Zaman yang sudah modern ini, hampir semua orang sudah punya motor sendiri. Termasuk para cewek yang lebih suka mandiri daripada kemana-mana musti diantar. Hal itu memang sah-sah saja, terlebih sudah banyak motor yang dirancang khusus untuk memudahkan para pengguna cewek.

Meski demikian, diketahui bahwa cewek adalah pengendara motor yang paling sering melakukan kesalahan. Terbukti dengan banyaknya kasus kecelakaan hanya karena kelalaian yang sepele. Untuk menghindari itu, baiknya perhatikan lima hal ini agar selamat saat berkendara.

Pastikan memakai baju yang cocok buat berkendara motor

Sebelum berkendara motor, pakaian adalah salah satu yang penting untuk dipertimbangkan. Pastikan apa yang kamu pakai nggak mengganggu perjalanan selama berkendara. Banyak perempuan yang  mengendarai motor dengan memakai rok menjutai, jelas itu sangat mengganggu. Ditakutkan kalau rok tersebut sampai masuk ke roda.

Rok rentan nyangkut di rantai motor dan roda [image source]
Telah banyak kasus di mana para cewek kecelakaan hanya karena rok yang mereka kenakan tersangkut. Di Negara Malaysia, sudah ada peraturan yang melarang perempuan memakai rok saat mengendarai motor.  Bagi para cewek berhijab, mungkin bisa menggunakan celana kulot, sehingga kamu tetap bisa menutup aurat dengan syar’i meski sedang memakai celana.

Mending pakai matic aja deh

Zaman sekarang, banyak cewek yang nggak mau kalah sama cowok. Lihat perempuan mengendarai motor ninja, seperti pemandangan yang biasa. Ya, selama ‘mampu’ memang nggak masalah. Tapi, bukankah kaum hawa bakal lebih aman kalau mereka pakai matic, ya?

Matic praktis dan mudah [image source]
Selain didesain memudahkan pengguna cewek, penggunaannya juga lebih mudah. Tinggal tarik gas tanpa perlu perseneling dan sebagainya. Dan lagi, bentuk motor matic juga membuat kamu tetep terlihat anggun meski naik motor sendiri, karena nggak harus mekangkang seperti kamu naik kendaraan berjenis bebek. Saking nyamannya pakai matic, banyak juga cowok yang pakai motor jenis ini.

Jangan narsis kalau di jalan raya

Buat para cewek kekinian, selfie memang jadi rutinitas yang wajib dilakukan kapanpun dan di manapun. Meski demikian, perlu kamu ingat kalau jalan raya bukanlah lokasi yang cocok buat melakukan foto-foto narsis. Kenapa? Tentu saja karena bahaya.

Kita bisa ingat-ingat lagi video yang diposting oleh Nardy Shu, dari unggahan tersebut terlihat mbak-mbak cantik sedang berboncengan motor sembari bikin vlog. Karena kenarsisan tersebut, si pembonceng justru kehilangan konsentrasi dan bikin motornya hilang kendali. Dari rekaman tersebut, masih terlihat bagaimana mereka nyungsep di jalanan dan ditolong oleh beberapa warga. Biar nggak sampai mengalami hal tragis itu, mending kamu tau kondisi kapan harus narsis, ya Sist.

Pahami rambu, jangan bertahankan azas cewek selalu benar

Tentu kasus raja jalanan alias emak-emak naik motor udah banyak kita lihat selama ini. Di mana mereka nyalain sein kanan, tapi malah belok kiri. Saat ditegur, justru marah-marah. Waduh, parah nih. Kalau udah ketabrak pengendara lain, baru nyadar deh.

perempuan selalu benar nggak berlaku kalau di jalan raya ya [image source]
Buat para cewek, yang harus diingat adalah azas perempuan selalu benar itu nggak lagi berlaku. Waktu berkendara, kamu harus ingat kalau di saat berada di jalan raya, kita bukan cuma pegang tanggung jawab atas keselamatan diri sendiri, namun juga orang lain. Tetap santai dan fokuslah saat pegang kemudi. Cewek yang berkendara rentan nabrak karena tingkat konsentrasinya nggak sebagus cowok. Untuk itu, kamu harus mematahkan anggapan itu dengan terus berhati-hati, jangan sampai merugikan orang di sekitar kamu.

Mending nggak usah pakai perghiasan aneh-aneh, lengkapi saja atribut keselamatan dan pastikan kondisi motor oke

Kata Bang Napi, kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat pelaku tetapi karena ada kesempatan. Kalau diperhatikan, nasihat itu ada benarnya juga lho. Bisa saja orang lain jadi terpancing buat ngejabret saat melihat kamu pakai gelang atau kalung yang menyilaukan.

Mending simpen dulu perhiasannya [image source]
Jadi, usahakan tidak perlu memakai perhiasan saat mengendarai motor. Atau kamu siasati saja agar perhiasan tersebut tidak terlihat, dengan memasukkan ke dalam baju atau menggunakan jaket yang rapat. Baiknya lagi nih, daripada mikir macem-macem soal perhiasan, lebih penting pastikan kalau helm kamu SNI. Jangan lupa mengecek kondisi motor, spion, bensin hingga ban motor. Biar nggak sampai terjadi sesuatu yang nggak diinginkan saat di jalan.

Itulah lima hal yang perlu diperhatikan ketika, meski terkesan sederhana tapi sangat penting buat kamu para cewek. Akhir kata, yang tak kalah penting lainnya juga tentang berdoa. Celaka adalah misteri ilahi, dan berdoa merupakan cara yang pas agar kita terhindar dari hal yang demikian.