in

Viral Perempuan Dinikahi Paman Sendiri, Bikin Warganet Bingung. Ternyata Begini Faktanya

Terkadang, Tuhan memberi kejutan bagi umat-Nya. Salah satunya adalah perkara jodoh. Tak pernah ada yang tahu kapan dan dari mana datangnya, bahkan bisa jadi calon pendamping hidup adalah orang terdekat.

Itulah yang dialami oleh seorang wanita asal Sulawesi Selatan. Tak disangka, pria yang menjadi pendamping hidupnya adalah sang paman sendiri. Tak hanya perempuan yang bernama Haslinda ini yang terkaget-kaget dengan jodohnya. Warganet pun bertanya-tanya, kok bisa menikah dengan paman sendiri? Ternyata, begini lho penjelasannya.

Viral pernikahan keponakan menikahi paman

Seperti biasa, TikTok menunjukkan kekuatannya dengan menjadikan momen biasa jadi luar biasa. Kali ini yang jadi bahan perbincangan “tingkat nasional” adalah video pernikahan dari akun @indahnya_veri. Terlihat suasana upacara pernikahan dengan adat Bugis, Sulawesi Selatan.

Seorang wanita menikah paman sepupu di Sidrap, Sulawesi Selatan. [sumber gamnar]
Dalam caption video tersebut, disebutkan bahwa sang wanita yang ada di dalamnya sedang menjalani prosesi pernikahan. Yang bikin warganet kaget, pernikahan tersebut menyatukan keponakan dengan paman. Tentunya netizen jadi bertanya-tanya, bolehkan menikahi saudara sendiri?

Sudah dikonfirmasi pengunggah, pria yang dinikahi adalah paman sepupu

Dilansir oleh Wolipop, sang pengunggah video, yaitu Haslinda, mengakui bahwa pernikahan tersebut merupakan sebuah perjodohan. Mempelai wanita adalah keponakan dari pengantin pria, namun mereka adalah saudara jauh. Lelaki tersebut adalah sepupu pertama dari ibu pengantin wanita, atau singkatnya paman sepupu.

Wanita menikahi paman sepupunya. [sumber gambar]

Banyak warganet yang salah paham dengan video unggahan tersebut. Bahkan tak sedikit yang berani memberikan penilaian, bahwa pernikahan itu tak seharusnya dilaksanakan. Menurut Haslinda, pernikahan seperti ini sudah sering terjadi di adat Bugis, di mana paman mempersunting keponakan wanitanya. Hanya saja karena perkembangan zaman dan generasi, kebiasaan ini mulai ditinggalkan masyarakat Sulawesi Selatan.

Penjelasan Haslinda diamini beberapa warganet yang juga menikah dengan paman sendiri

@indahnya_veri

tdk perlau jauh”mencari yg cocok,karna terkadang jodoh qt berada didepan mata🥰#fyp #bugis #tiktokbugis #tiktok #foryou #sidrap #tanrutedong @insomhere____

♬ suara asli – bugis_tiktok – bugis_tiktok

Walau tidak sering, ternyata paman menikah keponakan sendiri sering terjadi di kehidupan Suku Bugis. Beberapa warganet memberikan dukungan dengan mengatakan bahwa mereka juga menikahi paman sendiri.

Bugis memang begitu gaes. Saya saja menikah sama omku juga, umur beda 10 tahun,” tutur akun @iinmahira318

Sama saya juga dijodohkan sama omku. Alhamdulillah sekarang sudah punya anak satu,” ujar @anni.

Haslinda berfoto bareng mempelai keponakan dan paman. [sumber gambar]
Sementara itu beberapa netizen lain berharap juga bisa berpasangan dengan sepupunya dengan berbagai alasan.

“bismillah… sepupu gw,” tukas @12 November 17th.

“bismillah sepupu mak gw banyk yg gnteng,” harap @cantiknya kamu.

“aaa sama, sepupu Mak gw muda2 semua mana sering dijodoh2in lagi, Setiap ketemu pasti saling canggung,” sambung @xxslsaa.

BACA JUGA: Pacaran Sejak 15 Tahun, Pembalap MotoGP Miguel Oliveira Akhirnya Menikah dengan Adiknya

Itulah Indonesia, negara majemuk dengan ratusan suku dan bahasa. Ada yang membolehkan pernikahan dengan paman sepupu, tentu juga ada yang menganggapnya karena masih dianggap dekat. Namun apa pun adat dan tradisinya, yang penting selalu Bhinneka Tunggal Ika.

Written by Bayu Yulianto

Dikabarkan Hilang di Cadas Pangeran sampai Dicari 3 Hari, Pria Ini Ternyata Cuma Nge-Prank

Sumsel 8, Pembangkit Listrik Tenaga Uap Mulut Tambang yang Paling Besar di Asia Tenggara