in

Parang Irang, Ilmu Hitam Kalimantan yang Membuat Pemiliknya Sakti Bagai Superhero

Ciri orang yang punya ilmu Parang Irang [Sumber gambar]

Kamu pasti sangat mengenal karakter-karakter superhero yang tahan banting dan tak mempunyai rasa sakit saat bertarung, sebut saja seperti Hulk yang bisa menanggung pukulan beban ratusan kilo. Hal seperti ini bukan hanya bualan dan cerita fiktif belaka, dalam dunia nyata bisa kita temukan kok. Cara mendapatkannya pun melalui berbagai macam cara, entah itu oleh fisik dan batin, sampai bantuan makhluk selain manusia.

Nenek moyang kita pastinya adalah mereka yang masih menggenggam tradisi dan ilmu-ilmu seperti ini. Salah satunya adalah suku Dayak yang sampai sekarang masih banyak misteri tak terpecahkan tentang mereka.

Dalam budaya Dayak, mereka memiliki sebuah ajian atau ilmu yang disebut dengan Parang Irang. Ilmu ini sangat terkenal karena dipercaya pemiliknya bisa mempunyai kekuatan super yang setara dengan 100 orang dewasa. Dengan begitu mereka bisa menahan segala serangan, termasuk kebal dan tak mempan dengan saat dilukai.

Ilustrasi cara mendapat ilmu hitam [Sumber gambar]
Parang Irang ini sendiri merupakan ilmu yang berasal dari sesosok makhluk yang disebut tengkorak hitam yang merupakan penunggu pedalaman Kalimantan. Sayangnya, dalam masyarakat modern akan sangat jarang sekali orang memiliki kekuatan seperti ini. Akan beda halnya saat mengunjungi pedalaman orang Dayak, di mana kamu akan sering mendengar desas-desus tentang para pemilik Parang Irang.

Orang yang memiliki ilmu Parang Irang biasanya terlihat kekar tubuhnya, ia juga tampak seperti menggendong sesuatu bak tuyul. Karena, Parang Irang tak ubahnya seperti parasit yang menempel pada pemiliknya dan sangat sulit untuk dilepaskan. Namun, tetap saja setiap yang tergolong ilmu hitam pasti meminta penebusan yang sangat besar.

Ciri orang yang punya ilmu Parang Irang [Sumber gambar]
Konon, pemilik Parang Irang secara perlahan bisa saja kehilangan sukmanya secara utuh karena diambil alih oleh sang benalu yang bergantung pada raganya. Banyak kasus yang menceritakan bahwa Parang Irang mengambil alih jiwa pemiliknya hingga membuat pemilik ilmu ini perlahan menjadi gila dan hilang kewarasannya.

Segala hal yang berkaitan dengan ilmu hitam dan kepercayaan lebih baik memang dihindari. Tak ada sesuatu yang bisa didapat secara instan di dunia ini. Jika ingin kuat, kaya, dan dikenal maka kuncinya latihan, bekerja serta melakukan segala hal terbaik yang bisa dilakukan. Ya, kembali lagi bagaimanapun juga Parang Irang masih merupakan bagian dari budaya Indonesia yang sudah ada sejak zaman dahulu.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Wajib Diperhatikan! Ketahui 5 Kesalahan Saat Sahur yang Membuat Badan Lemas Seharian

Miris, 4 Aksi Salah Tangkap Ini Jadi Bukti Teroris Sukses Buat Trauma Orang Se-Indonesia