in

4 Pebulutangkis Berdarah Indonesia Ini Melejit di Negara Aslinya, Bakal Jadi Saingan Berat!

Indonesia mungkin bisa disebut sebagai ‘rajanya’ bulu tangkis dunia. Bagaimana tidak, pasalnya mulai dari dulu atlet kita jadi mimpi buruk bagi negara lain ketika berlaga. Jadi bukan hal yang aneh kalau setiap gelaran internasional atlet Indonesia selalu membawa piala ke tanah air. Selain itu, para pebulu tangkis Indonesia pun sudah biasa jadi atlet terbaik dan terkuat dalam ranking dunia.

Ternyata tidak hanya di tanah air, para pebulu tangkis keturunan Indonesia pun juga mengalami hal serupa. Meskipun membela negara lain, tak kalah cemerlang dengan yang ada di Indonesia. Mungkin lantaran darah yang mengalir dalam dirinya membuat semangat dan bakat bulu tangkisnya jadi terasah. Lalu siapa saja pebulu tangkis itu? Simak ulasannya berikut.

Si ganteng nan berprestasi dari Belgia masih keturunan Indonesia

Sepintas melihat wajahnya pasti kalian sudah tahu kalau dia bukan orang Indonesia.  Itu memang benar, ya dialah Yuhan Tan si pebulu tangkis asal Belgia. Bukan hanya atlet biasa, namun dirinya sudah menorehkan segudang prestasi buat negaranya. Salah satuny, Yunan menjadi peserta  tunggal putra termuda yang lolos ke dalam Olimpiade yang diselenggarakan di Beijing pada tahun 2008 lalu.

Keturunan Indonesia di Belgia [sumber gambar]
Namun yang menarik dari atlet yang satu ini adalah, fakta bahwa dalam dirinya masih mengalir darah Indonesia. Tepatnya, sang Ayah Yunan sendiri adalah orang Bandung. Ya, meskipun lahir dan besar di Belgia sana, namun dirinya mengaku fasih menggunakan bahasa Indonesia.

Berdarah campuran, pebulu tangkis Brasil bersyukur punya darah Indonesia

Bukan lagi rahasia kalau beberapa kejuaraan internasional bulu tangkis yang diadakan di Indonesia selalu menyedot para atlet manca negara. Semisal  Alex Yuwan Tjong salah satu atlet handal dari negeri samba Brasil. Tepatnya pada tahun 2015 lalu, saat gelaran kejuaraan dunia diadakan di tanah air, Alex Yuwan Tjong pun sangat bersemangat untuk mengikutinya.

Keturunan Indonesia di Brasil [sumber gambar]

Bukan hanya untuk menjadi juara dan mencari pengalaman bermain, namun juga ‘pulang kampung’. Usut punya usut, ayah Alex berasal dari Lombok sedangkan ibunya adalah orang Palembang. Dirinya sendiri mengaku tak yakin murni keturunan kakeknya yang berdarah China –Brasil, sehingga sudah pasti ada garis keturunan Indonesia dalam dirinya.

Andrie Ochtman pebulu tangkis keturunan Indonesia yang selamat dari bencana

Kita tentu ingat dengan tragedi pesawat Malaysia MH 37, apalagi banyak orang penting yang ada di dalamnya. Salah satunya adalah Andrie Ochtman yang sempat diberitakan membooking salah satu kursi dari penerbangan itu. Namun siapa sangka kalau pebulu tangkis Belanda ini tidak jadi melakukan penerbangan sehingga selamat dari kecelakaan nahas.

Selamat dari MH 37 [sumber gambar]
Ternyata Andrie Ochtman bukan seorang pebulu tangkis berdarah Belanda biasa, pasalnya ada darah Indonesia yang mengalir dalam dirinya. Bahkan dirinya sangat rutin datang ke Indonesia hanya untuk menjenguk sanak saudaranya. Beruntung lantaran selamat dari kecelakaan membuatnya dapat mengikuti turnamen Astec Indonesia International Challenge 2014.

Alyssa Tirtosentono si pemain bersinar lain dari negeri kincir angin

Kalau yang satu ini bisa dibilang pebulu tangkis wanita muda dari negeri Belanda. Ya, Alyssa Tirtosentono diketahui beberapa kali menorehkan hasil gemilang saat kejuaraan internasional. Pasalnya dalam ajang BWF World Junior Championships 2017 lalu, dirinya menyumbangkan dua angka untuk negaranya tercinta.

Keturunan Indonesia di Belanda [sumber gambar]
Namun siapa sangka di balik kehebatannya di lapangan itu, Alyssa ternyata punya darah Indonesia dalam dirinya. Seperti keturunan Indonesia yang lainnya, dirinya juga sering ke tanah air hanya demi bertemu dengan sanak familinya tercinta. Kadang juga berguru sih dengan mengikuti kejuaraan kecil di Indonesia.

Satu hal yang bikin salut dari para pebulu tangkis luar yang berdarah Indonesia ini adalah fakta kalau mereka tak pernah lupa dari mana berasal. Ya meskipun negara lain yang mereka bela, namun tetap bangga kalau Indonesia ada dalam dirinya. Tentu hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

4 Tokoh Meme yang Ternyata Punya Kisah Menyayat Hati di Baliknya, Stop Dibikin Guyonan!

Nostalgia 4 Keseruan di Pasar Malam yang Kini Jarang Terlihat Lagi, Dijamin Bikin Baper