in

Mudah Dibobol Hacker, 10 Jenis Password Ini Haram Kamu Gunakan

Membayangkan akun pribadi atau rekening kita kebobolan itu rasanya udah pusing banget ya, Sahabat Boombastis. Karena dari situ bisa terbongkar beberapa privasi digital, atau bisa juga nasib kita terjun bebas jadi miskin mendadak. Kalau kita sama-sama nyadar akan hal ini, pernah nggak sih bertanya-tanya, “Passwordku udah aman belum ya?”

Faktanya, masih banyak orang yang suka menyimpan data penting di email, foto privat di akun pribadi, atau menyimpan harta di rekening bank. Tapiii.. passwordnya dibikin sembarangan, duh! Maksud hati biar gampang diingat, eh lah kok jadi gampang dibajak.. Yaudah yuk mari berintrospeksi terhadap password masing-masing dengan menyimak tips di bawah ini.

Kata my diikuti nama sosial media

my facebook [sumber gambar]
Memiliki banyak sosial media memang membuat orang-orang susah untuk menghafal password-password yang berbeda. Karena itu, beberapa orang sengaja menulis password kata my diikuti nama sosial media mereka. Contoh my twitter, my facebook, my instagram, dan lain sebagainya. Tapi sayangnya, ini adalah jenis password yang mudah terendus oleh tangan hacker.

Kombinasi nomor terakhir yang ada hubungannya denganmu

plat nomor [sumber gambar]
Pernah dengar seorang penjudi menggunakan ilmu peluang matematika untuk berjudi? Kira-kira itu juga yang dilakukan seorang hacker.  Mereka terlebih dulu mencari tahu semua yang berhubungan dengan kita. Dan mencoba semua kemungkinan untuk membobol akun kita. Termasuk mencari tahu digit terakhir nomor telepon, nomor kendaraan, maupun nomor rumah kita lho. Jadi, jangan pernah menggunakan nomor-nomor yang orang lain bisa ketahui dari kita.

Nama-nama favorit dalam hidupmu

futsal [sumber gambar]
Sudah fitrahnya para hacker akan kepo apapun tentang hidup kita. Termasuk sosial media dan lainnya. Kalau kita mengagumi seorang aktor, superhero, olahraga favorit, hewan kesayangan, atau klub tertentu lantas sering update hal-hal tersebut di sosial media, kemungkinan besar kamu juga akan menggunakan nama-nama itu sebagai password. Dan untuk perkara ini, hacker sangat tahu. Password rentan biasanya aktor kesayangan, nama superhero seperti superman, spiderman dan lainnya. Untuk hobi biasanya yang mudah dibobol adalah olahraga seperti football,  futsal, basketball, soccer. Atau klub olahraga seperti Chelsea, mancester, dan lainnya. Tak ketinggalan nama hewan kesayangan seperti kucing, anjing, dan lainnya.

I love you

I love you [sumber gambar]
Siapa sangka password I love you ternyata banyak digunakan orang-orang di seluruh dunia. Dan menurut badan analisis password, I love you termasuk jajaran password buruk yang mudah ditebak para hacker. Wah, wah, wah.

Kata kasar

kata kasar [sumber gambar]
Berbanding terbalik dari kata I love you, kata-kata makian juga paling banyak dipilih sebagai password. Dan password seperti f*ck paling sering dibobol oleh hacker. Amit-amit dah, nggak hanya rugi kena bobol, pemilik akun bakal malu banget tuh ketahuan suka berkata-kata kasar.

Kata let me in dan password

Let me in [sumber gambar]
Sama halnya dengan kata I love you yang jadi langganan pembobolan, kata let me in dan kata password pun sama lemahnya. Kata let me in yang berarti biarkan saya masuk justru merupakan kategori password yang banyak digunakan di beberapa negara seperti Kanada dan Inggris. Sama halnya dengan kata password yang ternyata banyak dipakai sandi oleh banyak akun di dunia.

Deretan angka yang berurutan

Deretan angka [sumber gambar]
Salah satu contoh password yang bisa dibobol bahkan oleh hacker pemula adalah deretan angka. Banyak sekali pengguna yang nggak mau repot lantas menggunakan deretan angka seperti 123456 atau 654321 menjadi passwordnya. Password deretan angka tersebut umumnya jadi sandi awal penyedia layanan dan disarankan untuk diganti. Sebab password demikian bisa dibobol dalam hitungan menit bahkan detik lho.

Deretan huruf berurutan

Deretan huruf berurutan [sumber gambar]
Sama seperti deretan angka yang sebelumnya kita bahas, password deretan huruf juga sama lemahnya. Mau itu enam, delapan, maupun 10 digit, tetap saja password deretan huruf seperti abcde, abcdef, abcdefgh, abcdefghi, tergolong sangat mudah dibobol. Janganlah menggunakan sandi seperti anak SD yang belajar mengeja ini.

Tanggal lahir

Tanggal lahir [sumber gambar]
Hingga hari ini masih banyak orang yang menggunakan tanggal lahir sebagai password akun mereka. Padahal, tanggal lahir bukanlah hal rahasia yang hanya kita saja yang tahu. Ada banyak orang di sekitar kita seperti teman, keluarga, dan sahabat yang tahu. Dan lagi, banyak kejadian orang kehilangan dompet yang ATM nya dikuras. Ya sebab ada orang yang menemukan dompetnya lengkap dengan identitas diri. Sedangkan password ATM adalah tanggal lahir dirinya yang bisa dilihat di identitas diri. Bahaya bukan guys?

Nama pacar atau kekasih

ilustrasi nama pacar [sumber gambar]
Ajegile nih gan.. semoga yang dipake bukan nama mantan dan hackernya bukan pacar kamu sendiri. Hacker bukanlah orang bodoh yang bisa dikelabui. Mereka adalah orang yang tidak akan berhenti jika satu kemungkinan password salah. Mereka akan mencoba dengan trik-trik khusus termasuk mengetahui nama pacara atau kekasih calon korbannya. Karena itu, hindari nama pacar sebagai sandi penting akunmu. Lagipula, nama pacar di akun bukan berarti mereka juga jadi nama jodohmu kelak ya. Uhuk!

Wes ya, guys.. Sudah Boombastis kasih tau lho tipsnya. Segera diganti sebelum rahasia terbongkar atau hartamu pindah ke tangan orang-orang tydac bertanggung jawab.  Kalo sampe kebobolan juga, coba dicek lagi itu akun apa perasaan sih, gampang amat diterobosnya. Sampai ketemu lagi di tips Boom yang lain~

Written by Aini Boom

Leave a Reply

Mengenang Kisah Abdul Rozak, Pilot Indonesia yang Mampu Lolos dari Kecelakaan Pesawat

Dunia Terbalik, Pengemis di China Ini Lebih Suka Meminta-minta Karena Merasa Cantik