkan konon dalam satu kali tebasan, pedang ini mampu memotong leher 7 orang sekaligus.

3. Estoc

Estoc adalah pedang yang cukup terkenal dan banyak digunakan di Prancis dan Inggris pada abad ke-14 sampai ke-17. Pedang satu ini sering digunakan oleh para penunggang kuda dan untuk pertempuran satu lawan satu.

Estoc [image source]
Dikarenakan ketajamannya, maka Estoc sangat ditakuti oleh lawan yang menggunakan senjata tajam lainnya, karena hanya sekali tebas, luka yang dihasilkan cukup serius dan fatal. Seperti halnya Zweihander, untuk menggunakan Estoc secara maksimal, maka penggunanya harus memakai kedua tangannya.

4. Wallace Sword

Wallace Sword adalah pedang legendaris dari seorang legenda Wales dan Skotlandia, William Wallace pada abad ke-13. Selain besar dan berat, pedang satu ini diyakini mampu memberikan luka yang cukup serius kepada korbannya.

Pedang Wallace [image source]
Pedang satu ini sempat menghilang beberapa abad setelah Wallace terbunuh, namun pada tahun 1825, pedang ini kembali muncul dan menjadi perhatian publik. Sekarang ini, Wallace Sword disimpan di Wallace Monument.

5. Sword of Goujian

Sword of Goujian adalah artefak yang sangat berharga sepanjang sejarah Tiongkok. Pedang ini pertama kali ditemukan di sekitar Zhang River Reservoir pada tahun 1965 lalu. Penemuan pedang yang terbuat dari perunggu ini dan tetap teruji ketajamannya itu di sebelah kerangka yang dipercaya adalah pemilik dari Sword of Guanjian.

Sword of Goujian [image source]
Diyakini dalam pembuatannya, selain menggunakan material perunggu khusus, sang penciptanya memakai metode oksidasi sampai dengan tekanan udara tingkat tinggi agar kemampatan setiap partikel dapat erat dan membuat pedang tersebut kuat serta tetap tajam walaupun sudah berumur ratusan tahun.

6. Kilij

Pedang yang dinamakan Kilij ini pertama kali diciptakan di Turki pada 400 Masehi. Dari awal pembuatannya, Kilij mengalami beberapa kali perombakan modelnya dari tahun ke tahun. Bahkan di era Ottoman, Kilij tetap digunakan oleh para tentara sampai dengan prajurit tingkat atas.

Kilij [image source]
Pada umumnya, Kilij digunakan oleh para penunggang kuda untuk membunuh musuh dengan bantuan kecepatan dari kuda yang didukung oleh ketajaman dari senjata itu sendiri. Bahkan menurut informasi, di tangan seorang penunggang kuda yang berpengalaman, Kilij dapat digunakan untuk membelah tubuh lawan dengan mudah.

7. Hook Sword

Hook Sword atau dikenal juga dengan nama Twin Hooks, Fu Tao, Hu Tou Gou atau juga Shuang Gou merupakan pedang tradisional dari Tiongkok sebelah utara. Pedang kembar yang sangat tajam dengan kait pada bagian genggaman, serta ujung runcing di bagian bawahnya ini juga menjadi senjata utama oleh orang-orang yang menggeluti martial arts dan wushu.

Hook Sword [image source]
Bahkan, jika penggunanya adalah orang yang terlatih, maka pedang ini mampu digunakan untuk membelah lawannya dengan mudah. Kabarnya, Hook Sword tetap digunakan sampai sekarang, walaupun bukan sebagai senjata, namun sebagai alat bantu olahraga wushu.

8.  Flammard

Pedang yang dinamakan Flammard ini terkenal saat era renaissance. Bentuknya sangat unik jika dibandingkan dengan pedang-pedang yang digunakan di era tersebut. Secara umum, Flammard memiliki bentuk mirip pedang anggar dengan bilah meruncing dan tipis atau juga ada yang dibuat seperti bilah keris yang berlenggak-lenggok.

Flammard [image source]
Pedang satu ini merupakan senjata yang cukup ampuh untuk digunakan membunuh lawan, karena sekali terkena tusukan atau sabetannya, maka luka yang dihasilkan cukup serius. Seperti tipikal pedang-pedang di Eropa, penggunanya harus memakai kedua tangan untuk menggunakannya secara maksimal.

9. Ngombe Executioner’s Sword

Walaupun bukan berasal dari daratan Eropa, melainkan merupakan senjata khas orang-orang di Kongo, akan tetapi Ngombe Executioner’s Sword cukup populer di Eropa setelah beberapa penjelajah memilikinya sebagai cendera mata.

Ngombe Executioner’s Sword [image source]
Ngombe Executioner’s Sword memiliki bentuk yang cukup unik dibandingkan dengan kebanyakan pedang yang dipakai oleh tentara-tentara di Eropa. Walaupun begitu, jika digunakan untuk bertarung satu lawan satu, pedang satu ini cukup berbahaya dan mampu membuat luka sangat serius.

10. Honjo Masamune

Honjo Masamune merupakan salah satu dari pedang buatan Masamune, seorang ahli pembuat pedang terhebat dalam sejarah manusia. Honjo Masamune memiliki kekuatan, kelenturan, kualitas dan keindahan yang tiada tara dan popularitasnya terus dikenang dari abad ke abad.

Honjo Masamune [image source]
Di zaman dahulu, Honjo Masamune hanya digunakan oleh para perwira Shogun di dinasti Edo. Dengan menggunakan pedang jenis ini, penggunanya dapat menebas tubuh lawan atau memotong senjata musuh dengan mudah.

11. Khanda

Khanda merupakan pedang  yang berasal dari India yang untuk beberapa komunitas digunakan sebagai simbol senjata Dewa Shiwa. Bentuk dari Khanda sendiri tidak mirip pedang pada umumnya, karena pada bagian ujungnya dibuat tumpul dan kedua sisinya diasah tajam.

Khanda [image source]
Walaupun bentuknya aneh dan tidak begitu panjang, namun jika digunakan untuk pertempuran satu lawan satu, seseorang dapat merobek atau bahkan membelah tubuh lawannya dengan mudah, atau paling tidak mengakibatkan luka cukup serius.

12. Ulfberht Sword

Tidak ada yang meragukan kehebatan para Viking dalam mengarungi lautan dan menjajah banyak negara di dunia. Salah satu pedang legendaris dari bangsa Viking adalah Ulfberht Sword. Pedang satu ini memiliki kekuatan, fleksibilitas dan sangat ringan.

Ulfbehrt Sword [image source]
Walaupun dikatakan ringan, namun senjata satu ini cukup ampuh dalam pertempuran satu lawan satu. Sisi-sisi bilahnya sangat tajam dan dapat membuat koyakan menyakitkan jika disabetkan ke tubuh lawan dalam sekali tebas.

13. Khopesh

Jika dilihat dati bentuknya, Khopesh lebih mirip seperti pengait daripada sebuah pedang. Khopesh merupakan senjata yang digunakan oleh orang-orang Mesir kuno yang memiliki bentuk mirip celurit dengan kedua sisi yang sama tajamnya.

Khopesh [image source]
Rata-rata Khopesh memiliki panjang sekitar 50-60 cm dan pada umumnya terbuat dari perunggu atau juga besi. Senjata satu ini diperkirakan diciptakan dan digunakan sekitar abad ketiga Sebelum Masehi sampai dengan 1300 SM.

14. Zulfiqar

Zulfiqar merupakan senjata milik Nabi Muhammad yang diberikan kepada Ali bin Abi Thalib. Senjata satu ini cukup legendaris karena selalu digunakan baik oleh Nabi Muhammad atau Ali di beberapa pertempuran besar.

Pedang Zulfikar [image source]
Bentuknya melengkung dan salah satu bilahnya sangat tajam membuat Zulfiqar diyakini mampu membuat pedang atau senjata musuh terpotong menjadi dua. Sekarang ini, Zulfiqar yang asli menghilang tak tentu rimbanya dan dipercaya dibawa oleh Muhammad al-Hamdi.

15. Napoleon Bonaparte’s Gold Sword

Napoleon Bonaparte memiliki banyak sekali senjata yang digunakannya untuk berperang yang salah satunya adalah pedang yang terbuat dari emas dengan panjang 32 inci. Pedang emas milik Napoleon tersebut sangat tajam dan dapat membelah tubuh musuh dengan sekali tebas.

Napoleon Bonaparte’s Gold Sword [image source]
Selain sangat tajam, pedang satu itu juga dinobatkan sebagai senjata termahal di dunia yang pada tahun 2007 lalu sempat terjual melalui lelang sebesar Rp 76,22 miliar. Sayangnya, siapa pemenang lelang tersebut hingga kini masih menjadi misteri.

Itulah jajaran pedang yang pernah diciptakan di dunia, Senjata ini dibuat sejatinya bukan untuk mematikan, namun untuk melindungi. Pemegang pedang biasanya harus bisa mengemban kekuatan tanggung jawab atau malah akan terbunuh oleh senjatanya sendiri.

Written by dwiandika

Leave a Reply

10 Kehebatan Muammar Khadafi yang Jarang Dimiliki Pemimpin Lain Dunia

Meski Kecil, Kesalahan dalam Masa Pemerintahan Jokowi Ini Harus Diakui